Transmisi Manual Makin Tersisih, Ini Alasan Mobil Baru Kebanyakan Menggunakan Transmisi Matic

Mobil-mobil baru hadir mengusung segudang teknologi yang mutakhir, salah satunya ialah hadirnya transmisi otomatis atau matic dari berbagai jenis. Transmisi matic jelas memanjakan para pengendara mobil, karena tak lagi harus setengah kopling dan mengimbangi injakan gas saat start awal. 

Kini, transmisi manual semakin ditinggalkan oleh masyarakat dan kurang relevan dalam kondisi sekarang. Transmisi matic saat ini menyuguhkan efisiensi lebih baik serta lebih praktis dalam pengoperasiannya. Tidak heran bila semakin lama pembeli mobil meninggalkan transmisi manual.

Baca juga: 

3 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Transmisi Matic Mobil, Hindari!

5 Fakta Penting Toyota Agya E, Tipe Bawah yang Pakai Transmisi Matic

Ciri Transmisi Matic di Mobil Perlu Perbaikan, Seperti Apa?

Saat ini transmisi manual mulai ditinggalkan, dan berganti dengan model otomatis, entah CVT, DCT, atau otomatis konvensional dengan torque converter. Untuk transmisi manual dengan pedal kopling hanya tersedia di segelintir model saja, entah itu tipe terbawah atau juga mobil balap yang butuh akselerasi cepat.

1. Kondisi Macet Semakin Parah dan Harus Stop and Go Dengan Sigap 

Situasi yang ada saat ini, hanya masyarakat di luar Jabodetabek yang lebih menyukai transmisi manual. Perpindahan gigi dengan memanfaatkan pedal kopling ini tampaknya kurang efektif dengan situasi modern yang serba praktis. 

Kondisi lalu lintas di kota besar cenderung sering macet yang membuat orang ogah repot main kopling untuk stop and go. Bisa kalian bayangkan, betapa repotnya mengendarai  mobil transmisi manual di lokasi yang terlalu banyak polisi tidur. Kita dituntut pindah gigi 2–1–2 terus menerus.

Dalam kondisi real, sebenarnya mobil matic ini cenderung lebih laku di kota besar yang sering menghadapi kemacetan. Jadi untuk zaman sekarang, menyetir mobil harus nyaman. Dengan situasi lalu lintas di kota kecil yang masih lengang, sebenarnya mengendarai mobil manual juga relatif nyaman kok.

2. Mobil dengan Transmisi Matic Konvensional tak Kalah Perkasa di Jalan Curam

Hal yang membuat sebagian pengguna mobil manual akhirnya hijrah ke matic ialah soal kemampuannya yang tak kalah perkasa. Hal ini hanya ada pada transmisi manual konvensional, baik itu dengan torque converter ataupun dual clutch. Alasannya, transmisi tersebut tersedia mode gigi 1-2 dan 3 kemudian drive. 

Pada dasarnya pengoperasian mobil dengan transmisi manual lebih sulit ketimbang mobil matic. Contoh kasus ketika terjebak macet di tanjakan, mengemudi mobil manual harus menginjak pedal rem sesegera mungkin dan mengatur pedal kopling agar mobil tidak mundur.

Pengemudi mobil manual harus kembali menyeimbangkan pedal kopling dan gas. Sedangkan mobil matik hanya perlu pindah ke pedal gas.

Sama seperti di transmisi manual, transmisi matic konvensional bisa melahap tanjakan maupun turunan yang relatif curam dengan mudah. Kita cukup pindahkan ke mode 2 atau 1 kalau pake matic.

3. Transmisi Matic Bikin Konsumsi BBM Tak Kalah Efisien

Karena beberapa fakta di atas, mendorong animo konsumen terhadap mobil bertransmisi otomatis terus meningkat. Tidak heran bila hampir semua pabrikan mobil di Tanah Air kini jika meluncurkan produk baru pasti menghadirkan dua pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis.

kaki kiri bisa “beristirahat” karena tidak perlu bekerja seperti meninjak kopling di mobil manual ketika ingin mengganti gigi dan menginjak pedal gas. Sistem komputerisasi di transmisi otomatis memudahkan sesesorang untuk mengemudikan mobil tanpa harus terus memikirkan kapan memindahkan tuas gigi ke angka 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.

Sistem perpindahan gigi di transmisi otomatis bisa mengatur perpindahan gigi agar konsumsi bahan bakar tetap efisien. Selama tidak melakukan kickdown, perpindahan gigi dilakukan di putaran rendah yang mirip seperti di mobil manual.

Sebagai contoh di motuba Eropa semisal BMW E36, transmisi matic di mobil tersebut sudah cukup pintar untuk mengatur perpindahan gigi di putaran yang tidak terlalu tinggi. Berdasarkan pengalaman kami yang sempat menggunakan mobil tersebut, transmisi cukup cepat berpindah ke gigi 4 ketika melaju santai dengan kecepatan di atas 60 km/jam. 


 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Mobilio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil