Review Pemilik: Terlahir untuk retro rally style, inilah Peugeot 306 N5 Lemans tua yang lahir pada tahun 1997

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Peugeot 306 N5 Lemans, ini tidak mencerminkan pendapat AutoFun.

Adji


Informasi dasar tentang mobil saya

1997 Peugeot 306 N5 Lemans 1.8 Automatic Tahun pembelian 2017

Awal saya membeli mobil ini karena penasaran dan ingin membangun mobil retro rally style yang bisa dipakai harian. Waktu itu saya membeli dalam kondisi apaadanya seharga 26 Juta, cukup ramah dikantong.

Mobil ini memang bukan satu-satunya kendaraan saya, oleh karenanya tidak terburu-buru dalam menyelesaikan proyek ini menjadi mobil yang sesuai selera saya.

Proses pemilihan mobil

Dalam pertimbangan pemilihan kendaraan saat itu adalah, mobil yang sesuai dengan selera yaitu sedan( sedan berarti kenyamanan adalah hal utama), wajib automatic karena dipakai di kota Surabaya yang sehari-hari sering bertemu kemacetan, bertampang retro dan rally style. Kebutuhan hanya untuk pemakaian sehari-hari di dalam kota namun wajib siap bila dipakai sesekali keluar kota.

Peugeot 306 N5 sebuah mobil asal Perancis yang didisain oleh Pininfarina sebuah rumah disain otomotif terkenal dari Italia, adalah generasi kedua dari seri 306 di Indonesia, sebelumnya ada seri 306 N3 dan sesudahnya ada 306 MY2000 (hanya ada tipe manual). Pilihan 306 N5 lemans karena ada varian automatic. Semua seri 306 adalah berpenggerak roda depan, system injeksi berkapasitas 1800cc yang cukup mumpuni untuk dibawa lari.

Dasar pemilihan mobil 

Pemilihan bahan kendaraan dengan anggaran kisaran : 25.000.000,- - 50.000.000,-

Model-model yang saya pertimbangkan meliputi: corolla twincam 1990, mitsubhisi lancer 1995

Saat pemilihan model sempat kebingunan diantara ketiganya, untuk corolla sebenernya cukup menarik namun saat itu tidak menemukan yang bertranmisi matik, untuk alternatif lancer saya kesulitan mendapat unit yang cukup baik terutama di interior serta matiknya sepertinya kurang responsive. Akhirnya saya mantab memilih Peugeot untuk dipinang sebagai bahan modifikasi yang bisa dipakai harian.

Alasan mengapa saya membeli mobil ini 

  • Populasi 306 automatic tidak terlalu banyak sehingga dapat menjadi koleksi
  • Teknologi eropa
  • Durability ok
  • Sedan dengan style sporty/rallye look
  • Kenyamanan khas perancis
  • Material Elegan
  • Disain eksterior dan interior oleh Pininfarina
  • Mudah dimodifikasi

Pengalaman pengguna

Awal cerita saya membangun mobil ini, cukup banyak tantangan terutama dalam hal transmisi mengingat di tahun tersebut transmisi automatic belum popular di Indonesia sehingga populasinya terbatas dan beberapa kali harus mengalami bongkar pasang transmisi dikarenakan beberapa bengkel kurang menguasai matik jenis tersebut, walau begitu tidak begitu menguras kantong karena transmisinya masih kategori matik sederhana. Terakhir saya harus menambahkan oil cooler untuk system pendingin matic agar tidak loss power pada saat macet dan kondisi suhu panas. Untuk mesin tidak ada masalah berarti hanya perapihan wiring dan penggantian busi yang sesuai spesifikasi. Dalam hal kaki saya hanya mengganti semua part busing, tierod long tierod laher-laher, tromol belakang, kampas-kampas rem serta rebuilt power steering dengan part seal dan pipa-pipa baru. Sistem gas buang diganti dengan semi header dari tengah sampai belakang.

Segi eksterior cat orisinil blueblack met dirubah menjadi deepblack dan clearcoat dari blinken, semua list dan bemper black mate dirubah satu warna dengan body, velg sementara masih mengandalkan original hanya repaint dari silver menjadi dark grey met, ban baru Dunlop 185/65/r14, karet2 pintu ganti baru agar kedap Kembali.

Interior semua jok diganti depan belakang menjadi semi bucket dengan bahan fabric sehinnga nuansa retro rallye terlihat kental,lingkar kemudi tetap mengandalkan 3 spoke dengan retrim ulang, audio alpine single din dengan tambahan Bluetooth sehingga tampilan retro masih dapat.

Untuk biaya sehingga menjadi Kembali ke performa awal saya menghabiskan kurang lebih 2x total dari harga beli. tapi hasilnya cukup menggembirakan hati. Hehehe…

Mobil ini sangat nyaman di jalan bumping dan sangat lembut di marka kejut atau dikenal umu dengan polisi tidur, nyaris tak terasa, oleh karenanya banyak yang tidak mengindahkan penghalau kecepatan tersbut sehingga mempercepat kerusakan pada kaki kendaraan. Pengetesan lari masih dapat diangka 180km/jam, namun begitu karena kecepatan dalam kota, luar kota maupun di toll tidak disarankan mengingat regulasi tidak diperbolehkan. Untuk harian hanya bermain ditarikan awal saja, tetap kita harus patuh dan menjaga kesadaran berlalu lintas.

Peringkat

  • Skor total: 4,5
  • Performa: 4
  • Kualitas & Fitur: 4
  • Spasi: 5
  • Kenyamanan Berkendara: 5
  • Konsumsi bahan bakar: 3
  • Harga & Biaya: 4

Mobil ini sangat efisien namun begitu untuk yang tidak terbiasa dengan mobil berumur akan sedikit kebingungan dalam memeliharanya, tapi akan menjadi keasyikan tersendiri bagi penyuka performa dan kenyamanan.

Keuntungan mobil saya

Nyaman, Rallye look, fun to drive, dengan cc 1800 body kecil menjadikannya sangat lincah berlari dan jago ditanjakan berkelok, kabin dan bagasi sangat luas.

Kekurangan mobil saya

Namanya mobil berumur diatas 20 tahun, pasti banyak penggantian part kalau ingin mendapat kembali ke performa seperti baru, lumayan menguras kantong tapi sepadanlah, bukan mobil yang dapat dipakai segala kondisi medan terutama untuk medan jalanan tidak bagus, bbm beroktan tinggi dan unleaded

Kesimpulan

Mobil ini cukup asyik untuk dibawa fun dan sangat menyenangkan dikendarai. Proyek ini masih dalam Langkah awal dan sedang berjalan sambil mengumpulkan dana maupun referensi modifikasi yang lebih baik. Semoga saya mendapat kesempatan lagi untuk mereview sesuai progress modifikasi lanjutan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Saya dan mobil saya. Kolom ini menerbitkan cerita tentang review pemilik dari penggemar mobil kami. Apakah Anda ingin berbagi...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil