Siap-Siap, Setelah Thailand, Great Wall Motors dan Proton akan Sambangi Indonesia

Kemarin malam (9/2), Great Wall Motors (GWM) mengumumkan secara resmi kehadirannya di pasar otomotif Thailand. Mereka mengumumkan akan membawa dua merek utama mereka ke pasar Thailand yaitu Haval dan Ora. Tahun ini pula mereka akan memperkenalkan empat model baru di pasar Thailand dan untuk selanjutnya tak menutup kemungkinan mengekspornya ke negara-negara tetangga.

Great Wall Motors (GWM) resmi masuk ke pasar Thailand dengan 4 model baru di tahun 2021

Sementara, beberapa hari sebelumnya sebuah SUV Proton X50 juga tampak tengah diuji di Songkhla, Thailand, sebagai bagian rencana Proton kembali ke Thailand. Nah, sebagaima halnya GWM, setelah dari Negeri Gajah Putih, Proton juga akan membawa produk-produknya ke Indonesia.

Proton X50 tartangkap kamera tengah diuji di Thailand

Salah satu indikasi akan kehadiran keduanya di Indonesia adalah pendaftaran merek Haval dan Ora yang terdapat pada situs Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Pada situs tersebut GWM telah mendaftarkan merek Haval sejak Desember 2018, sementara  merek Ora, baru didaftarkan pada bulan September 2020 lalu.

GWM telah mendaftarkan merek Haval dan Ora di Indonesia

Yang menarik, merek Proton juga tercantum kembali di situs ini yang didaftarkan oleh Perusahaan Otomobil Nasional Sdn. Bhd. pada bulan Februari 2020 lalu! Ya, bisa jadi ini merupakan langkah strategis dari pabrikan asal Malaysia tersebut untuk kembali ke Indonesia dan memasarkan produk-produk terbaru mereka di sini.

Proton juga kembali mendaftarkan diri di Indonesia pada 2020 lalu

Pabrik GWM di Thailand, modal kuat masuk pasar Indonesia

Pada tahun 2020 lalu, GWM melakukan investasi besar-besaran di Asia Tenggara, salah satunya dengan mengambil alih pabrik ex-General Motors (GM) di Rayong, Thailand, dan akan menjadikannya sebagai pusat produksi mobil mereka untuk pasar Asia Tenggara, Australia dan Afrika. Pabrik di Thailand jelas menjadi salah satu modal kuat mereka untuk masuk ke pasar Indonesia.

Pemilihan lokasi produksi di Thailand ini jelas memungkinkan GWM untuk memiliki basis produksi mobil-mobil setir kanan dan memanfaatkan kebijakan pasar bebas (free trade area) antar wilayah di Asia Tenggara. Tak hanya itu, beberapa produk unggulan mereka juga memiliki potensi yang baik di pasar ASEAN. Di antaranya adalah SUV Terlaris di China, Haval H6 dan mobil listrik kecil mereka Ora Good Cat yang diperkenalkan tadi malam.

Haval H6 akan menjadi pesaing kuat bagi Wuling Almaz

Di China, Haval H6 bertahan sebagai SUV dengan penjualan tertinggi selama 89 bulan terakhir. Jika produk ini kemudian di produksi di Thailand dan akan dijual di Indonesia, harganya diprediksi akan berkompetisi dengan Wuling Almaz dan menjadi ancaman baru bagi penguasa pasar medium SUV Indonesia, Honda CR-V.

Meski begitu, GWM perlu memiliki komitmen yang kuat untuk masuk pasar Tanah Air. Ia perlu berkaca kepada para Agen Pemegang Merek (APM) mobil produk China yang sudah masuk terlebih dahulu di sini, Wuling Motors dan DFSK. Dari Wuling, GWM bisa belajar bagaimana memilih produk yang baik untuk konsumen Indonesia, serta bagaimana Wuling membuka jaringan sales dan after sales mereka secara massif dalam dua tahun pertama.

Thailand akan menjadi pusat produksi Haval setir kanan

Sementara DFSK, meski bisa dikatakan tak menunjukkan performa sebaik Wuling dalam kiprahnya di pasar otomotif Indonesia, namun mereka konsisten untuk terus memproduksi produknya di Indonesia dan memperkenalkan produk baru. GWM tentunya tak perlu lagi untuk berinvestasi sebesar US$700 juta (Rp9,6 triliun) layaknya Wuling di Indonesia untuk membangun pabrik, tapi mereka bisa berekspansi dalam memperkuat jaringan sales dan after sales, serta memperkenalkan produk terbaik mereka di pasar Indonesia.

Produk terbaru Proton siap kembali ke Indonesia

Soal GWM, memang pabrikan asal China ini belum pernah secara resmi menghadirkan lini produknya di Indonesia. Namun, siapa yang tak kenal Proton? Merek asal Negeri Jiran ini, melalui PT Proton Edar Indonesia, sudah sempat menjual produk-produknya di Indonesia mulai tahun 2007, hingga menghentikannya pada 2019 lalu. 

Proton pernah hadir di Indonesia hingga 2018

Pada tahun 2017, merek asal Malaysia ini bahkan mendapatkan suntikan dana segar dari Zhejiang Geely Holding Group (ZGH). Saat itu Proton mendapat suntikan dana sebesar MYR460,3 juta ringgit atau sekitar Rp1,4 triliun. Hal ini menjadikan Proton melakukan beberapa langkah strategis untuk keberlangsungan bisnis mereka, antara lain dengan memperkenalkan produk-produk barunya.

Salah satu produk unggulan yang dimiliki oleh Proton adalah SUV Proton X70 dan Proton X50. Dan seperti yang diceritakan di atas, compact SUV Proton X50 diketahui tengah diuji di Thailand sebagai salah satu produk pertama yang akan menandakan kembalinya Proton ke Thailand. Ya, seperti halnya di Indonesia, Proton pernah memasuki pasar otomotif Thailand di pertengahan tahun 2000-an hingga 2015. 

Proton X70 berpotensi untuk masuk ke pasar medium SUV Tanah Air

Pada akhir tahun 2018, Head of Marketing PT Proton Edar Indonesia saat itu, Rully Septiadi, sempat mengatakan bahwa Proton X70 akan hadir ke Indonesia pada 2019. Meski pada akhirnya tak terwujud, namun produk yang merupakan rebadged Geely Boyue ini sejatinya memiliki potensi yang baik untuk bersaing di pasar SUV Indonesia.

Proton X70 merupakan medium SUV yang sama seperti halnya Haval H6, akan betarung dengan Honda CR-V dan Wuling Almaz. Tapi jangan lupa, masih ada Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail yang sama-sama bertarung di segmen tersebut. 

GWM dan Proton perlu komitmen kuat untuk memasuki pasar otomotif Indonesia 

Nah, pertanyaannya kemudian, apakah GMW dan Proton bisa meraih kesuksesan saat benar-benar memasuki Indonesia? GMW kemungkinan besar bisa meniru langkah Wuling Motors di sini, namun Proton, tampaknya masih ada pekerjaan rumah yang belum selesai untuk memperbaiki kepercayaan konsumen terhadap merek tersebut.
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Kia Sonet

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil