Mengenang Kiprah VW Kodok, Mobil Rakyat Hasil Gagasan Diktator Hitler

Kalian pasti sudah tidak asing dengan sosok VW Kodok. Ya, mobil dengan nama asli Volkswagen Beetle ini begitu ikonik sebagai kendaraan murah asal Jerman yang mendunia. Siapa sangka, ide munculnya sang kodok ini sudah ada sejak era Perang Dunia II.

VW Beetle menjadi mobil yang paling banyak diproduksi dalam sejarah otomotif, dengan 40 juta produksi antara tahun 1945 dan 2003. Fakta menarik di balik munculnya gagasan menciptakan VW Beetle tak lain berasal dari Adolf Hitler. Diktator Jerman ini dulu sempat meminta dibuatkan sebuah mobil yang praktis, tapi juga harganya ekonomis untuk kebanyakan kalangan pekerja di Jerman. 

Perintah Der Fuehrer lantas digarap oleh desainer asal Austria, Erwin Komenda dengan dukungan sang master Enjinering kenamaan Jerman, Ferdinand Porsche. Hitler menginginkan mobil ini punya kualitas yang bagus, bandel, harganya terjangkau, serta kemampuannya tidak malu-maluin.

Meskipun konsep mobil tersebut telah ada sejak 1934 setelah pertemuan antara Hitler dan Porsche, Volkswagen gagal diproduksi sebelum perang. Produksi Beetle generasi awal dimulai pada tahun 1938 dan berlanjut di beberapa negara hingga akhirnya berakhir tahun 2003. Sebagai informasi, model generasi pertama Beetle ini mampu bertahan selama 65 tahun, namun dengan beberapa kali mengalami facelift.

Generasi Awal VW Kodok, Desain Serba Bulat dan Sederhana

Pada tahun 1934 Ferdinand Porsche membuat desain untuk "Mobil Rakyat", atau dikenal sebagai Volkswagen. Prototipe pertama pada tahun 1935 dilengkapi dengan mesin 4 silinder 700cc berpendingin udara, dan menghasilkan 22,5 tenaga kuda. 

Menurut klaim Volkswagen, Beetle versi 1937 ini adalah salah satu dari 30 prototipe yang dibangun. Rencana pun berubah, dari sebelumnya disiapkan sebagai mobil murah orang Jerman lantas digunakan menjadi mobilnya anggota Nazi. 

Atas titah Hitler, Ferdinand Porsche merancang performa mobil ini dapat mengangkut satu keluarga beranggotakan lima orang dengan kecepatan 100km/jam di autobahn. Sempat terhenti selama Perang Dunia II, Volkswagen akhirnya memulai produksi massal Beetle ini pada 1945.

Pada versi produksi massal tersebut, VW Beetle mengandalkan mesin berkapasitas 1.100 cc dengan output daya sebesar 30 hp pada 3.300 rpm dengan torsi puncak 68 Nm pada 2.000 rpm.

Pabrik VW berhasil diamankan dari pemboman oleh Mayor Ivan Hirst, seorang tentara Inggris yang juga berprofesi sebagai insinyur. Ia melihat potensi mobil militer garapan VW yang tangguh selama perang berkecamuk, hingga akhirnya mempersilakan VW untuk produksi massal mobil penumpang di bawah pengawasan tentara Inggris.

Proses produksi pertama terdiri dari 20.000 kendaraan. Pada Agustus 1947 Volkswagen mulai mengekspor Beetle. Pada tahun 1949 Beetles pertama dikirim ke Amerika Serikat. Mobil ini pun mendapat sambutan yang sangat baik karena murah, gampang digunakan, hingga perawatannya mudah. Volkswagen pun memberi lisensi untuk produksi Beetle di luar Jerman, semisal di Brazil, Meksiko, dan Australia.

Awal Mula VW Beetle Jadi Mobil Taksi

Pada 17 Februari 1972, Beetle ke-15.007.034 diluncurkan dari fasilitas produksi Volkswagen di Wolfsburg, Jerman. Jumlah tersebut memecahkan rekor kendaraan yang diproduksi, yang sebelumnya dipegang oleh Ford Model T, menurut Volkswagen.

Di kurun waktu bersamaan, Beetle juga menjadi Minitaxi Mexico City. Hampir 50.000 mobil bercat berwarna hijau terang dan putih melayani penumpang, mereka hingga yang terakhir pensiun pada tahun 2012. Setelah hampir 33 tahun, Beetle buatan Jerman terakhir diluncurkan dari pabrik Emden, Jerman pada 19 Januari 1978, dan secara total 16.255.550 Beetle dibuat di sana.

Namun demikian, VW Beetle terus diproduksi secara internasional hingga tahun 2003. Edisi penutup ditandai dengan Beetle buatan Meksiko terakhir meluncur dari jalur perakitan. Semenjak pertama kali diproduksi pada tahun 1938 dan sempat berhenti beberapa saat hingga kemudian dilanjutkan kembali hingga benar-benar berhenti pada tahun 2003, mobil VW hampir selalu mengeluarkan varian dan tipe baru walaupu masih selalu mempertahankan tampilan khasnya.

Volkswagen Beetle di Indonesia

Bicara soal mobil tua bangka, Volkswagen Beetle atau VW Kodok termasuk model yang populer di Indonesia. Ada banyak varian VW Kodok yang masuk ke sini, seperti tipe 1200, 1300, dan 1303. 

VW Kodok yang hadir di Indonesia awalnya berasal dari berbagai negara yang memproduksi Volkswagen Beetle, entah dari Eropa, Asia, ataupun Amerika Latin. Namun begitu APM Volkswagen (PT Garuda Mataram Motor) berdiri, semua VW Kodok yang beredar di Tanah Air merupakan versi CKD.

VW Kodok yang beredar di Indonesia kebanyakan merupakan model yang berkapasitas 1.200 cc. Harga pasaran mobil seperti ini jelas sukar diprediksi, tergantung kondisi dan juga selera si penjual memasang harga unitnya. 

Hal menarik ketika memelihara VW Kodok ialah ketersediaan sparepart yang masih mudah dicari. Ini karena VW Kodok diproduksi sampai tahun 2003. Bahkan sampai saat ini, pihak prinsipal disebut masih menyediakan segala spare part VW klasik.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Palisade

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil