Review Pemilik: Suzuki Ertiga GL 2012, Tangguh Sekaligus Nyaman!

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Suzuki Ertiga GL 2012

Suzuki Ertiga pertama kali diluncurkan di Indonesia oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada tahun 2012. Saat itu, Ertiga jadi lawan baru Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia,

Bermain di segmen Low MPV 7-seater, mobil ini dibangun menggunakan platform yang juga dipakai oleh Swift gen-2. Dengan begitu jangan heran apabila dari segi berkendara Ertiga gen 1 terasa nyaman layaknya mobil hatchback.

Berbicara review pemilik, pada ulasan kali ini kami akan membahas Ertiga tipe GL produksi tahun 2012. Memiliki status CKD, varian ini menempati posisi tengah di antara GA dan GX yang merupakan tipe paling atas.

Penuturan pemilik, saat itu dirinya membeli mobil ini dalam kondisi baru tak berselang lama Suzuki meluncurkan Ertiga di Tanah Air. Untuk harga cashnya saat itu ditawarkan Rp153 juta OTR jakarta.

2019 Suzuki ERTIGA GX 1.5
Rp 193,80 Juta
Rp 3,50 Juta/bln
Dapatkan
17.225 km
4 tahun
Banten
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4
Rp 172,10 Juta
Rp 3,11 Juta/bln
Dapatkan
51.579 km
5,5 tahun
Banten
2018 Suzuki ERTIGA GX 1.5
Rp 190,12 Juta
Rp 3,44 Juta/bln
Dapatkan
9.852 km
5 tahun
Jawa Barat

Tempilan belakang Suzuki Etiga GL 2012

Namun pemilik mengatakan bahwa dirinya membeli Ertiga impiannya bukan secara cash, melainkan kredit dengan DP Rp60 juta serta lamanya cicilan 3 tahun.

Untuk kebutuhan, berdasarkan cerita pemilik mobil ini hanya digunakan sesekali saat berbelanja bulanan serta berpergian saat waktu senggang.

Selama 11 tahun bersama, pemiliki menyampaikan bahwa Suzuki Ertiga miliknya tidak pernah mengalami kerusakan serius. Dari awal beli hingga sekarang dirinya hanya rutin mengganti pelumas mesin, oli transmisi, minyak rem, tune up, serta pengecekan lainnya.

Supaya berkendara tetap nyaman dan aman, pemilik sudah melakukan penggantian terhadap kampas rem dan extra fan pada 2019, serta shockbreaker di tahun 2022.

Baca juga: Harga Bekas Suzuki Ertiga GA 2012 di Bawah Rp100 Juta, Layakkah Digunakan Sebagai Mobil Keluarga?

Model Lain Sebelum Suzuki Ertiga GL 2012

Tampilan depan Etiga GL 2012

Sebelum memutuskan membeli Suzuki Ertiga, pemilik mempunyai Daihatsu Xenia tipe Xi lansiran 2007. Dipergunakan untuk DP dari sebagian penjualan Xenia, sebelum menjatuhkan pilihan kepada Ertiga pemilik memiliki beberapa opsi lain seperti; Toyota Avanza (Spesifikasi | Berita) dan Daihatsu Xenia gen 2.

Setelah melakukan tes drive serta beberapa pertimbangan, pada akhirnya Ertiga tipe GL jadi pilihan yang sangat cocok bagi dirinya dan keluarga.

Alasan Menjatuhkan Pilihan Pada Suzuki Ertiga GL

Interior Etiga GL 2012

Disampaikan pemilik, alasan dirinya manjatuhkan hati pada Suzuki Ertiga GL 2012 dikearenakan mobil ini terasa nyaman bila dibandingkan kompetitornya. Bahkan disebutkan bahwa kenyamanannya berada sedikit di bawah Toyota Kijang Innova (Spesifikasi | Berita).

Selain itu juga dari konsumsi BBM nya terbilang cukup irit. Menurutnya penggunaan dalam kota masih bisa berjalan 13 km/liter dan 15-16 km/liter ketika berkendara ke luar kota.

Bukan cuma itu, saat dipacu dalam kecepatan tinggi mobil ini juga terasa lebih stabil dibandingkan Avanza dan Xenia. Lainnya mobil ini sudah dilengkapi immobiliszer, peredam kabin lebih tebal serta bantingan yang terasa lebih empuk.

Kelemahan Suzuki Ertiga GL Berdasarkan Kesan Pemilik

Ertiga 2012-2013 belum mendapatkan AC double blower

Namun begitu pemilik mempunyai beberapa hal yang disayangkan dari Ertiga miliknya tersebut. Seperti yang disebutkan bahwa mobilnya belum dilengkapi AC double blower untuk penumpang baris kedua dan ketiga. Begitupun juga jok bais keduanya yang tidak bisa dilipat secara maksimal guna memudahkan ketika membawa barang banyak.

Untuk performa, pemilik juga mengeluhkan tarikan awalnya yang tak seresponsif Daihatsu Xenia gen 1. Dikarenakan pada Ertiga untuk membuka atau menutup throttle sudah menggunakan sistem Drive-by Wire yang mana menjaga pemakaian bahan bakar supaya tetap efisien.

Baca juga: Dicap MPV Underrated, Ini 3 Alasan Suzuki Ertiga Gen 2 Gak Kalah Dari Rival Sekelasnya

Mesin K14B

Sekedar informasi, untuk jantung pacunya mobil ini dibekali mesin K14B berkapasitas 1.373 cc DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 valve Multi Point Injection yang sanggup memeras tenaga 95 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 130 Nm pada 4.000 rpm.

Mesin ini memiliki karakter cukup bertenaga dengan nafas panjang, serta tingkat durabilitas yang tinggi.

Kelebihan Suzuki Ertiga GL 2012

  • Lebih nyaman ketimbang Toyota Avanza
  • Fitur terbilang komplit
  • Mesin cukup bandel
  • Konsumsi bahan bakar terbilang irit
  • Spare part mudah ditemukan

Kekurangan Suzuki Ertiga GL 2012

  • Baris ketiga terasa sempit
  • Jok baris kedua tidak bisa dilipat maksimal
  • Lemah di kaki-kaki depan
  • Belum mendapatkan AC double blower

Kesimpulan

Suzuki Ertiga gen 1 dari segi berkendara jauh berada di atas Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia. Untuk fitur, performa serta gaya berkendaranya, mobil ini juga memberikan kesan yang lebih baik.

Hanya saja sebelum membeli Ertiga generasi awal khususnya lansiran 2012-2013, mobil ini belum mendapatkan AC double blower.

Bicara perawatan, Ertiga sangat gampang. Untuk spare part pun mudah ditemukan dimana-mana, hanya saja harganya sedikit lebih mahal dari rivalnya.

Baca juga: Suzuki Ertiga Bekas Generasi Pertama Harganya Sudah di Bawah Rp100 Juta, Tapi Pertimbangkan Hal Ini

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Lanjut membaca

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Ertiga

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Nissan LIVINA VL 1.5

Rp 212,00 Juta
Rp 4,32 Juta/bln

15.599 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juni

2019 Mitsubishi XPANDER EXCEED 1.5

Rp 210,00 Juta
Rp 4,28 Juta/bln

9.660 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juni

2019 Nissan LIVINA VL 1.5

Rp 211,00 Juta
Rp 4,30 Juta/bln

18.841 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juni

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 216,00 Juta
Rp 4,40 Juta/bln

8.996 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juni

2021 Honda MOBILIO RS 1.5

Rp 220,00 Juta
Rp 4,48 Juta/bln

12.090 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juni
Lihat Lebih

Related Videos

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

Berita Terbaru

10 Penyebab Mobil Bergetar, Begini Cara Merawatnya

Masalah pada mobil tidak hanya saat mogok, namun mobil bergetar baik saat diam, melaju pelan atau dengan kecepatan tinggi juga bisa menjadi hal serius. Ya, meski mobil bergetar kerap dianggap biasa, namun jika getarannya terlalu kencang akan membuat pengemudi dan penumpang jadi tidak nyaman. Jika Anda benar-benar merasa terganggu karena mobil yang terasa getaran cukup hebat, sudah sebaiknya jangan didiamkan begitu saja. Baca juga: Begini Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Pick Up Kalau Sering Bawa Mua

Mirip Harta Karun, Pria Ini Temukan 30 Mobil Klasik Dibekas Gudang yang Roboh

Para pencari harta karun biasanya berharap, jika barang seperti emas dan berlian menjadi temuan yang sangat berharga. Namun berbeda dengan seorang pria sekaligus pemilik akun Youtube @imstokze yang menemukan harta karun berupa puluhan mobil klasik di sebuah gudang roboh. Tidak disebutkan secara detail lokasi dimana ia menemukan mobil-mobil klasik dengan usia yang cukup lawas tersebut. Baca juga: Wah Ada yang Punya Mobil Klasik Daihatsu Compagno, Cuma Satu-satunya di Indonesia? Namun begitu dia m

Musim Pancaroba Mobil Kena Panas dan Hujan? Begini Caranya Biar Cat Tetap Mengkilat

Musim pancaroba saat ini tengah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Anda mungkin juga merasakan, cuaca bisa berubah drastis dalam sehari. ketika pagi langit terlihat terang dan matahari memancar dengan terik, tiba-tiba saat siang hari awan gelap muncul dan langsung turun hujan deras. Baca juga: Jangan Kaget, Segini Biaya Nano Ceramic Coating Honda Brio dan Model LCGC Lainnya Cuaca di musim pancaroba ini tentunya sulit diprediksi yang bisa membuat beberapa kondisi jadi terganggu. Nah, bukan ha

Biar Kuat Lewat Tanjakan Batu Jomba, Daihatsu Sigra Nekat Jalan Mundur

Mobil dengan sistem penggerak roda depan alias FWD (Front Wheel Drive) sering dikeluhkan tidak mampu melahap jalan menanjak. Padahal beberapa jalanan di Sumatera atau Kalimantan, kondisi tanjakannya cukup ektrim. Baca juga: Trik Nyetir Truk atau Mobil Pick Up di Tanjakan, Awas Melorot Saat Muatan Penuh Akibatnya mobil-mopbil FWD seperti Daihatsu Sigra kerap keok menghadapi medan seperti itu. Namun sepertinya, kondisi jalan yang menantang selain dari keampuan kendaraan juga dibutuhkan skill penge

5 Mobil Bekas Honda Under Rp200 Juta Non LCGC, Mulai Dari CR-V Sampai Civic FB (Part 2)

Honda hingga saat ini menjadi brand mobil yang cukup laris digunakan oleh masyarakat. Desainnya yang keren dan performa mesin mengesankan menjadikan Honda sebagai mobil favorit. Bahkan, masyarakat pun cukup banyak yang memilih mobil Honda bekas karena kelebihannya itu. Baca juga: Review Honda Jazz 2021, Model Terakhir Yang Masih Diburu Hingga Kini Segini Cicilan Honda Jazz Untuk DP Rendah Ini Alasan Honda Jazz RS 2020 Masih Layak Dipilih Dibandingkan Honda City Hatchback RS 2021 Beberapa model s

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Suzuki Ertiga
Lihat