Jalan Tol di Indonesia Makin Canggih, Bisa Otomatis Lakukan Rekayasa Lalu Lintas Saat Ada Kemacetan

Berbagai inovasi berbasis teknologi terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan tol di Indonesia

Kali ini, PT Jasa Marga (Persero) memperkenalkan sistem baru yang disebut Intelligent Transportation System (ITS). 

Teknologi ini dapat melakukan pemantauan, evaluasi dan memberikan rekomendasi terkait kebijakan pengaturan lalu lintas kepada pemangku kepentingan dan pengguna jalan. 

Baca juga: Mengenal 9 Teknologi yang Ada di Jalan Tol, Bisa Pantau Setiap Pengendara

Pemantauan kondisi jalan tol jadi makin mudah

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, sebagai operator jalan tol pertama di Indonesia yang mengimplementasikan Intelligent Transportation System (ITS) terus mengembangkan sistem ini melalui super-app Jasamarga Integrated Digital Map (JID). 

Teknologi ini, lanjut Subakti digunakan oleh Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) untuk menjawab kebutuhan dalam pengelolaan pelayanan jalan tol yang terintegrasi sekaligus menjadi sumber dari pusat informasi lalu lintas.

"Sistem tersebut mengintegrasikan seluruh peralatan informasi dan komunikasi di Jalan Tol Jasa Marga Group, yang menghasilkan data dan informasi yang kemudian dianalisis oleh sejumlah Expert Talent di Jasa Marga untuk dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para pengambil keputusan," jelas Subakti.

Baca juga: Tarif Lengkap Jalan Tol Trans Jawa 2023, Bisa dari Merak Sampai Banyuwangi

Fungsi ITS Buat Jalan Tol di Indonesia

Perangkat monitor yang ada di kantor Jasa Marga untu memantau kondisi jalan tol terkini. (Foto: Jasa Marga)

Nah, beberapa hal yang ada di inovasi ITS terintegrasi melalui beberapa fitur yang juga bisa digunakan Jasa Marga dan bermanfaat bagi pengguna jalan, yaitu

Advanced Traffic Management System

Advanced Traffic Management System (ATMS) merupakan inovasi yang berfungsi untuk memantau kondisi dan situasi lalu lintas melalui peta digital yang terintegrasi dengan seluruh peralatan informasi dan komunikasi di seluruh ruas jalan tol Jasa Marga. 

Sistem ini didukung dengan 1.900 CCTV yang tersebar di setiap 500 meter di ruas jalan tol, 65 analytics CCTV, 52 traffic counting dan jaringan fiber optics.

Baca juga: Awas Lengah, Kejahatan di Rest Area Tol Saat Mudik Makin Sering Terjadi!

Kondisi jalan tol jika hari biasa dan bukan jam sibuk. (Foto: Jasa Marga)

Incident Management System

Incident Management System (IMS) untuk memberikan notifikasi terkait gangguan lalu lintas, rekayasa lalu lintas dan kegiatan pemeliharaan jalan tol. 

Sistem ini didukung oleh 31 sensor dan 14 cctv untuk memantau water storage di area sekitar jalan tol, serta 3 anemometer untuk memantau kecepatan angin di Jalan Tol Bali Mandara.

Road Safety and Traffic Violation

Road Safety and Traffic Violation untuk memantau kendaraan yang melebihi batas atas kecepatan dan beban muatan yang melewati jalan tol, yang didukung oleh 26 Speed Camera dan 7 unit Weigh in Motion.

Petugas Jasa Marga melakukan pemantaun melalui layar monitor berukuran besar (Foto: Jasa Marga)

Electronic Toll Collection System

Sistem untuk memantau transaksi gerbang tol secara real time.

Intelligent Tollroad Maintenance System

Intelligent Toll Road Maintenance System (ITMS) untuk mengelola aset infrastruktur dan pemeliharaan jalan tol, yang didukung oleh Hawkeye, kendaraan yang dilengkapi dengan perangkat khusus untuk mengumpulkan data teknis perkerasan jalan dan jembatan di ruas tol (ketidakrataan, kekesatan, dan kelenturan).

Layar monitor di Jasa Marga bisa melakukan atau melihat langsung real live di sejumlah titik di jalan tol (Foto: Jasa Marga)

Advanced Traveler Information System 

Advanced Traveler Information System (ATIS) untuk memberikan informasi mengenai kondisi lalu lintas dan rest area di jalan tol kepada pengguna jalan melalui 204 Dynamic Message Sign (DMS) yang tersebar di seluruh jalan tol Jasa Marga Group, One Call Center 14080, dan Aplikasi Travoy.

Subakti mengatakan, inovasi ini direkomendasikan Jasa Marga untuk strategi  mengoptimalkan kapasitas jalan tol yang ada dan distribusi lalu lintas untuk menghindari penumpukan kendaraan. 

Untuk memantau kapasitas maksimal yang dapat ditampung di ruas jalan tol, Jasa Marga menggunakan teknologi counting digital berbasis Radar dan CCTV Analytic berbasis Artificial Intelligence (AI) dengan memperhatikan standar yang disepakati yakni kecepatan minimum 40 Km/jam, kapasitas maksimum jalan tol dengan V/C ratio di bawah 0,8, masa transisi selama kurang lebih 2 jam, dan faktor keselamatan.

Petugas Jasa Marga sedang melakukan pematauan (Foto: Jasa Marga)

Apabila volume kendaraan per jam mendekati kapasitas maksimal suatu segmen ruas jalan tol, maka sistem ini memberikan peringatan dini kepada petugas untuk dapat melakukan pengaturan lalu lintas. 

Perlu diketahui, masing-masing gerbang tol kini memiliki indikator berupa volume lalu lintas setiap jam yang terus dipantau selama tiga jam berturut-turut. 

Jika dalam tiga jam jumlah kendaraan melebihi batas maksimum indikator, maka akan mulai dipersiapkan rekayasa lalu lintas seperti one way dan contraflow.

Tidak hanya saat pemberlakuan, jika lalu lintas sudah lengang, pantauan tiga jam berturut-turut ini juga kembali dilakukan sebelum pihak Kepolisian menghentikan rekayasa lalu lintas.

Aplikasi Travoy 

Aplikasi Travoy

Jasa Marga kini memiliki aplikasi yang bisa digunakan atau diakses langsung oleh pengguna jalan berupa aplikasi Travoy. 

Aplikasi ini bisa memberikan informasi rekayasa lalu lintas dan kondisi lalu lintas terkini di Jalan Tol Jasa Marga Group tersebut dapat diterima oleh pengguna jalan melalui sejumlah sistem informasi yang dikelola Jasa Marga untuk membantu mereka dalam merencanakan perjalanan. 

Tidak hanya itu, aplikasi Travoy ini menyediakan informasi lalu lintas real time tidak hanya dari pantauan CCTV, namun juga melalui fitur terbaru Travoy yaitu event lalu lintas yang dilengkapi dengan push notification sehingga otomatis diterima tanpa membuka aplikasi Travoy terlebih dahulu.

Pengguna aplikasi Travoy bisa melakukan pemantauan melalui CCTV

Dengan fitur ini, pengguna jalan akan diarahkan ke layanan pesan WhatsApp berbasis AI yang terintegrasi dengan JID. Untuk kebutuhan darurat, pengguna jalan memiliki pilihan untuk terhubung dengan Live Agent Call Center 14080.

Sejumlah inovasi lainnya yang dapat diakses oleh pengguna jalan di antaranya yaitu DMS berbasis Estimated Time Arrival (ETA) yang terintegrasi dengan Rest Area Management System (RAMS) sehingga dapat memberikan estimasi waktu perjalanan dan kapasitas rest area, hingga One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Lanjut membaca

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Rocky

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2018 Daihatsu SIGRA R STD 1.2

Rp 120,00 Juta
Rp 2,44 Juta/bln

9.834 km

5 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2017 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 125,00 Juta
Rp 2,55 Juta/bln

10.186 km

6 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

16.906 km

3,5 tahun

Banten

Lihat Rincian

2019 Toyota AGYA G TRD 1.2

Rp 137,00 Juta
Rp 2,79 Juta/bln

16.531 km

3,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Siap-siap Toyota Akan Produksi Mobil Hybrid di Karawang yang Lebih Murah dari Yaris Cross

Toyota Yaris Cross dengan mesin berteknologi hybrid melengkapi deretan keluarga elektrifikasi Toyota di pasar otomotif nasional. Namun Toyota rupanya tak mau berhenti di Yaris Cross, sebab mereka ingin kembali memproduksi mobil hybrid secara lokal dan menjual di pasar domestik serta ekspor. Baca juga: First Drive Toyota Yaris Cross Hybrid: Calon Compact SUV Laris Setidaknya hal ini diungkapkan langsung Direktur Hubungan Eksternal Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam. “Dengan ad

Top 5 Autofun Pekan Ini: Kelebihan Avanza FWD hingga Kekurangan Fortuner

Toyota Avanza menjadi sosok mobil keluarga yang sulit tergantikan. Walau sudah berganti generasi dengan penggerak roda depan alias FWD, masyarakat tetap mempercayakan kelebihan Avanza untuk mobil harian. Tak cuma pembahasan soal kelebihan Avanza FWD yang jadi sorotan pembaca Autofun, netizen juga penasaran soal kelemahan di Toyota Fortuner. Pasalnya, SUV tersebut hanya sekedar tampil gagah tapi fiturnya kurang lengkap bila dibandingkan harganya yang mahal. Lebih lengkapnya, berikut ini lima arti

First Drive Toyota Yaris Cross Hybrid: Calon Compact SUV Laris

PT Toyota Astra Motor (TAM) telah resmi memperkenalkan Yaris Cross beberapa waktu lalu. Kami pun mendapat kesempatan untuk melakukan First Drive Toyota Yaris Cross (Spesifikasi | Berita) Hybrid di area Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan. Toyota Indonesia sebenarnya menjual dua varian mesin yakni bensin dan hybrid. Dalam kesempatan kali ini kami mencoba Toyota Yaris (Spesifikasi | Berita) Cross Hybrid dengan kode mesin 2NR-VEX berkapasitas 1.5-liter. Mesin tersebut merupakan turunan dari

Suzuki Invicto, Kembaran Toyota Innova Zenix Ini Punya Arti Tak Terkalahkan

Berbeda dengan Indonesia, Toyota Innova Zenix di India dinamai Innova Hycross. Layaknya Avanza-Xenia, di Negeri Hindustan Medium MPV ini memiliki kembaran yang diberi nama Suzuki Invicto. Sebelumnya, rebadge Innova Hycross tersebut digosipkan akan mempunyai nama Suzuki Engage. Mengutip Auto.hindustantimes.com, Maruti Suzuki India baru akan meluncurkan Suzuki Invicto pada 5 Juli mendatang. Namun untuk pra-pemesanan dibuka sejak 19 Juni 2023. Penasaran dan ingin tahu apa arti dari nama yang diguna

Gak Berubah Seperti Terios, Toyota Rush Masih LSUV Paling Laris

Toyota Rush merupakan segmen Low Sport Utility Vehicle (SUV) yang paling laris di Indonesia. Bagaimana tidak, berdasarkan catatan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) wholesales atau penjualan dari pabrik ke dealer Toyota Rush pada Mei 2023 mencapai 2.796 unit. Tidak hanya Mei, selama lima bulan atau sepanjang Januari-Mei 2023, Rush mampu membukukan penjualan hingga 17.834 unit. Baca juga: Toyota Bantah Rush Bakal Discontinue Karena Tidak Ada Model Baru Hal ini pula membuat

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil