Ketahui 6 Ciri Mobil yang Pernah Kena Banjir, Nomor 3 Paling Gampang Dikenali

Membeli mobil bekas tentu menjadi alternatif lain bagi sebagian orang. Karena membeli mobil bekas tentu punya harga yang lebih terjangkau dibanding mobil baru. Sayangnya, ada beberapa pedagang mobil nakal yang tidak jujur kepada calon pembeli. Biasanya pedagang nakan ini kerap menutupi informasi mobil yang dijualnya, terutama mobil yang pernah terkena banjir. Mobil yang pernah terkena banjir biasanya memiliki beberapa ciri-ciri yang tidak dapat dibohongi.

Bagi sebagian orang, memang cukup sulit untuk membedakan mobil yang sudah pernah terkena banjir dan yang belum pernah. Tapi, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengantisipasi pedagang nakal yang berbohong. Kami akan mencoba membeberkan beberapa hal mengenai ciri mobil yang pernah terkena banjir. Kira-kira, apa saja ciri-ciri mobil yang sudah pernah terkena banjir ini ya?

Bau Nggak Sedap

Salah satu ciri yang paling gampang ditemui untuk mobil yang pernah terkena banjir adalah bau. Mobil yang sudah pernah terkena banjir biasanya punya bau yang apek, lembab, dan terasa nggak enak dicium. Biasanya bau ini sudah dapat dicium saat kita pertama kali membuka pintu mobil. Aura mobil yang sudah pernah terkena banjir ini memang nggak bisa dibohongi. Karena ada beberapa bagian mobil yang tidak bisa hilang.

Salah satunya adalah bau. Bau ini disebabkan lembabnya bahan jok, karpet dasar, hingga plafon yang mungkin pernah terendam banjir. Air banjir mengandung lumpur kotor, dan airnya pun beraroma tak sedap. Itulah yang membuat interior mobil yang pernah terkena banjir bakalan punya bau apek dan anyir seperti kain yang tidak kering. Kalau sudah begini, mendingan nggak usah dibeli aja mobilnya. Cari yang lain!

Elektronik Bermasalah

Salah satu ciri yang bisa kalian lihat dari mobil yang pernah terkena banjir adalah elektronik pada mobil yang biasanya bermasalah. Mobil memiliki banyak perangkat elektronik. Jika sudah pernah terendam air banjir, biasanya elektronik tersebut akan mengalami masalah atau bahkan rusak. Usahakan pada saat melihat mobil, cobalah semua elektronik yang ada pada mobil tersebut. Jangan lupa perhatikan juga kondisi komponen elektronik tersebut.

Biasanya air bekas banjir ini bisa membekas di beberapa bagian elektronik dan sangat susah buat dihilangkan. Untuk itu, pembeli harus jeli melihat detail komponen elektronik yang ada pada mobil. Bercak-bercak yang ada pada elektronik mobil seperti lampu, mika lampu, modul, relay bisa memberi tahu kalau mobil ini pernah terendam. Cirinya? Biasanya komponen tersebut punya warna yang berbeda, dan sedikit berbau.

Ada Karat di Selah-selah Kecil

Ciri lain yang paling gampang buat ditemui dari mobil yang pernah terkena banjir adalah adanya karat. Karat yang timbul biasanya menandakan mobil ini pernah terkena banjir, apalagi untuk mobil yang usianya masih beberapa tahun. Jika usia mobil tersebut masih cukup muda, Anda wajib curiga. Karena tidak seharusnya mobil baru buatan pabrik sudah berkarat di beberapa titik, mengingat pabrik sudah melapisinya dengan lapisan cat anti karat.

Karat ini biasanya bisa dengan sangat mudah dilihat. Caranya kamu bisa membuka karpet dasar, melihat selah-selah karet pintu atau bagasi, atau bisa juga melihat engsel-engsel yang ada di mobil. Jika beberapa titik tersebut ditemukan karat, tanyakan saja kepada penjual. Karat ini juga paling mudah ditemui pada baut.

Baut yang berkarat apalagi yang lokasinya cukup tersembunyi jika berkarat, bisa dipastikan mobil tersebut pernah terendam banjir. Biasanya detail-detail terkeceil seperti ini kerap dilewatkan meskipun mobil sudah dibersihkan dari air banjir. Nah, wajib teliti nih sebagai pembeli jangan mau tertipu pedagang nakal ya.

Harga Kelewat Murah

Pedagang nakal yang menjual mobil bekas banjir biasanya akan mematok harga yang lebih murah dari harga pasaran mobil tersebut. Tujuannya untuk membuat mobil tersebut cepat laku dan dibeli oleh konsumen yang tidak paham dengan kondisi mobil. Sebaiknya Anda wajib curiga dengan harga murah yang ditawarkan oleh pedagang kepada Anda. Tanya, kenapa harganya begitu murah dibandingkan dengan harga pasaran yang ada.

Misalnya harga pasaran mobil tersebut dengan tahun produksi, tipe yang sama dan model yang sama dijual di kisaran Rp180 jutaan. Tetapi ada pedagang yang menjual dengan harga Rp130 jutaan atau Rp140 jutaan. Sebaiknya jangan langsung tergiur untuk membeli. Lakukanlah pemeriksaan secara mendalam supaya nggak membeli mobil bekas banjir.

Oli Berwarna Coklat Karena Tercampur Air

Biasanya mesin mobil yang pernah terkena banjir olinya bakal berwarna kecoklatan. Hal ini karena air sudah masuk ke dalam ruang mesin, dan tentunya hal ini bisa membuat performa mesin menjadi rusak. Pada saat memeriksa mobil, usahakan cek dengan membuka tutup oli mesin. Periksa bagian dalam, apakah bagian mesinnya berwarna coklat atau hitam normal.

Jika berwarna hitam normal keemasan, ini tandanya mesin masih dalam kondisi wajar. Namun jika berwarna coklat susu, sebaiknya lupakan mobil tersebut dan tanyakan kepada penjual. Jika suatu saat kamu menemukan ciri-ciri mobil seperti ini, lebih baik cari opsi mobil lain dengan kondisi yang lebih baik. Oli mesin yang berwarna coklat menandakan kondisi mesin yang kurang sehat.

Cek Bagian Kaki-kaki

Bagian terakhir yang bisa kamu cek untuk melihat apakah mobil ini pernah terkena banjir atau tidak adalah bagian kaki-kaki. Bagian kaki-kaki merupakan bagian yang paling jarang dilihat oleh calon pembeli mobil. Biasanya mobil yang pernah terendam banjir punya kaki-kaki yang sedikit berkarat. Bahkan ada juga yang hampir semua bagian kaki-kakinya berkarat.

Hal yang paling mudah lihat saja bagian di sela roda, atau bagian caliper rem. Biasanya mobil yang pernah terendam banjir bagian caliper, baut roda, rem, dan komponen kaki-kakinya akan berkarat. Karatnya pun bisa dibilang dalam jumlah yang sangat banyak dan tidak wajar. Jika sudah begini, kamu bisa menanyakan kepada penjual, atau mencari unit yang jauh lebih segar dan lebih baik.

Nah, itu tadi merupakan 6 ciri-ciri mobil yang pernah terkena banjir. Ada beberapa pedagang mobil yang menjual barang dengan jujur, tetapi tidak sedikit juga yang menyembunyikan mobil yang terkena banjir. Untuk itu, sebagai calon pembeli diusahakan dapat melakukan pengecekan dengan sangat teliti. Supaya nggak ketipu, 6 cara di atas bisa kamu pakai. Semoga bermanfaat ya!

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua. ...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Almaz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil