Daihatsu Sirion

Rp 201,75 - 236,80 Juta

4.8

Segmen B Segmen
Hatchback Tipe Bodi
CVT / AT / MT Jenis Penggerak
1.3L Kapasitas Mesin
Cek Spesifikasi

Varian dan Harga Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion 2024 - 2025 ditawarkan dalam 6 varian - mulai Rp 201,75 Juta hingga Rp 236,80 Juta , varian entry levelnya yaitu Daihatsu Sirion STD MT Rp 201,75 Juta dan varian tertingi Daihatsu Sirion yaitu Daihatsu Sirion R CVT 2022 ditawarkan dengan harga Rp 236,80 Juta.

2022 | 1.3 L | -
2020 | 1.3 L | -
2019 | 1.3 L | -

Mobil Bekas Terkait

  • 2017 Daihatsu SIRION M602RS 1.3
    Rp 114,00 Juta

    Rp 2,74 Juta /bulan

    86.506 km  /  7 tahun  /  Banten

Lihat Lebih

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sirion X CVT 2022

Video Pendek Terkait

Video Mobil Daihatsu Sirion

Memperkenalkan Daihatsu Sirion True Perfection Baru

Pameran Daihatsu Sirion yang Serba Baru

Daihatsu Sirion 2024 memiliki 29 gambar dan foto, termasuk 10 gambar & foto interior, 18 gambar & foto eksterior, 1 gambar & foto mesin Daihatsu Sirion dan lain-lain. Cek tampilan depan, tampilan belakang, tampilan samping dan tampilan atas Daihatsu Sirion 2024 baru di sini.

Overview

Daihatsu Sirion merupakan salah sau pilihan sedan kompak dengan harga yang cukup terjangkau di Indonesia. Kehadirannya bisa menjadi alternatif bagi keluarga kecil yang menginginkan kendaraan untuk perjalanan harian. Harga Daihatsu Sirion 2020 cukup terjangkau. Mulai dari Rp200 jutaan untuk varian Daihatsu Sirion 1.3L MT dan Rp211 jutaan untuk Daihatsu Sirion 1.3L AT.

Daftar Harga Daihatsu Sirion
Harga Daihatsu Sirion STD ATRp 216.500.000
Harga Daihatsu Sirion STD MTRp 201.750.000

Sedan subkompak Daihatsu Sirion merupakan bagian dari rebadge Perodua Myvi yang masuk ke Indonesia pada 13 Februari 2018 dan diimpor langsung dari Malaysia. Penjualan mobil sedan Segmen B ini memang tak begitu mentereng di Indonesia. Namun Sirion cukup menawan dengan menghadirkan mesin 1NR-VE 1.3L 4-silinder milik Daihatsu yang terkenal tangguh dengan pilihan transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

Lebih dari 10 tahun mengaspal di Indonesia, Daihatsu Sirion adalah salah satu model yang cukup lekat dengan image anak muda dan millenial yang sangat dinamis.

Dimensi mobil kompak, mesin irit bahan bakar, dan juga model yang eye-catching membuatnya cukup diminati. Dan memasuki generasi ketiga, Daihatsu Sirion mendapat facelift untuk model 2020 yang diperkenalkan bersamaan dengan Daihatsu Ayla.

Berbeda dari line-up Daihatsu lainnya yang ditawarkan dengan beberapa varian, New Sirion cuma punya satu varian, STD, yang hadir dalam dua pilihan transmisi, automatic 4-percepatan dan manual 5-percepatan.

Mesin Daihatsu All New Sirion 2020
Tipe Mesin 1NR-VE DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Silinder 1.329 cc
Tenaga Maksimal 95 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 120 Nm @ 4.200 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 11,3 detik
Konsumsi bahan bakar  12,8 km/L (dalam kota), 20 km/L (luar kota)
Transmisi Otomatis 4-Percepatan, Manual 5-Percepatan
Sistem Penggerak Front-Wheel Drive
Dimensi Daihatsu All New Sirion 2020
Dimensi (PxLxT) 3.895 x 1.735 x 1.525 mm
Wheelbase 2.500 mm
Ground Clearance 150 mm
Radius Putar Minimum 5,1 m
Kapasitas Tangki Bensin 36 L
Kaki-Kaki dan Suspensi Daihatsu All New Sirion 2020
Suspensi Depan Mac Pherson Strut dengan Coil Spring & Stabilizer/Torsion Beam dengan Coil Spring & Stabilizer
Rem Depan/Belakang Ventilated Disc Brake/Drums
Pelek/Ukuran Ban 185/55 R15 Alloy Black Polished

Daihatsu Sirion pertama kali muncul di Indonesia tahun 2007 dengan bentuk CBU, yang mengambil basis dari model Perodua Myvi di Malaysia. Saat itu, Sirion hadir dalam dua trim yakni D yang jadi varian paling rendah, dan M dengan tambahan aerokits dan jok kulit.


Empat tahun berselang, tepatnya Juli 2011, generasi kedua Daihatsu Sirion diperknalkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2011, dan kembali hadir sebagai CBU pabrik Perodua di Malaysia. Generasi ini dapat facelift tahun 2015 yang membuatnya makin sporty.

Tahun 2018, generasi ketiga Daihatsu Sirion di Indonsesia. Model ini hadir dengan desain depan dan belakang lebih dinamis dan sporty, walaupun harus meninggalkan kesan imut yang sudah identik sejak pertama kali mengaspal d Indonesia.


Setelah mendapatkan perombakan masif di generasi terbaru, tahun 2020 ini Daihatsu Sirion kembali mendapatkan facelift yang dirilis bersamaan dengan sang adik, Daihatsu New Ayla.

Memang, jika dibanding model sebelumnya ubahan Daihatsu Sirion 2020 tidak terlalu dramatis. Tapi, apakah itu sudah cukup untuk menarik hati para millenials? Simak review yang telah disusun redaksi Autofun.co.id berikut ini ya.  

Eksterior

Dibandingkan model pre-facelift yang launching 2018, Daihatsu New Sirion 2020 tidak mendapat ubahan masif di sektor eksterior dengan body kit yang semakin menguatkan kesan sporty dan dinamis.


Kita mulai dari depan, bumper Daihatsu New Sirion 2020 dilengkapi lips spoiler yang lebih tebal, sepintas sama dengan ornamen yang muncul di Sirion SE yang mejeng di GIIAS 2019 lalu.

Hal senada juga terlihat di bagian samping, side skirt Daihatsu New Sirion 2020 kini lebih tebal dengan finishing hitam yang membut tampilan hatchback mungil ini jauh lebih berisi. Tampilan mobil semakin necis berkat penggunaan pelek 15 inci dual-tone dengan profil ban 185/55 R15.


Pindah ke belakang, kesan sporty dan modern dihadirkan bagian buritan New Sirion. Di sini, kita juga tidak melihat ubahan signifikan kecuali di bagian area plat nomor yang di-blackout sehingga membuatnya semakin keren, tentu selain membuat plat jadi semakin mudah terlihat.

Interior

Sama seperti bagian eksterior, Interior Daihatsu New Sirion 2020 juga tidak mendapat ubahan signifikan. Namun, kami tidak menganggap itu sebagai hal buruk, secara desain kami suka dengan layout dasbor mobil yang ergonomis dengan panel instrumen yang mudah dijangkau.

Selain itu, lingkar kemudinya juga dilengkapi tombol pengatur audio dan bluetooth telephony. Soal kepraktisan, setir juga dapat diatur secara tilt yang memberi fleksibilitas lebih baik dalam posisi berkendara. 


Fitur dalam kabin Daihatsu New Sirion 2020 juga terhitung cukup lengkap. Mulai dari headunit double-DIN dengan fitur MirrorLink, USB & Bluetooth, DVD, sampai menu layar sentuh yang informatif.

Untuk kemudahan dan kepraktisan berkendara, hadir engine start/stop button dengan keyless entry, headlamp leveling adjuster, kaca spion retractable hingga pendingin ruangan dengan pengaturan digital.

Kursinya juga masih dibalut fabric, belum kulit. Namun, posisi duduknya menurut kami cukup proporsional, termasuk kursi belakang dengan lantai rendah dan rata sehingga ruang kaki dan kepala melimpah, seat hanger di pillar B juga dipertahankan yang memberi kepraktisan saat menggantung pakaian atau barang bawaan.

Bagaimana soal bagasi? Masih sama seperti model pre-facelift sih, yakni sekitar 277 liter dengan kursi belakang ditegakkan. Namun, ukuran segini cukup impresif mengingat dimensi mobil yang sangat kompak.

Fitur

Daihatsu New Sirion 2020 sudah dilengkapi fitur keselamatan yang jauh lebih lengkap dari pendahulunya. Sebut saja rem Anti-Lock Brake System (ABS), Electronic Brake-Force Distribution (EBD), sampai Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC).

Tentu tidak melupakan fitur keamanan standar seperti empat airbag (dua depan, dua samping), dan seatbelt tiga-titik untuk seluruh penghuni mobil.

Fitur lain yang tak kalah menariknya adalah kamera dan sensor mundur, front corner sensor untuk mengawasi bagian depan mobil saat manuver di tempat sempit.

Mesin dan Performa

Mesin

Untuk sektor mesin, Daihatsu New Sirion 2020 dibekali mesin 1NR-VE, meski sama-sama berkapasitas 1.300cc, mesin dengan teknologi dual VVT-i ini menawarkan performa 95 PS di 6.000 rpm dan torsi 122 Nm di 4.200 rpm.

Karakteristik penyaluran tenaga mesin baru ini terasa halus di putaran mesin rendah, namun sebagai gantinya tarikan mobil jadi lebih bertenaga di rpm tengah sampai tinggi. Apalagi dengan teknologi Drive by Wire yang mampu menjaga efisiensi bahan bakar secara optimal.

Performa dan Handling

Dengan performa ini, Daihatsu New Sirion 2020 dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 11,3 detik. Cukup impresif mengingat tenaga mobil yang tak sampai 100 PS.

Daihatsu mengklaim karakteristik berkendara Sirion dibuat lebih sporty agar sesuai dengan market yang didominasi anak muda. Dibekali suspensi yang lebih kaku, handling mobil kini terasa lebih tajam, hal ini diimbangi juga dengan setir yang lebih responsif.

Meski bantingannya jadi sedikit lebih keras, body roll mobil ini juga jadi lebih baik. Radius putar yang cuma 5,1 meter juga menjanjikan kapabilitas manuver yang lebih luwes saat berada di jalan sempit.

Konsumsi BBM

Sebagai sebuah mobil yang ditujukan untuk anak muda, efisiensi bahan bakar tentu jadi salah satu tolok ukur. Untuk soal ini, Daihatsu New Sirion 2020 boleh berbangga diri.

Dibekali mesin 1.300cc dual-VVTi, konsumsi hatchback satu ini jelas lebih baik dibandingkan beberapa rivalnya yang punya mesin 1.500cc. Untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bensinnya berada di kisaran 12,8 km/L dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam.

Sementara itu, jika dibawa di jalan tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam, New Sirion mencatatkan konsumsi bensin yang cukup impresif, 20 km/L.


Kesimpulan

Daihatsu New Sirion 2020 memang tidak menawarkan perubahan besar dari model sebelumnya. Namun hal ini terasa cukup, karena model ini baru berusia dua tahun, dan fitur, teknologi, dan performa yang cukup baik di kelasnya.

Ubahan kosmetik yang membuatnya semakin modis, interior yang cukup ergonomis dengan kepraktisan yang oke punya, fitur entertainment dan safety yang sangat lengkap, sampai mesin dengan performa dan efisiensi sama baiknya jadi daya tarik New Sirion untuk menggaet hati para kaum muda yang mobile dan dinamis.

Konsumsi bahan bakar Daihatsu Sirion 2024 baru di Indonesia adalah 4.5 liter per 100 km,danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Daihatsu Sirion X CVT 2022 adalah 4.5 liter per 100 km, danpabrikan mengklaim konsumsi bahan bakar Daihatsu Sirion R CVT 2022 adalah 4.5 liter per 100 km.

Jenis Bahan Bakar Transmisi Konsumsi BBM
Petrol(1329cc)CVT4.5 L/100km

Mobil Rekomendasi

Model Mobil DaihatsuTop 5 Mobil HatchbackTop 10 Mobil BensinPembaruan
Toyota

Toyota Camry

Rp 648,25 - 681,55 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil

Katakan pada saya Hiburan & Komunikasi dari Daihatsu Sirion.

Hiburan & Komunikasi dari Daihatsu Sirion adalah sebagai berikut:

VarianDaihatsu Sirion 1.3L MTDaihatsu Sirion 1.3L AT
Konfigurasi Layar Head unit
Ukuran Layar Head unit(inch)
Sistem NavigasiNN
Pengontrol Media Baris belakang
BluetoothYY
Integrasi Smartphone
Sistem perintah suara
Power SocketYY
AUX
Pemutar CD/DVD
Merek Speaker
Jumlah speaker
.

Apa Roof Rack dari Daihatsu Sirion?

Berikut adalah Roof Rack dan varian Daihatsu Sirion:

VarianDaihatsu Sirion 1.3L MTDaihatsu Sirion 1.3L AT
Roof RackNN

Katakan pada saya Dimensions dari Daihatsu Sirion.

Dimensions dari Daihatsu Sirion adalah sebagai berikut:

VarianDaihatsu Sirion 1.3L MTDaihatsu Sirion 1.3L AT
Panjang (mm)38953895
Lebar (mm)17351735
Tinggi (mm)15251525
Jarak sumbu roda (mm)25002500
Berat bersih (kg)9801000
Ground clearance (mm)150150
Jumlah pintu(buah)55
Jumlah tempat duduk(buah)55
Tangki bahan bakar (Liter)3636
Kapasitas bagasi (L)
.