Review Peugeot 3008 Allure Plus 2020: SUV Kompak Eropa Dengan Aura Futuristik

Saat ini, SUV kompak termasuk salah satu segmen yang cukup diminati di Indonesia. Memang, popularitas belum sebaik SUV ladder Frame. Namun, kehadirannya cukup memberi warna tersendiri.

Didominasi oleh pemain dari Asia seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, atau Toyota Corolla Cross yang sebentar lagi rilis. Selain model ini, hadir juga penantang dari Prancis, Peugeot 3008 yang hadir di Indonesia sejak 2018.

3008 Allure Plus merupakan trim yang lebih murah

Awalnya cuma punya satu varian, GT Line, PT Peugeot Sales Operation (Astra Peugeot) menambah satu lagi varian Allure Plus untuk pembeli yang menginginkan Peugeot 3008 dengan harga lebih miring. Selisihnya sampai Rp 80 juta.

Harga Peugeot 3008 2020:

Tipe Harga
Peugeot 3008 GT Line 2020 Rp750.000.000
Peugeot 3008 Allure Plus 2020 Rp670.000.000

Spesifiksi Peugeot 3008 2020:

Mesin Peugeot 3008 Allure Plus 2020
Tipe Mesin Twin Scroll Turbo High Pressure (THP) with Direct Petrol Injection, 4 Inline cylinders, DOHC 16 Valve
Kapasitas Silinder 1.598 cc
Tenaga Maksimal 167 PS @ 6.000 rpm
Torsi Maksimal 240 Nm @ 1.400 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 8,9 detik
Konsumsi bahan bakar 11,6 km/liter (dalam kota), 16,9 km/liter (luar kota)
Transmisi Efficient 6-speed auto with Quickshift Technology and Paddle Shift
Sistem Penggerak Front-wheel Drive
Dimensi Peugeot 3008 Allure Plus 2020
Dimensi (PxLxT) 4.510 x 1.850 x 1.662 mm (Allure Plus) 4.447 x 1.841 x 1.624 mm (GT Line)
Wheelbase 2.730 mm (Allure Plus) 2.675 (GT Line)
Ground Clearence 198 mm
Kapasitas Tangki Bensin 53 liter
Kaki-kaki dan Suspensi Peugeot 3008 Allure Plus 2020
Suspensi Depan Independent with MacPherson axle, coil springs and integrated and pressurized hydraulic shock absorbers
Suspensi Belakang Semi-independent wheels with twist beam axle and pressurized shock absorbers
Rem Depan/Belakang Ventilated discs / Solid discs
Pelek/Ban 225/55 R18

Diperkenalkan tahun 2008 sebagai pengisi line-up Compact Crossover SUV yang sedang jadi tren, Peugeot 3008 generasi pertama memiliki desain yang cenderung biasa saja.

Peugeot 3008 generasi pertama yang dijual antara 2008-2016

Namun, Peugeot 3008 cukup diterima pasar dan jadi mobil terbauk tahun 2010 di Inggris dan Britania Raya. Masa jualnya pun cukup lama, sekitar 8 tahun, sebelum akhirnya lahir generasi kedua tahun 2016.

Berbeda dari generasi pertama, Peugeot 3008 generasi kedua memiliki desain yang sangat futuristik dan sangat keren. Mulai dari eksterior, sampai kabinnya.

Generasi kedua tampil lebih atraktif dari pendahulunya

Tak ayal, mobil ini langsung diganjar dengan berbagai penghargaan. Salah satunya European Car of The Year tahun 2017. Tahun 2018, Astra Peugeot membawa 3008 ke Indonesia dengan varian GT Line, sebelum trim Allure Plus mengaspal tahun 2020.

Meski sepintas sama, ternyata ada beberapa perbedaan Peugeot 3008 Allure Plus 2020 jika dibandingkan dengan GT Line, apa saja? Simak reviewnya di Autofun ya.

Eksterior

Kita mulai dari eksterior, perbedaan paling mencolok antara Peugeot 3008 Allure Plus 2020 dibandingkan varian GT Line adalah dimensinya. Didesain khusus untuk pasar Asia, 3008 Allure Plus punya dimensi lebih panjang 63 mm, lebih lebar 9 mm, dan lebih tinggi 38 mm.

3008 Allure Plus 2020 punya dimensi yang lebih besar dari GT Line

Selebihnya hampir tidak ada beda, fascia depannya tampak sangat necis dengan gril depan menggunakan desain Vertical Front End dengan aksen krom serta Long Flat Bonnet.

Kesan agresif hadir dengan lekukan bumper depan yang membagi lampu depan menjadi dua bagian, alhasil lampu yang sudah memakai teknologi Full LED serta Daytime Running Light (DRL) tampak lebih necis dengan desain radikalnya.

Kesan tangguh Peugeot 3008 SUV hadir di bagian bawah dengan tampilan bumper yang tangguh dengan finishing hitam plastik dan silver. Lower grille-nya didominasi kisi-kisi udara dengan pattern garis horizontal, dengan housing fog lamp beraksen krom di bagian atasnya.

Peugeot 3008 Allure Plus punya dimensi lebih bongsor

Body bagian samping juga menunjukkan aura maskulin mobil, namun berbeda dengan GT Line, Peugeot 3008 Allure Plus 2020 tidak memakai konsep dual tone. Handle pintunya juga berbeda, yakni dengan finishing black chrome.

Selebihnya sama, termasuk kehadiran aksen krom sebagai penghubung warna body dan aksen hitam di side skirt, dan penggunaan pelek 18 inci yang membuat mobil tampak sangat proporsional. Di bagian atas, Anda akan menemukan roof rail yang lebih besar.

Pindah ke belakang, hampir tidak ada perbedaan antara Peugeot 3008 Allure Plus 2020 dengan model GT Line. Paling cuma hilangnya emblem GT Line di sebelah kanan bawah saja, selebihnya sama saja.

Bagian belakang juga hampir tanpa perbedaan

Mulai dari model lampu belakang LED 3D dengan model Claw Effect yang jadi trademark line-up Peugeot saat ini. Lampu berteknologi LED itu dihubungkan dengan garis hitam tebal, yang sekaligus jadi housing emblem singa khas Peugeot.

Sama seperti bumper depan, dan side skirt, bumper belakang juga hadir dengan aksen hitam dan silver yang menguatkan kesan tangguh. Ada juga fog lamp belakang yang ditutup dengan reflektor merah, dan knalpot ganda berbentuk trapesium.

Interior

Seperti ada di dalam kokpit pesawat jet, mungkin itu kesan awal ketika masuk ke dalam kabin Peugeot 3008 Allure Plus. Mengadopsi platform interior Peugeot i-Cockpit, tampilan kabin, khususnya dasbor tampak sangat futuristik dan eye-catching.

Layout dasbor Peugeot 3008 mirip dengan pesawat tempur

Mulai dari desain setir flat-top bottom yang cantik, desain persneling ala joystik jet fighter, sampai model instrumen cluster digital berukuran 12,3 inci dengan tampilan sangat futuristik. Ya, meski secara transisi interface terasa sedikit kurang smooth.

Bukan cuma desain, material yang dipakai juga berkualitas tinggi dan jauh dari kesan murahan. Tombol instrumen AC tampak sangat solid dengan besi yang diberi finishing satin chrome yang memberi kesan mewah.

Peugeot 3008 mendapatkan sistem navigasi on-board

Uniknya, meski sama-sama menggunakan head unit berukuran inci, sistem multimedia di 3008 Allure Plus 2020 yang hitungannya lebih murah justru lebih lengkap dengan hadirnya sistem navigasi on-board pada mobil Peugeot 3008. Sisanya sama saja, mulai dari konektivitas bluetooth, mirrorlink, Apple Carplay, Voice recognition, dan Arkamys 3D Sound Staging.

Desain kursinya cukup supportif dengan pengaturan 8 arah di sisi pengemudi, dan 6 arah untuk penumpang. Namun berbeda dari trim GT Line yang memadukan denim dan kulit, untuk Peugeot 3008 Allure Plus 2020 memakai material kulit Claudio warna hitam.

Soal kepraktisan, Peugeot 3008 juga cukup oke. Armrest di depan bisa dialih fungsikan sebagai cooling box dengan kapasitas 11 liter, dan juga total empat buah port USB dengan masing-masing dua di depan dan belakang.

Dimensi mobil yang lebih besar membuat kabin belakang jauh lebih lega

Berbicara soal kabin belakang, dimensi mobil yang lebih panjang serta jangkung di 3008 Allure Plus 2020 memberikan kabin belakang yang jauh lebih mumpuni dengan leg room dan head room yang sangat melimpah.

Soal bagasi, 3008 Allure Plus memiliki kapasitas seluas 512 liter. Jika itu dirasa kurang, Anda bisa melipat bangku baris kedua dengan format 60-40 dan meningkatkan kapasitas bagasi secara signifikan.

Fitur Keselamatan

Berbicara soal fitur keamanan, Peugeot 3008 Allure Plus 2020 punya pilihan cukup lengkap. Dimulai dari fitur keamanan pasif, mobil ini dilengkapi enam buah airbag, yang terdiri dari dua airbag depan, dia airbag samping, dua curtain airbag, dan sabuk pengaman tiga titik untuk lima orang penumpang.

Peugeot 3008 memakai enam buah airbag

Fitur keamanan mobil Peugeot 3008 ini amunisinya cukup lengkap. Sebut saja Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Stability Program (ESP), Electronic Brake Distribution (EBD), Dynamic Stability Control (DSC), Hill Assist Descent Control (HADC), dan masih banyak lagi. Dan khusus di varian Allure Plus, hadir juga fitur keamanan aktif seperti Active Lane Keeping Assist dan Blind Spot Information System.

Advance Grip Control menghadirkan lima mode berkendara untuk kondisi jalan yang berbeda-beda

Pada dasarnya, Peugeot 3008 merupakan mobil berpenggerak roda depan. Namun, mobil ini bisa dipakai off-road ringan layaknya mobil 4x4 dengan fitur Advanced Grip Control. Fitur ini menghadirkan lima mode berkendara sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui, yakni Normal, ESP off mode, Snow, Mud, dan Sand.

Mesin

Peugeot 3008 Allure Plus menggunakan mesin yang sama seperti varian GT Line, 1.598 cc twin-turbo high pressure (THP) yang menghasilkan tenaga 167 PS @ 6.000 rpm dan torsi 240 Nm yang langsung dicapai sejak putaran mesin 1.400 rpm.

Mesin yang dipakai sama persis dengan model GT Line

Mesin tersebut dihubungkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6-percepatan dengan teknologi quick shifting dan paddle shift. Kombinasi ini membuat mobil Peugeot 3008 dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 8,9 detik.

Sayangnya, Peugeot tidak memberikan cover mesin yang proper dan membiarkan mesinnya telanjang. Tidak menggangu secara fungsi, namun cukup disayangkan secara estetika, mengingat desain mobil yang sangat impresif.

Performa dan Handling

Secara garis besar, pengendalian Peugeot 3008 terasa sangat mudah dengan kenyamanan menjadi fokus utama. Saat melewati jalanan bergelombang, bantingannya masih sangat nyaman dan manusiawi, bobot kemudinya juga terasa sangat ringan di kecepatan rendah.

Karakteristik berkendaranya sangat baik, bantingan suspensi terasa sangat halus namun tetap mantap

Berbekal fitur Advanced Grip Control, kemampuan adaptasi Peugeot 3008 saat berada di medan yang cukup berat terasa sangat mumpuni, dan membuat mobil seolah-olah memakai penggerak empat roda meski aslinya adalah penggerak roda depan.

Konsumsi BBM

Soal konsumsi bensin, Peugeot 3008 mencatatkan 11,6 km/liter untuk pemakaian dalam kota. Sementara untuk penggunaan luar kota yang didominasi penggunaan dalam tol, angkanya meningkat jadi 16,9 km/liter.

Video

Kesimpulan

Biasanya, mobil dengan varian lebih murah, apalagi dengan selisih sampai Rp 70 juta, akan hadir dengan fitur yang lebih terpatas. Well, hal ini tidak berlaku untuk Peugeot 3008 Allure Plus 2020.

Hadir sebagai varian lebih ekonomis yang ditujukan untuk pasar Asia, nyatanya Peugeot 3008 Allure Plus memiliki kelebihan yang tidak dimiliki varian GT Line. Mulai dari dimensi mobil lebih besar, fitur safety seperti Active Lane Keeping Assist dan Blind Spot Information System, dan jok berlapis kulit.

Dengan harga yang sedikit lebih rendah dan hadirnya fitur-fitur penting, kami merasa bahwa Peugeot 3008 Allure Plus 2020 bisa jadi pilihan untuk dipinang. Apalagi untuk Anda yang sedang mencari SUV dengan desain yang sangat atraktif.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Sangat terobsesi dengan motorsport, penyuka mobil performa tinggi, khususnya dari Jerman....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Peugeot 3008

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Related Videos

Peugeot 3008 SUV - Tingkatkan Drive Anda

SUV Peugeot 3008 Baru - Saatnya Berubah

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Peugeot 3008
Lihat