Mudik Pakai Mobil Matic Ketemu Tanjakan atau Turunan Curam, Gak Usah Panik Lakukan Ini Biar Aman

  • Tak usah panik saat mudik pakai mobil matic namun menemui tanjakan curam.
  • Mobil matic tanjakan curam wajib geser posisi tuas transmisi.
  • Jangan cuma andalkan rem ketika mobil matic lewati turunan curam.

Perjalanan mudik ke kampung halaman maka kita harus siap menghadapi situasai jalan yang kurang familiar. Ini lantaran tidak terlalu sering kita melintas di rute tersebut sehingga bisa saja ada jalanan dengan kontur tanjakan atau turunan curam.

Kalau sudah begini tentu mau tidak mau harus dihadapi. Sayangnya, masih banyak pengguna mobil transmisi otomatis (matic) yang kurang memiliki skill mumpuni guna menghadapi situasi seperti itu. Lantaran tanpa pedal kopling, pengemudi mobil matic cuma bisa ngegas atau ngerem.

Padahal ketika menghadapi tanjakan atau turunan curam, pengemudi mobil matic perlu trik khusus juga. Sama seperti menggunakan mobil transmisi manual, tuas transmisi mobil matic juga perlu dipindah menyesuaikan kondisi medan jalan yang hendak dilalui.

Baca juga : Melewati Jalan Tanjakan dan Berpapasan, Mana Kendaraan yang Dapat Prioritas Menurut Undang-undang?

Cara Menggunakan Mobil Transmisi Matic di Tanjakan Curam

Pastikan mobil tidak kehilangan torsi agar tak merosot di tanjakan

Saat akan menghadapi tanjakan panjang atau curam, sebaiknya siapkan ancang-ancang dari bawah supaya mobil tidak kehilangan tenaga di tengah jalan menanjak. Jika tanjakan tidak begitu berat maka Anda bisa memindah posisi tuas transmisi dari D ke 3 atau D3.

Apabila tuas transmisi sudah dipindah ke D3 tapi mobil mulai kehilangan daya yang cukup untuk menaklukkan tanjakan, maka bisa geser lagi tuas transmisi ke D2 atau 2. Lalu lakukan kick down (menginjak pedal gas penuh dengan spontan) untuk memancing torsi mobil keluar sepenuhnya.

Kalau tanjakan lalu macet, posisikan tuas transmisi di L

Tetapi jika medan jalan yang dihadpai sangat ekstrim kemiringannya, maka bisa posisikan tuas transmisi ke L, atau D1. Kondisi ini juga bisa Anda terapkan apabila pada saat menanjak harus berhenti karena jalanan macet.

Cara Aman Hadapi Turunan Curam Pakai Mobil Matic

Jangan cuma andalkan rem ketika menemui turunan panjang

Kalau menganggap melewati jalan turunan lebih mudah dibanding jalan menanjak sebaiknya buang pikiran itu jauh-jauh. Sebab kalau salah kaprah, bahaya yang mengintai sama besarnya. Apalagi banyak pengguna mobil matic yang juga masih bingung bagaimana cara aman melintasi jalan turunan curam.

Sebenarnya tirknya juga sama seperti menggunakan mobil transisi manual. Anda tinggal manfaatkan engine brake untuk membantu memperlambat laju kendarana di turunan. Ingat, jangan cuma andalkan sistem pengereman dengan menginjak pedal rem terus menerus. Sebab malah akan membuat kampas rem terbakar akibat dipaksa bekerja berat.

Baca juga : Pakai Matic, Ini Tips Mobil LCGC Seperti Daihatsu Ayla Bisa Perkasa di Tanjakan Panjang

Atur di gigi rendah supaya mobil tak meluncur cepat

Untuk transmisi matic yang dilengkapi fitur overdrive atau O/D, Anda perlu menonaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu agar posisi transmisi dapat diturunkan. Kalau tak tersedia, bisa lakukan dengan menggeser tuas transmisi dari D ke D3 atau D2. Namun sebaiknya dilakukan dalam kecepatan rendah agar tidak menimbulkan overspeed.

Caranya, injak rem dengan cara dengan perlahan beberapa kali supaya laju mobil melambat tapi kampas rem tidak panas. Setelah itu, pindahkan bertahap posisi dari D ke D3. untuk mendapatkan efek engine brake. Bila semakin curam dan mobil msih meluncur kencang, pindahkan lagi ke posisi D2 supaya gigi transmisi bisa menahan laju mobil lebih kuat.

Cara Melewati Tanjakan dan Turunan Curam Pakai Transmisi CVT

Gunakan mode M (Manual)

Lalu bagaimana dengan mobil-mobil matic yang sudha pakai transmisi CVT? Misalnya pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia terbaru, atau pengguna Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terbaru. Nah biasanya tipe transmisi ini ada opsi D dan M (+/-).

Caranya geser tuas transmisi ke posisi M, nantinya pada layar indikator MID di dashboard ditampilkan simulasi posisi gigi. Bila hendak menyelesaikan tanjakan panjang dan curam, bisa posisikan ke gigi 3 atau 2, atau bahkan 1 untuk menyelesiakan tanjakan dengan sempurna. 

Tetapi pada saat melewati turunan curam maka posisikan di M dan masuk gigi 3 atau 2. ECU akan menahan putaran CVT di gigi rendah sehingga memberikan efek engine brake seperti layaknya kita pakai gigi 2 di transmisi manual.

Baca juga : Pakai Transmisi CVT Baru, New Mitsubishi Xpander Diklaim Nggak Kehilangan Taji Lewati Tanjakan

Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Rush

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil