Dapatkan Facelift di Eropa, Peugeot 5008 2021 Akan Masuk ke Indonesia Tahun Ini?

Di akhir tahun lalu, pabrikan asal Prancis tersebut memberikan perubahan pada Peugeot 5008 2021. Sudah dipasarkan di beberapa negara di Eropa, tak menutup kemungkinan Astra Peugeot Indonesia membawa model yang cukup menjanjikan ini ke Tanah Air. Sebelum itu, mari kita intip apa saja yang diberikan pada facelift pertama untuk generasi kedua ini.

Dibuat lebih stylish

Bersamaan dengan saudara kembarnya, Peugeot 3008, entry terbaru dari Peugeot 5008 2021 mendapatkan perubahan pada September tahun lalu, Model yang lebih besar dengan tempat duduk tiga baris ini menghadirkan beberapa perubahan minor.

Desain fascia depan yang lebih berani mendapatkan grille tanpa bingkai, menyambungkan kedua sisi lampu depan untuk tampilan yang elegan. Dipadukan dengan lampu LED DRL berbentuk seperti taring membentang dari lampu depan ke bawah.

Berbeda dengan model sebelumnya, palang chrome yang terletak pada bumper dibuat lebih tipis.  Dan untuk menghadirkan sentuhan retro, ada logo 5008 yang disematkan di bagian tepi depan kap mesin. Sedangkan model Peugeot 5008 GT mendapatkan desain grille yang baru.

Perubahan besar di dalamnya adalah kehadiran sistem infotainment baru dengan layar sentuh 10 inci terpampang pada bagian tengah dashboard. Termasuk tambahan kluster instrument digital berukuran 12,3 inci yang diperbaharui.

Sedangkan dalam hal mesin, model keluaran Eropa mendapatkan pilihan mesin bensin dan solar. Mesin bensin PureTech menggunakan model 1.2L 3-silinder dengan tenaga 130 hp dan model 1.6L 4-silinder bertenaga 180 hp. Opsi diesel terdapat pada mesin BlueHDI 1.5L dengan pilihan kapasitas 1.5L dan 2.0L.

Jika dibandingkan dengan Peugeot 5008 2021 yang dipasarkan di Indonesia saat ini, model aslinya memiliki beberapa varian. Selain varian Peugeot 5008 Allure Plus yang dipasarkan saat ini, ada model Active Premium yang sudah mendapatkan sistem keyless start dan parkir belakang.

Varian teratas termasuk model Peugeot 5008 GT dengan lampu depan LED, atap berwarna hitam yang kontras, serta sistem Adaptive Cruise Control. Varian tertinggi adalah Peugeot 5008 GT Premium dengan velg 19 inci, pintu belakang elektrik, dan kursi depan dengan fungsi pijat.

Harga Peugeot 5008 2021 yang dipasarkan di Inggris mulai dari £ 33.000, atau setara dengan Rp 635 jutaan. Dengan model yang diimpor langsung dari pasar aslinya, tak menutup kemungkinan harga Peugeot 5008 akan lebih tinggi jika dibawa ke Indonesia nantinya.

Model revolusioner

Peugeot 5008 masih menjadi salah satu jualan terbaik Peugeot, tak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Bersama dengan Peugeot 3008, 5008 merupakan model yang memimpin revolusi desain Peugeot beberapa waktu lalu.

Generasi pertama meluncur pada Juli 2009 dan secara resmi dijual bulan November 2009. Pengenalan 5008 bertepatan dengan pengangkatan Direktur Desain Peugeot, Gilles Vidal, yang sangat mempengaruhi desain baru dari Peugeot.

Generasi pertama (2009)

Menariknya, generasi pertama Peugeot 5008 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2009 merupakan model MPV. Bermodalkan tampilan elegan yang diusung Peugeot, 5008 mendapatkan berbagai penghargaan mobil terbaik di Eropa.

Keunggulan dari 5008 generasi pertama adalah ruang kabin yang lapang dan mampu menampung keluarga besar dalam bentuk MPV. Mobil ini juga dikenal dengan nama Space Wagon oleh penggemar loyal 5008 ketika pertama kali diperkenalkan.

Dengan panjang 4.5 meter, 5008 yang dirakit di pabrik Peugeot di Sochaux di Prancis dan Gurun di Malaysia, ada lima pilihan mesin yang ditawarkan, mulai dari mesn 1.2L EB2 Puretech, 1.6L PSA EP6 VTi, hingga mesin diesel 2.0L DW10 HDi.

Generasi pertama menerima facelift pada Oktober 2013. Bukan hanya ubahan minor pada tampilan dan teknologi yang ditawarkan, 5008 mendapatkan mesin bensin 3-silinder PureTech dan opsi mesin diesel BlueHDi yang lebih baru.

Generasi kedua (2017)

Generasi kedua akhirnya mengambil rupa SUV, diluncurkan pertama kali kepada media pada September 2016 sebelum dipresentasikan ke public di paris Motor Show 2016. Mobil ini pada dasarnya menjadi versi tujuh tempat duduk dari Peugeot 3008 dengan wheelbase lebih panjang 165 mm.

Berbeda dengan model MPV, perbedaan spesifik dari mobil ini termasuk grille dan bumper depan yang berbeda. Termasuk lengkungan chrome yang terlihat pada bumper dan melapisi bagian bawah jendela belakang.

Interior tak terlalu banyak berubah, masih sama menggunakan sistem infotainment iCockpit yang ditemukan pada 3008. Secara khusus, mobil ini mendapatkan layar sentuh 8.0 inci, ditambah dengan opsi panel digital beresolusi tinggi 12,3 inci.

Wheelbase yang diperpanjang hingga 2,8 meter memungkinkan peningkatan kapasitas: baris kedua terdiri dari tiga kursi terpisah dan baris ketiga yang terdiri dari dua kursi tambahan yang dapat dilipat atau dilepas satu per satu.

Ubahan model lama dan facelift 2021

Peugeot 3008 yang stylish menjadi favorit dari SUV menengah yang diperkenalkan di Indonesia beberapa waktu lalu. Dibandingkan model yang dipasarkan di Tanah Air saat ini, ada beberapa perubahan yang terlihat dengan facelift yang terungkap akhir tahun lalu.

Eksterior Peugeot 5008 2021

Perubahan paling jelas bisa terlihat pada bagian depan Peugeot 5008 adalah lampu DRL LED vertikal. Tampilan baru ini menggantikan sistem lampu kabut yang diberikan pada model generasi kedua, sama dengan Peugeot 3008 yang baru saja direvisi.

Grille depan terbuat dari kotak-kotak chrome yang membentang pada fascia depan. Lampu depan juga mendapatkan revisi dan terlihat lebih elegan. Bumper depan memiliki tampilan chrome memanjang dan sisipan plastik hitam di bawah lampu depan yang terlihat lebih tipis.

Sayangnya eksterior lainnya tanpa perubahan berarti. Peugeot tak mengubah profil samping 5008, kecuali beberapa desain velg baru. Bagian belakang juga mendapatkan sedikit perubahan, misalnya lampu rem yang terlihat seperti cakar.

Eksterior Peugeot 5008 2021

P x L x T

4.640 mm x 1.840 mm x 1.640 mm

Wheelbase

2.840 mm

Ground Clearance

236 mm

Suspensi Depan

Independent with MacPherson axle, coil springs and integrated and pressurized hydraulic shock absorbers

Suspensi Belakang

Semi-independent wheels with twist beam axle and pressurized shock absorbers

Rem Depan

Ventilated Disc

Rem Belakang

Solid Disc

Ukuran Ban

255/55 R18

Velg

18 inci

Interior Peugeot 5008 2021

Praktis, kursi yang lebih banyak dan mampu menampung hingga 7-8 orang di dalam kabin ini menjadi pembeda antara model ini dengan 3008. Sama seperti saudaranya, ubahan di dalam kabin tak jauh berbeda.

Menghadirkan layar sentuh 10 inci dengan sistem iCockpit khas Peugeot menjadi pusat dari semua sistem infotainment sepanjang perjalanan. Selain itu ada kluster instrument digital 12,3 inci yang terletak pada bagian belakang setir multi fungsi.

Kursi baris kedua memiliki banyak ruang. Tapi kursi baris ketiga yang bisa dilipat dengan mudah lebih cocok untuk anak-anak dibanding orang dewasa. Meski ruang belakang tak bisa dibilang terlalu sempit ketika dua orang dewasa duduk di belakang.

Kapasitas bagasi hanya 167 liter dengan baris ketiga terpasang. Tapi ketika lebih banyak ruang dibutuhkan, kursi belakang bisa dilipat sehingga menghasilkan hingga 962 liter. Beberapa cup holder juga bisa ditemukan di dalam kabin untuk meningkatkan kepraktisan bagi pengemudi dan penumpang.

Fitur Peugeot 5008 2021

Dalam hal teknologi, 5008 memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama. Semua model sudah mendapatkan Adaptive Cruise Control dengan Stop-an-Go hingga sistem penglihatan malam.

Peugeot juga menambahkan beberapa fitur high-end untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Mulai dari kursi pijay, sistem suara Focal 515 watt, sunroof dual panel, serta bukaan bagasi tanpa sentuhan juga tersedia. Menarik untuk dilihat apakah sistem ini akan dibawa ke Indonesia nantinya.

Beberapa fitur lain yang dipasangkan pada mobil yang termasuk fitur opsional termasuk Lane-Keeping Assist, Traffic Sign Recognition dan Automatic Emergency Braking yang bisa bekerja hingga kecepatan hampir 140 km/jam.

Selain itu, revisi pada mobil ini menghadirkan mode mengemudi standar untuk semua model, lengkap dengan transmisi otomatis yang disematkan. Memungkinkan pengemudi memiliki mode Normal, Sport, dan Eco untuk konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Keunggulan model ini dibandingkan pesaingnya adalah Advanced Grip Control yang memaksimalkan kontrol traksi selama berkendara. Ada mode Normal, Snow, Mud, dan Sand untuk mempermudah pengemudi ketika berkendara di medan kasar.

Mesin Peugeot 5008 2021

Berupa facelift, tak ada perubahan dibandingkan model sebelumnya dari segi dapur pacu. Pilihan powertrain termasuk mesin bensin 3-silinder 1.2L turbocharged dengan 130 hp dan torsi 230 Nm serta mesin bensin 1.6L 4-silinder dengan 180 hp dan 250 Nm. Mesin dihubungkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 8-percepatan opsional.

Di sisi mesin diesel, ada model 1.5L yang menghasilkan tenaga 130 hp dan torsi puncak 300 Nm dengan dua pilihan transmisi. Sedangkan mesin berkapasitas 2.0L memiliki akses pada tenaga maksimal hingga 180 hp dan torsi maksimal 400 Nm, hanya dengan transmisi otomatis 8-percepatan.

Semua tenaga yang diberikan mampu menghasilkan tenaga dan percepatan yang cukup mengesankan. Apalagi mesin bensin 180 hp mampu melaju dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam 8,3 detik dan kecepatan tertinggi mencapai 220 km/jam.

Mesin Peugeot 3008 2021

Tipe Mesin

1.2T EB2 PureTech 3-silinder bensin

1.6 L PSA-EP6CDT PureTech 4-silinder bensin

1.5L DW5 BlueHDI 4-silinder diesel

2.0L DW10 FC BlueHDI 4-silinder diesel

Kapasitas Mesin

1.199 cc

1.598 cc

1.498 cc

1.999 cc

Tenaga Maksimal

130 hp @ 5.500 rpm

180 hp @ 5.500 rpm

130 hp @ 3.750 rpm

180 hp @ 3.750 rpm

Torsi Maksimal

230 Nm @ 1.750 rpm

250 Nm @ 1.650 rpm

300 Nm @ 1.750 rpm

400 Nm @ 2.000 rpm

Percepatan (0-100 km/jam)

10.4 detik

8.3 detik

11.1 detik

9.1 detik

Kecepatan Tertinggi

188 km/jam

220 km/jam

192 km/jam

208 km/jam

Transmisi

6-percepatan manual dan 8-percepatan otomatis with Quickshift Technology dan Paddle Shift

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Harga Peugeot 5008 2021

Dibandingkan 3008 yang lebih mungil, SUV tiga baris kursi ini dibanderol lebih tinggi. Harga Peugeot 5008 2021 di Indonesia saat ini dipasarkan mulai dari Rp 745 jutaan, yaitu model Peugeot 5008 Allure Plus. Dengan model yang diimpor dari luar negeri, kemungkinan harga facelift-nya akan lebih tinggi.

Pasar 5008 baru saja diperkenalkan di Inggris beberapa waktu lalu. Dilansir dari berbagai media, harga Peugeot 5008 2021 mulai dari £ 33.000, atau jika dikonversikan dengan kurs saat ini setara dengan Rp 637 jutaan.

Kesimpulan

Peugeot 5008 masih menjadi mobil dengan daya tarik yang mengesankan. Menawarkan fleksibilitas tujuh tempat duduk dalam gaya bodi SUV membuatnya semakin maskulin tanpa meninggalkan kesan elegan. 5008 juga menghadirkan kualitas kabin dan salah satu model dengan teknologi terbaik di kelasnya. Tapi sayang nama Peugeot masih belum cukup masif untuk membuat model ini semakin mentereng di Tanah Air.

Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Peugeot 5008

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

SUV Peugeot 5008 Baru - Berkendara Lebih Jauh

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Peugeot 5008
Lihat