3 Hal Penting dari Wuling Air Ev yang Tidak Banyak Diketahui Pemiliknya

Wuling Air ev (Spesifikasi | Berita) menempati segmen mini city car EV. Di Tanah Air Untuk sekarang ini, Air ev bermain secara tunggal di market otomotif Indonesia.

Sebentar lagi Air ev akan kedatangan pesaing terdekatnya, Seres E1. E1 sendiri dikabarkan akan diluncurkan secara resmi di Indonesia pada kuartal III tahun ini.

Kembali ke Air ev, mobil ini dihadirkan dalam dua varian, yakni Standard Range dan Long Range. Untuk harga, dengan PPN 1% per Juli 2023 varian Standard Range dibandrol Rp243 juta dan Long Range Rp299,5 juta OTR Jakarta.

Sebagai varian flagshipnya, Air ev Long Range lebih laris di pasaran. Lantaran tipe ini memiliki fitur lebih komplit serta jarak tempuh lebih jauh.

Seperti yang bisa dilihat di bagian luar, eksteriornya memiliki sentuhan futuristis nan canggih dengan memadukan pengalaman berkendara yang nyaman sekaligus eco-friendly. 

Untuk lampu utamanya Air ev Long range sudah menggunakan LED berprojector dengan tampilan yang terkesan garang berkat latar rumah lampu bertemakan smoked. Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi DRL LED plasma guna meningkatkan visibilitas ketika berkendara di malam hari.

Baca juga: Sah, Wuling Air ev Made in Indonesia Meluncur di Thailand Harganya Jauh Lebih Murah

Wuling Air ev

Didukung dengan desain yang kompak, interiornya dapat memuat 4 orang sekaligus dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua. Dengan pelipatan tersebut, mobil ini dapat dimanfaat untuk membawa barang banyak ketika berkendara secara sendirian atau bersama satu penumpang di depan.

Membawa konsep Intelligent Tech Dashboard, Air ev Long Range memiliki head unit wide screen berukuran 10,25 inci yang terhubung dengan panel instrument berkendara.

Melalui head unit, pengguna bisa mengendalikan berbagai macam fitur seperti menghidupkan atau mematikan AC, menjalankan sistem navigasi, dan beberapa fungsi lainnya.

Bahkan sistem hiburannya mendukung konektivitas dengan Internet of Vehicle (IoV), serta voice command berbahasa Indonesia yang dapat menjalankan fitur hanya dengan menggunakan perintah suara.

Wuling Air ev dibekali motor listrik berjeniskan permanent magnet synchronous yang diletakan di belakang. Untuk performa yang dihasilkan sanggup memeras tenaga di angka 30 kW (40,8 PS) serta torsi mencapai 110 Nm. Untuk membuatnya berjalan, mobil ini dipadukan transmisi single reduction. 

Pada varian terendahnya Air ev disematkan baterai Lithium Iron Phospate (LPF) berkapasitas 17,3 kWh, yang menurut pengetesan tim R&D dapat menempuh jarak hingga 200 kilometer. Berbeda dengan tipe Standard Range, versi Long Range dibenamkan baterai berkapasitas 26,7 kWh yang diklaim dapat menempuh jarak 300 kilometer.

Sebagai mobil perkotaan ramah lingkungan, berikut 3 hal Wuling Air ev yang tidak banyak diketahui pemiliknya.

1. Membuka Bagasi Wuling Air Ev Cukup Menekan Tombol Pada Remote

Cara mudah membuka pintu bagasi Wuling Air ev

Tidak semua pemiliki Wuling Air ev tahu bahwa untuk membuka kunci pintu bagasi bisa menggunakan remote. Dengan menekan tombol di remote bergambar buka bagasi selama beberapa detik, secara otomatis kunci pada pintu bagasi akan terbuka.

Ketika kunci pintu bagasi terbuka, pintu depan baik sebelah kanan maupun kiri tetap dalam kondisi terkunci. Hal ini bertujuan supaya orang asing tidak bisa membuka pintu bagian depan.

Ketika pintu bagasi ditutup, secara otomatis pintu akan terkunci sehingga kalian tidak perlu menekan tombil kunci pada remote.

Baca juga: Wuling Air ev Buatan Bekasi Bisa Lebih Murah di Thailand Akibat Banyak Dapat Subsidi

2. Bisa Parkir Pararel

Langkah Air ev agar bisa parkir pararel

Masih banyak yang belum tahu bahwa Wuling Air ev bisa diparkir secara pararel. Parkir pararel banyak dilakukan di mall atau apartemen.

Parkir pararel sendiri diharuskan mobil dalam kondisi netral ketika terparkir. Dalam arti mobil bisa digerakan maju-mundur untuk memudahkan akses mobil lain.

Cara supaya Air ev bisa diparkir secara pararel, pertama injak pedal rem kemudian putar knob ke posisi N (netral,red). Dalam posisi masih menginjak pedal rem, langkah berikutnya tekan tombol hand brake tanpa melepasnya, kemudian tekan tombol pemutus arus listrik yang letaknya tepat di samping tuas pembuka kap mesin.

Jika cara tersebut berhasil dilakukan, bisa dipastikan mobil bisa digerakan maju-mundur dalam kondisi mobil terkunci.

3. Cara Mengatur AC Berbeda dengan Mobil Jepangan

Menurunkan angka suhu Air ev membuat kabin lebih cepat dingin

Tidak seperti mobil Jepang, level pengatur suhu di Air ev ini terbalik. Bila kita turunkan maka jadi makin dingin, dan bila kita naikkan levelnya berarti makin panas.

Untuk menaik-turunkan temperatur di dalam kabinnya Wuling Air ev dengan cara menggeser level suhu di monitor. Untuk menurunkan angka suhu bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui head unit atau menggunakan fitur voice command.

Memanfaatkan fitur voice command untuk mendinginkan kabin lebih cepat, kalian bisa mengucapkan “Halo Wuling, saya kepanasan”. Dengan begitu sistem secara otomatis angka menurunkan suhu 1 level yang berarti mendinginkan ruang kabin lebih cepat.

Dengan menggunakan head unit, kalian cukup menggesernya ke angka yang lebih rendah.

Baca juga: Seres E1 Muncul di PRJ 2023, Harganya Lebih Murah dari Wuling Air ev

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Air EV

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 274,00 Juta
Rp 5,58 Juta/bln

18.936 km

2 tahun

Banten

Lihat Detail

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 271,00 Juta
Rp 5,52 Juta/bln

11.500 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 274,00 Juta
Rp 5,58 Juta/bln

32.285 km

2 tahun

Banten

Lihat Detail

2021 Honda CITY RS HATCHBACK 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

41.113 km

2 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2017 Honda JAZZ RS 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

47.105 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Liburan Jauh Pakai Mobil Listrik Siapa Takut?

Berita Terbaru

Polisi Janji Tidak Akan Mempersulit yang Mau Buat SIM Baru, Biayanya Juga Murah

Kepala Korps Lalu lintas (Korlantas) Polisi Firman Shantybudi menegaskan, pihak kepolisian tidak akan mempersulit masyarakat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru. "Tidak adanya kesan mempersulit dari anggota untuk transaksi, tapi lebih meningkatkan kemampuan motorik para calon pengemudi sehingga mereka bisa aman ketika berkendara di jalan," ungkap Firman saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, beberapa lalu. Baca juga: Syarat Pembuatan SIM Baru Jadi Tam

Ketahui Perbedaan Chery Omoda 5 RZ dan Z Sebelum Beli

Keberadaan Chery Omoda 5 (Spesifikasi | Berita) di Tanah Air tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya Crossover kompak premium ini selain terlihat mewah, juga memiliki fitur lengkap dan modern. Bukan cuma itu, mobil jenama asal Negeri Tiongkok ini dari segi berkendara terasa responsif dan nyaman. Berhadapan secara langsung dengan produk Jepangan dan Korea seperti Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, Honda HR-V dan Suzuki Grand Vitara, Omoda 5 dihadirkan dalam dua varian, yaitu Z dan RZ. Menyoal

Tiruan Toyota Alphard Weiao Boma Resmi Dijual, Fitur Kosongan Harga Mulai Rp83 Jutaan

Masih ingat Weiao Boma EV yang merupakan tiruan Toyota Alphard dari China? Mobil ini baru saja resmi dijual. Harganya 39.900 yuan atau kira-kira setara Rp83,9 juta dan akan segera dikirm kepada yang telah memesannya. Baca juga: Toyota Alphard Kemahalan? Ini Versi Pahenya, Cuma Rp80 Jutaan! Berikut daftar harga Weiao Boma EV: 130 km Base Trim: 39.900 yuan (Rp83,9 jutaan) 130 km High Trim: 42.900 yuan (Rp90,3 jutaan) 200 km Base Trim: 47.900 yuan (Rp100,8 jutaan) 200 km High Trim: 51.900 yuan (Rp1

Chery Tiggo 8 Pro Resmi Meluncur di Malaysia, Lagi-lagi Lebih Murah dari Indonesia

Bukan hanya Omoda 5, baru-baru ini Chery Malaysia di waktu yang bersamaan juga meluncurkan Tiggo 8 Pro. Jika di Tanah Air mobil ini ditawarkan dalam dua varian, Luxury dan Premium, di Negeri Jiran Chery Tiggo 8 Pro (Spesifikasi | Berita) hanya disuguhkan satu varian saja, yakni Luxury. Menyoal harga, mobil yang masuk dalam kategori Big SUV 7-seater ini di sana dibandrol RM 159.800 atau setara dengan Rp518 juta setelah dikonversikan. Dibandingkan Indonesia, harga untuk pasar Malaysia lebih murah

Tesla Akhirnya Pilih Investasi di Malaysia, Rayuan Luhut Ambyar

Merek mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla akan secara resmi mengepakkan sayap bisnisnya di negeri jiran, Malaysia. Kabarnya, peresmian kehadiran Tesla akan dilakukan pada 20 Juli 2023. Hal ini membuat Malaysia negara ketiga di Asia Tenggara yang secara resmi menjual mobil Tesla, setelah Singapura dan Thailand. Baca juga: Banyak Kasus Kecelakaan, 1,1 Juta Unit Mobil Listrik Tesla Akhirnya Direcall Rencana Tesla masuk pasar Malaysia ini dibarengi dengan munculnya akun Instagram @teslamotorsm

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Wuling Air EV
Lihat