FAQ: 5 Fakta Yang Wajib Diketahui Tentang MG ZS 2020

Tahun 2020 ini memang diwarnai dengan berbagai mobil pendatang baru di Indonesia. Dan salah satu yang juga cukup mendapat banyak perhatian ialah MG ZS. MG ZS merupakan mobil merek Inggris milik Cina yang belum lama ini mengaspal di Indonesia. 

Memang, di Indonesia masih banyak orang yang masih asing dengan brand mobil ini. MG sendiri merupakan singkatan dari Morris Garage, salah satu brand mobil asal Inggris yang terkenal memproduksi mobil-mobil sport sejak tahun 2001.

MG kemudian dialihtangankan ke Cina. Tidak lama berselang, MG pun memperluas pasarnya dengan merambah pasar otomotif di kawasan Asia dan Asia Tenggara pada tahun 2017. Alhasil, nama MG pun semakin dikenal dan MG ZS menjadi salah satu model mobil yang cukup populer. 

MG ZS ini sendiri terdiri atas dua varian berbeda, yakni MG ZS Excite dan MG ZS Ignite. Untuk MG ZS Excite dibanderol dengan harga sekitar Rp255 jutaan, sedangkan MG ZS Ignite dibanderol dengan harga Rp289 jutaan. Mobil ini sendiri digadang-gadang akan menjadi pesaing dari Honda HR-V di Indonesia.

Mengingat mobil ini masih terbilang baru, ada banyak sekali pertanyaan terkait MG ZS. Dan kali ini, Autofun akan membantu menjawab beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan mengenai mobil yang satu ini.

1. Bagaimana Performa dan Efisiensi Bahan Bakarnya?

Untuk mesin dan transmisinya sendiri, MG ZS hanya menawarkan satu pilihan mesin dan satu pilihan transmisi. Baik untuk tipe Excite maupun Ignite, kedua mobil ini sama-sama menggendong mesin 15S4C DOHC 4 Cylinder 16 Valve VTi – TECH dengan kapasitas mesin 1,5 liter (1.498 cc). 

Mesin ini kemudian dipadukan dengan penggunaan transmisi otomatis 4 percepatan yang dilengkapi dengan Manual Mode. Mesin MG ZS bisa menghasilkan tenaga sebesar 112 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi mencapai 150 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm. 

Sedangkan untuk tingkat efisiensi bahan bakarnya, mobil ini bisa dibilang memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Untuk penggunaan dalam kota, mobil ini bisa menempuh jarak 10,1 km/liter, sedangkan untuk penggunaan luar kota jarak yang bisa ditempuh ialah 15,4 km/liter. Kedua varian MG ZS rata-rata menghabiskan sebanyak 5,67 liter bensin untuk jarak 100 kilometer.

2. Apa Saja Fitur Yang Dimilikinya?

Bicara soal fitur, MG ZS memang memiliki fitur yang cukup melimpah, apalagi pada fitur keselamatannya. Untuk fitur keselamatan aktifnya, mobil ini dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Electronic Brake Assist (EBA), Stability Control System (SCS), Curve Brake Control (CBC) dan Traction Control System (TCS). Selain itu, ada pula fitur keselamatan aktif lain seperti Emergency Stop Signal (ESS) dan Tire Pressure Monitor System (TPMS). 

Khusus pada tipe MG ZS Ignite, mobil ini dilengkapi dengan Panoramic Sunroof, Cruise Control, Push Start/Stop Button, Kamera Parkir. Ada pula fitur lampu DRL LED, headlamp otomatis, dan lampu kabut depan. Kedua tipe juga sudah dilengkapi dengan sistem navigasi.

Kemudian untuk fitur keselamatan pasif, mobil ini dilengkapi dengan airbags dan sabuk pengaman depan dengan pretentioner dan limiter, serta fitur Child Safety Locks dan ISOFIX untuk keamanan penumpang anak-anak. Untuk Airbags-nya, MG ZS Ignite juga dilengkapi dengan enam SRS airbags yang ada di bagian depan, samping, dan jendela (curtain). Sementara itu, MG ZS Excite hanya memiliki dua SRS airbags di bagian depan saja. 

Sistem hiburan di dalam kabinnya mengandalkan head unit 2DIN layar sentuh berukuran 8 inci. Head unit ini juga bisa terkoneksi dengan smartphone melalui Android Auto dan Apple CarPlay. 

3. Apakah Mobil Ini Nyaman Dibawa Berkendara?

Bantingan suspensi yang diberikan MG ZS saat berkendara dinilai cukup kaku. Meskipun begitu, karakter bantingan suspensi yang seperti ini bisa menghasilkan daya pengendalian yang lebih baik.

Soal tenaga, meskipun tenaganya cukup besar tetapi hal ini tidak terasa saat berkendara. Ketika pedal gas diinjak pun akan terasa sedikit delay. Hal ini sepertinya disebabkan oleh dimensi dan bobot mobil yang cukup besar. Tetapi yang menjadi kelebihannya adalah kaki-kaki mobil ini yang bisa bermanuver dengan sangat baik di tikungan. 

4. Apakah Suara Bising Terdengar Hingga Ke Dalam Kabin?

Suara bising raungan mesin memang seringkali mengganggu kenyamanan perjalanan. Peredaman suara MG ZS di dalam kabinnya dinilai cukup baik. Tetapi ketika pedal gas diinjak raungan mesinnya sedikit terdengar ke bagian dalam kabin.

5. Bagaimana Soal Biaya Perawatan Mobilnya?

Pihak MG memberi banyak keringanan pada para konsumennya soal biaya perawatan mobil. Setiap pembelian mobil MG ZS akan disertai dengan layanan yang disebut dengan MG Care yang mencakup garansi kualitas produk selama 5 tahun tanpa batasan kilometer, terhitung dari tanggal pengiriman kendaraan baru kepada pemilik pertama. Pihaknya juga menggratiskan biaya jasa untuk perawatan reguler sampai dengan 50.000 km atau sekitar 4 tahun, sehingga biaya perawatan bisa lebih murah. 

Kesimpulan

Berdasarkan jawaban dari beberapa pertanyaan seputar MG ZS yang sering diajukan oleh para konsumen, MG ZS memang bisa dibilang sebagai mobil yang patut diperhitungkan. Meskipun ada sedikit ketidaknyamanan akibat suspensi yang agak kaku, tetapi hal ini terbayar kemampuan bermanuver yang baik dan berbagai fitur yang melimpah. 

Soal performanya, tenaga yang dihasilkan juga cukup baik, dan efisiensi bahan bakar yang dimiliki mobil ini pun cukup tinggi. Tidak hanya itu, keuntungan yang bisa diterima oleh para konsumen terkait dengan biaya perawatan juga membuat mobil ini sulit ditolak. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia....

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

MG ZS

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 248,00 Juta
Rp 5,05 Juta/bln

9.027 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

NEW MG ZS REVIEW - Mobil SUV 200jtan - Road to IIMS 2022

ALL NEW MG ZS - ADS

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • MG ZS
    Rp 261,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    ZS vs Rush
  • MG ZS
    Rp 261,80 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    ZS vs XL7
  • MG ZS
    Rp 261,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    ZS vs Raize
  • MG ZS
    Rp 261,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    ZS vs Almaz
  • MG ZS
    Rp 261,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    ZS vs Terios
MG ZS
Lihat