Disulap Sesuai Kebutuhan Mobil Reli, Ini Rahasia Keunggulan Mitsubishi Xpander AP4

Rifat Sungkar bersama M. Redwan telah berhasil membuktikan kemampuan Mitsubishi Xpander AP4 dalam ajang balap reli, kemenangan yang terakhir diraihnya pada kejuaraan nasional Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021 (10-11 April 2021).

Mitsubishi Xpander AP4 pada kejuaraan nasional Fortuna Nusantara Tropical Sprint Rally 2021

Tentu kemenangan tersebut merupakan perpaduan istimewa dari kemampuan Rifat Sungkar yang dibantu M. Redwan sebagai navigator, plus berbagai modifikasi dan keunggulan yang dimiliki Mitsubishi Xpander AP4.

Rifat Sungkar - M. Redwan bersama Mitsubishi Xpander AP4

Jadi, apa sebenarnya rahasia dari dapur Mitsubishi Xpander yang telah disulap menjadi mobil balap reli ini? Berikut ini deretan ubahan Mitsubishi Xpander AP4 sehingga jadi jawara di kejuaraan nasional hingga internasional:

Eksterior Mitsubishi Xpander sesuai regulasi AP4

Jika melihat tampilan Mitsubishi Xpander AP4 tanpa decal (sticker mobil), maka sekilas tampilannya mirip Mitsubishi Xpander Cross. Hal ini memang diaminin juga oleh Rifat Sungkar, karena Mitsubishi Xpander AP4 sejatinya merupakan dasar dari pengembangan Mitsubishi Xpander Cross.

Namun agar dapat menyesuaikan dengan regulasi AP4 yang harus memiliki lebar 1820 mm, hal ini membuat lebar dari Mitsubishi Xpander AP4 ditambahkan 70 mm. Kap mesin diubah dengan kehadiran dua lubang untuk menyesuaikan kebutuhan asupan udara bagi mesin yang kapasitasnya kini meningkat menjadi 1.600 cc.

Bumper depan Mitsubishi Xpander AP4 menjadi lebih besar, yang disebut oleh Rifat dapat membantu saat cornering di kecepatan tinggi, sesuai kebutuhan pengendalian. Di bagian belakang, Mitsubishi Xpander AP4 telah mengunakan sayap berukuran besar untuk menunjang aerodinamika. Meski begitu, sayap di bagian belakang atas ini juga dapat disesuaikan sesuai dengan lintasan yang akan digunakan.

Seluruh kaca pada Xpander AP4 telah diganti menggunakan flexiglass yang lebih ringan. Menurut Rifat, penggantian seluruh kaca ini setidaknya dapat memangkas bobot sebanyak 8 kilogram.

Mitsubishi Xpander AP 4

Di bagian atap Mitsubishi Xpander AP4 juga telah terdapat air scoop untuk mengalirkan udara ke dalam kabin mobil. Selain di atap, air scoop juga terdapat di bagian jendela.

Interior Mitsubishi Xpander AP4

Memasuki kabin Mitsubishi Xpander AP4, tentu sangat berbeda dengan versi standar Mitsubishi Xpander. Berbagai fitur yang dibutuhkan dalam kejuaraan reli telah sesuai regulasi yang ditentukan. Perubahan dimulai dari penggunaan bucket seat model terbaru serta safety belt yang juga dapat terhubung pada HANS (Head and neck Support - pelindung leher).

Sedangkan pada kemudi, layaknya model kemudi yang dilengkapi cluster control. Perbedaannya pada kemudi Mitsubishi Xpander AP4 terdapat berbagai fitur seperti pengatur otak pada mesin, wiper, map engine, launch control, anti lag hingga lampu utama dan lampu sein.

Pada kabin Mitsubishi Xpander AP4 terlihat bagian lorong tengah yang lebih besar. Hal ini dibuat agar turbo yang posisinya berada dekat dengan firewall mendapatkan aliran udara lebih baik untuk pendinginannya. Dalam kecepatan tinggi pun, hal ini dapat mendukung aerodinamika mobil tersebut.

Mesin Mitsubishi Xpander AP4

Pada Mitsubishi Xpander AP4 telah menggunakan mesin berkapasitas 1.600 Turbo dengan kode 4B11T yang menggantikan mesin standar (4A91). Berdasarkan regulasi AP4 untuk mobil bermesin 1.600 cc Turbo harus memiliki berat minimal 1.230 kg. Sementara berat dari Mitsubishi Xpander AP4 ini mencapai 1.350 kilogram yang berarti mengalami handicap overweight.

Penggunaan mesin baru ini memungkinkan Mitsubishi Xpander AP4  menghasilkan limpahan tenaga mulai 300 HP hingga 340 HP, sesuai dengan regulasi standar AP4. Namun bicara tentang tenaga yang dihasilkan, Mitsubishi Xpander AP4 harus berjuang lebih keras seiring beban keseluruhan yang ditanggungnya.  

AP4 Kit pada Mitsubishi Xpander AP4

Pada Mitsubishi Xpander AP4 harus terdapat AP4 kit yang terdiri dari suspensi, crossmember, stabilizer, as roda, trailing arm dan rem.

AP4 kit merupakan paket standar yang telah dijual yang sebelumnya melalui pengembangan dari badan reli di Australia dan New Zealand sehingga dipastikan seluruh mobil reli AP akan mengunakan kit tersebut. 

Spesifikasi AP4 Kit
Rem Brembo Brembo ventilated Disc & Disc with Endless caliper
Suspensi depan & belakang MCA Suspension, Coilover Shock Rally Spec (Travel suspensi 9 inch)
Ban Dellium Pro Rally, 205/65 R15
Gearbox XTRAC Squential 5-percepatan
Sistem gerak roda 4 roda (4WD)

Kesimpulan Mitsubishi Xpander AP4

Secara performa Rifat Sungkar bersama Mitsubishi Xpander AP4 telah terbukti dalam meraih juara, namun yang perlu diingat tidak hanya kemampuan mesin yang diandalkan dalam mengikuti kejuaraan balap reli. Sebesar apapun tenaga yang dihasilkan harus diimbangi oleh teknik mengemudi dan dukungan sang navigator.

Tapi keberhasilan Rifat dengan Mitsubishi Xpander AP4 merupakan salah satu impian dari Rifat Sungkar yang sangat ingin mengembangkan mobil balap reli di Indonesia sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan. Hal ini sebagai mana Mitsubishi Xpander yang dibuat dan dikembangkan di Indonesia sesuai dengan kebutuhan keluarga di Indonesia.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai w...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota AVANZA VELOZ Q TSS 1.5

Rp 265,00 Juta
Rp 5,40 Juta/bln

15.640 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota VELOZ Q 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

16.755 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2020 Mitsubishi XPANDER CROSS PREMIUM 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

17.350 km

3,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA G TSS 1.5

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

19.997 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Toyota KIJANG INNOVA REBORN G 2.0

Rp 261,00 Juta
Rp 5,32 Juta/bln

105.533 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Kali Ini Kami Tes Xpander dan Veloz dari Segala Aspek!

Avanza, Xpander, Ertiga, Siapa yang Paling Lega dan Banyak Fitur? | Mobil Baru di GIIAS 2021

2021 Mitsubishi Xpander Black Edition: Adventure in Black

Sekilas beda Xpander ultimate dan sport

Cara menggunakan transmisi atau gigi manual pada xpander

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Mitsubishi Xpander
Lihat