Efek Minyak Rem Mobil Tidak Pernah Diganti, Bisa Jadi Basi?

Minyak rem alias brake fluid menjadi salah satu komponen yang penting untuk mendukung kinerja pengereman. Hanya saja, banyak pemilik mobil yang cuek dan malas mengganti atau menguras minyak rem secara rutin. Ternyata, efek minyak rem mobil yang tidak pernah diganti bisa jadi basi lho.

Kenapa bisa? Sama seperti pelumas mesin, minyak rem mobil juga memiliki masa pakai. Bedanya, oli mesin wajib diganti tiap beberapa bulan, sedangkan minyak rem harus dikuras dan diganti dengan yang baru setiap dua tahun.

Jika tidak dilakukan pergantian secara berkala, akan berdampak pada performa pengereman mobil yang tidak maksimal. Ini disebabkan turunnya kualitas minyak rem serta adanya kondensasi pada tabung reservoir minyak rem.

Untuk itu, kalian para pemilik mobil sebaiknya tidak abai akan hal ini, dan perlu melakukan penggantian minyak rem secara rutin. Kuras minyak rem juga berlaku untuk mobil yang jarang dipakai.

Lantas seperti apa ciri minyak rem yang basi? Berikut ini kami bahas ulasannya lebih mendalam.

Alasan Minyak Rem Perlu Diganti Secara Periodik

Minyak rem pada mobil memiliki fungsi hidrolik yang merupakan peran vital dalam kinerja mobil. Kemampuan minyak rem memiliki masa pakai dalam jangka waktu tertentu.  

Minyak rem ini membantu meredakan panas dari cakram dan kampas ketika mobil dikendarai. Ini karena gesekan antara kampas dan cakram atau tromol mengeluarkan energi panas ketika bekerja melakukan pengereman. Peran minyak rem mobil di sini sebagai inhibitor atau membuang suhu panas ketika mobil sedang dikemudikan.

Minyak rem terbuat dari bahan sintetis bersifat asam. Rem bekerja dengan mengubah energi gerak ke energi panas. Saat rem sedang bekerja, suhunya bisa mencapai 200 derajat celcius. Dengan suhu setinggi ini, diperlukan cairan minyak rem yang dibuat lebih tahan panas. 

Ciri Minyak pada Rem yang Basi, Fisiknya Tidak Segar

Kondisi rem yang tidak normal biasanya menjadi ciri utama minyak pada rem yang basi. Untuk kasus minyak rem basi ini bisa kita ketahui dan rasakan performa pengeremannya. 

Kita bisa melihat kondisi minyak rem di tabung reservoir, apakah masih bening dan bersih atau kotor dan ada gelembung berbuih. Bila berbuih atau berbusa, menandakan minyak rem sudah basi. 

Busa bisa muncul disebabkan karena reaksi kimia antara minyak rem dan air. Sebab minyak rem mobil memiliki sifat menyerap uap air, dimana uap air muncul saat minyak rem mencapai titik didihnya. 

Karena telah bercampur air, maka titik didihnya pun akan berkurang. Saat rem digunakan secara maksimal, panas yang dihasilkan dari gesekan kampas akan diserap oleh minyak. 

Kandungan air akan terus bertambah saat kita melakukan pengereman yang suhunya cukup panas. Saat jumlahnya sudah semakin banyak, akan sangat berbahaya ketika dipakai saat pengereman ekstrem. 

Karena titik didihnya berkurang, maka minyak rem bisa semakin cepat panas dan menimbulkan gelembung putih. Jika itu terjadi, maka akan mengganggu kinerjanya yang tidak lagi optimal dalam membuang panas dan mendorong piston hingga kampas rem.

Lampu Indikator Rem Menyala

Ciri yang mudah teramati bila minyak rem mulai basi adalah dengan menyalanya lampu indikator rem. Dikutip dari laman resmi Suzuki, fungsi lampu ini memberitahukan kita untuk segera melakukan pengecekan sistem pengereman, termasuk mengganti minyak rem.

Lampu indikator rem akan menyala ketika mobil mulai dikemudikan. Bila sudah ditemui lampu indikator rem menyala pada mobil, lebih baik segera bawa ke bengkel atau dealer untuk pengecekan kondisi minyak rem mobil.

Rem Ngempos dan Blong Saat Mobil Digunakan

Selain lampu yang menyala, rem ngempos saat digunakan dapat menjadi ciri lain yang menandakan minyak ini mulai basi. Dampak dari minyak rem yang basi rupanya dapat menimbulkan saluran hidrolik menjadi mengembang.

Akibatnya, saat rem mulai diinjak, maka master hanya akan mengisi udara di saluran hidroliknya. Ini yang menyebabkan rem akan sulit dioperasikan secara maksimal saat digunakan.

Kapan Waktu untuk Mengganti Minyak Rem Mobil

Pemeriksaan setiap komponen pada mobil, termasuk kondisi pengereman, perlu dilakukan secara berkala. Hal ini dapat meminimalisir kondisi mobil yang bekerja tidak optimal. 

Lebih lanjut, kondisi minyak pada rem mobil harus di cek berkala. Ada baiknya minyak pelumas rem mobil diperbaharui setiap setahun sekali dengan cara bleeding. Dengan bleeding, kita tidak perlu membuang cairan minyak rem yang masih dapat digunakan karena hanya menambah minyak rem yang tersisa.  

Adapun menurut buku panduan, biasanya penggantian minyak rem mobil dilakukan setiap menempuh jarak 40.000 km. Jarak tempuh ini dinilai sudah cukup jauh dalam pemakaian minyak rem, sehingga ada baiknya bila segera dicek dan diganti seluruhnya. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Odyssey

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil