Kebiasaan Sopir Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin, Terbukti Bikin Lebih Penuh?

Kebiasaan buruk sebagian pengemudi saat isi bensin yaitu menggoyangkan mobil.

Di kalangan masyarakat seringkali beredar mitos seputar isi bensin. Kita tidak jarang melihat pengemudi mobil tua, motor atau sopir taksi goyangkan kendaraannya saat mengisi BBM dan seringkali viral di sosial media. 

Menurut mereka cara ini bisa bikin bensin lebih penuh di dalam tangki. Apakah dengan cara menggoyangkan mobil ini mitos atau fakta?

Hal ini bisa jadi seperti mitos yang terdengar masuk akal. Pasalnya dengan menggoyangkan mobil, mereka beranggapan bisa membuat bensin yang masuk ke dalam tangki menjadi optimal. 

Baca juga:

Dampak Negatif Isi Bensin Mobil Terlalu Penuh, Seberapa Bahaya?

Mitos Isi Bensin di Waktu Siang Hari Terasa Lebih Boros? Ini Alasan Logisnya

Mobil Terlanjur Salah Isi BBM, Begini Penanganan dan Dampak Negatif Jika Dibiarkan

Mereka berangapan, udara yang masih tertinggal di dalam tangki bisa cepat keluar dengan menggoyangkannya. Mungkin terlihat logis, tapi pada kenyataannya tidak benar seperti itu.

Goyangkan Mobil Saat Isi Bensin Memicu Kebakaran?

Tindakan goyangkan mobil saat isi bensin bisa jadi pemilu terjadinya kebakaran.

Perlu kalian ketahui, ternyata tindakan goyangkan mobil saat isi bensin ini bahaya. Sebab, saat digoyang-goyang bisa jadi pemilu terjadinya kebakaran di bagian tangki bensin. 

Saat menggoyang-goyangkan mobil waktu kita mengisi bensin, justru meningkatkan kemungkinan terjadinya gesekan antara nozel dengan lubang intake tangki. 

Bukan tidak mungkin terjadi gesekan dan ada listrik statis di lubang tutup tangki di karena berbahan plat besi. Insiden kebakaran akibat menggoyangkan motor atau mobil ini pernah terjadi. Percikan nosel dan uap bensin inilah yang jadi penyebab kebakaran saat terkena bensin. 

Meminta ke Petugas Pengisian di SPBU Agar Menuangkan Bensin Lebih Lambat

Kita cukup meminta petugas SPBU untuk mengatur kecepatan nosel bensin.

Jadi bila ingin pengisian bensin lebih optimal, kita cukup meminta petugas SPBU untuk mengatur kecepatan nosel bensin jadi cukup lambat. Jadi, tidak muncul buih selama pengisian, supaya bensin bisa terisi lebih penuh. 

 

Hal penting lainnya, kita perlu menghindari mengisi BBM hingga terlalu penuh. Apalagi hingga meluber keluar dari lubang tangki. 

Bila sudah terlanjur luber, sebaiknya segera bersihkan dengan lap hingga benar-benar kering. Bensin yang meluber bisa merusak cat mobil bila sering dilakukan berulang kali.

Menggoyang-goyangkan Mobil Perbuatan yang Sia-sia

tidak ada perbedaan saat mobil sedang mengisi BBM pakai digoyang-goyang atau tidak.

Hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang saat mengisi bahan bakar adalah menggoyangkan mobilnya agar bahan bakar yang masuk bisa terisi rata ke dalam ruang separator-separator tangki. 

Padahal, cara tersebut tidak perlu dilakukan karena bagaimana pun juga bahan bakar tersebut akan secara otomatis terisi ke dalam setiap ruang separator akibat adanya passage di setiap separator tersebut. 

Seperti telah dijelaskan di atas, menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bensin perbuatan yang nirfaedah. Lihat saja pengemudi truk atau bus, mereka pasti tidak melakukan hal tadi. Alasan lainnya selain juga karena ukuran mobilnya sangat besar. 

Perlu kalian ketahui, faktanya tidak ada perbedaan saat mobil sedang mengisi BBM pakai digoyang-goyang atau tidak. Menurut hukum fisika, benda cair akan mengisi ke ruang yang kosong. Maka tindakan para sopir yang menggoyang-goyangkan mobil jadi buang energi.

Alasan Mobil Tua Kadang Perlu Digoyang-goyang saat Isi Bensin

Mobil modern biasanya sudah dilengkapi sistem ventilasi yang lebih baik pada tangki

Mungkin saja pada beberapa mobil lawas cara ini memang perlu dilakukan dan bisa mempercepat proses pengisian BBM. Ini diakibatkan adanya udara yang terjebak dalam tangki dengan nosel tangki yang berukuran kecil. 

Namun, mobil modern biasanya sudah dilengkapi sistem ventilasi yang lebih baik pada tutup lubang pengisian BBM-nya. Ventilasi ini memungkinkan udara yang ada di dalam tangki akan keluar dengan sendirinya terdorong tekanan dari BBM yang sedang diisi. 

Untuk kasus di mobil tua, penyebabnya mungkin karena ventilasinya tersumbat. Bisa jadi, karena usia mobil cukup tua dan kurang perawatan maka saluran ventilasi udara mampet. 

Akibat lubang ventilasi tertutup, entah tersumbat kotoran atau faktor lain, maka sirkulasi udara saat pengisian tidak lancar. Ini membuat udara di didalam tangki terjebak sehingga hanya mengandalkan lubang ventilasi dari pengisian saja. 

Kesimpulan

Seringkali, mitos yang muncul di kalangan pengendara ini didasarkan pada hal yang dianggapnya masuk logika. Ini membuat mitos seolah masuk akal sehingga terus dilakukan sekalipun itu pada faktanya juga ngawur.

Pabrikan mobil pun tentunya sudah memikirkan dan merancang sebuah kendaraan yang cukup praktis ketika kita gunakan. Berdasarkan penelitian dan fakta pun sudah terbukti kalau goyangkan mobil saat isi bensin tidak berfaedah dan bahkan berisiko menimbulkan kebakaran.

Jadi, sudah tahu kalau menggoyang-goyangkan mobil saat isi bensin ini mitos kan? 

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Veloz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Trik Saat Mobil Alami Rem Blong, Rem Tangan Jadi Solusi Darurat

Situasi rem blong menjadi momok menakutkan bagi setiap pengendara. Ini karena saat rem tak berfungsi semestinya, membuat mobil jadi sulit dihentikan. Saat rem ngeloss, kita perlu menghadapi situasi darurat tersebut dengan cekatan agar tidak celaka. Kondisi rem yang blong kadang terjadi di luar prediksi kita. Penyebabnya bisa karena sistem pengereman yang kurang perawatan, hingga kampas rem yang overheat sehingga tidak bisa mencengkram dengan baik. Saat menghadapi turunan panjang, mobil juga rent

Harga Honda CR-V Gen 6 Makin Mahal, Mazda CX-5 2023 Jadi Alternatif Cerdas

Honda CR-V generasi keenam telah resmi diperkenalkan pada publik tanah Air di ajang GIIAS 2023 lalu. CR-V hadir dalam varian 1.5 turbo dan 2.0 Hybrid, dan harganya kini semakin meroket. Bayangkan saja, untuk CR-V 1.5 Turbo diniagakan Rp739,9 juta OTR Jakarta. Dengan harga segitu mahal, kalian bisa membeli Mazda CX-5 tipe AWD yang dijual seharga Rp705.000.000. CX-5 AWD merupakan tipe teratas, dan punya fitur tak kalah mentereng. Tentunya, Mazda juga terkenal memiliki built quality jempolan, terma

Takut Kena Tilang? Ini Daftar Lokasi dan Harga Uji Emisi di Jakarta

Tak sedikit pemilik kendaraan bermotor harus mengalami nasib nahas, karena terjaring razia uji emisi kendaraan yang mulai digelar 1 September 2023. Masalahnya, jika sebuah mobil tidak lulus uji emisi akan terkena sanksi tilang dengan denda Rp250.000 hingga Rp500.000 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Baca juga: Biar Gak Kena Tilang Rp500 Ribu, Cek Lokasi Razia dan Batas Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Landasan hukumnya mengacu pada pada Pasal 2

Harga di Atas Rp1 Miliar, Cicilan Toyota RAV4 GR Sport PHEV Setiap Bulannya Setara Honda Vario

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan harga jual Toyota RAV4 (Spesifikasi | Berita) GR Sport PHEV di GIIAS 2023 kemarin setelah sebelumnya diperkenalkan di ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) pada Maret lalu. Sebagai Premium SUV dengan mengusung teknologi elektrifikasi yang efisien sekaligus dan ramah lingkungan, RAV4 GR Sport PHEV hadir dalam satu varian yang dibandrol Rp1.150.000.000 OTR Jakarta. Membawa DNA sporty Gazoo Racing (GR) yang dikombinasikan teknologi elektrifikasi Plug-in Hyb

Hati-hati Ada Operasi Zebra 2023 Sampai 17 September, Jangan Lupa Bawa SIM dan Pakai Seat Belt

Operasi Zebra 2023 mulai digelar hari ini (04/09/2023) selama 14 hari hingga 17 September 2023 diseluruh wilayah operasional Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri). Namun dalam Operasi Zebra 2023 kali ini, para personil yang bertugas tidak akan melakukan tilang manual, melainkan menindak menggunakan tilang elektronik. Baca juga: Takut Kena Tilang? Ini Daftar Lokasi dan Harga Uji Emisi di Jakarta Satu wilayah yang juga ikut melakukan Operasi Zebra adalah Satlantas Polre

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil