Pria Asal Solo Ini Sekarang Orang Nomor Satu di TMMIN

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kini kembali diemban orang Indonesia asli yaitu Nandi Julyanto, menggantikan Warih Andang Tjahjono. 

Saat menjabat jadi orang nomor satu di TMMIN, Warih turut jadi saksi pergeseran-pergeseran industri otomotif dari mesin konvensional hingga era elektrifikasi.

Ia pun menargetkan Toyota Indonesia sebagai basis produksi dan ekspor global kendaraan elektrifikasi, termasuk komponennya seperti baterai.

Baca juga: Toyota Indonesia Punya Bos Baru dari Vietnam, Ini Targetnya Buat Pasar Domestik

Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kini dpimpin Nandi Julyanto. (Foto: Toyota)

Meski masa jabatannya telah berakhir, namun Warih berharap impian tersebut akan terus dilanjutkan oleh penggantinya.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung TMMIN selama saya menjabat sebagai Presiden Direktur, semoga dukungan kepada TMMIN ini terus berlanjut," ungkap Warih.

Kini, sosok Nandi Julyanto diangkat jadi kepala pimpinan di TMMIN, dan tongkat estafet beserta visi misi strategi penting akan berlanjut.

Baca juga: Toyota Indonesia Tak Lagi Ekspor Yaris, Akibat Ada Innova Zenix?

Nandi Julyanto sebelumnya menjadi Wakil Presiden TMMIN (kiri) (Foto: Toyota)

Maklum, sebelum status Nandi yang kini berada di level paling atas per 1 Juli 2023, dia merupakan Wakil Presiden Direktur TMMIN, dan dipastikan beliau kerap bersama di berbagai moment. 

Menurut Nandi, menjadi orang Indonesia yang memimpin lebih dari 8.000 SDM TMMIN, merupakan sebuah amanah dan tanggung jawab yang besar. 

"Kedepannya, TMMIN bertekad untuk terus berkontribusi di industri otomotif nasional dengan mengembangkan lebih banyak lagi produksi lokal kendaraan berteknologi elektrifikasi yang lebih beragam beserta komponennya termasuk baterai yang menjawab kebutuhan keluarga Indonesia hingga konsumen mancanegara yang beragam," ujar Nandi.

Baca juga: Setelah Innova Zenix, Toyota Indonesia Mau Bikin Mobil Hybrid Lain yang Lebih Murah?

Bob Azam dan Nandi Julyanto menyerahkan hadiah untuk pemenang Toyota Eco Youth (TEY) pada tahun 2022 (Foto: Toyota)

Selain Nandi yang mengalami karir gemilang, adalah Bob Azam. Karir dia juga semakin bersinar, karena dari Direktur Administrasi, Corporate, & External Affairs, Technical Government Affairs, kini menjadi Wakil Presiden TMMIN.  

Kehadiran dua anak bangsa menjadi nahkoda baru TMMIN. Harapannya tentu saja dapat semakin memperkuat dan meningkatkan kontribusi Toyota Indonesia pada industri otomotif nasional, yang lebih dari 50 tahun telah tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. 

Warih Andang Tjahjono Pria Indonesia Pertama Jadi Presdir TMMIN

Warih Andang Tjahjono

Perlu diketahui, sosok Warih yang menjadi pemimpin perusahaan manufaktur global cukup mengharumkan nama bangsa, karena dirinya jadi Presiden Direktur lokal pertama afiliasi manufaktur Toyota di Asia Pasifik.

Pria kelahiran Solo, 11 Juli 1963 ini, ternyata mampu mengemban tugasnya dengan baik, hal ini terlihat dari berbagai pencapaian dan sejarah baru ditorehkan Toyota Indonesia. 

Nah, beberapa pencapaian saat berada di bawah nahkodanya seperti pencapaian 2 juta unit ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota, ekspor perdana ke Australia dan produksi serta ekspor kendaraan elektrifikasi HEV, Kijang Innova Zenix Hybrid dan Yaris Cross Hybrid yang termasuk didalamnya perakitan lokal baterai untuk kendaraan elektrifikasi di pabrik TMMIN.

Targetkan Indonesia bergerak ke rarah elektrifikasi

Warih yang merupakan lulusan Teknik Kimia, Universitas Diponegoro Semarang, telah menjabat Presiden Direktur TMMIN mulai 1 April 2017-30 Juni 2023.

Di bawah kepemimpinannya, Warih juga telah melakukan beberapa terobosan lainnya seperti pengembangan Sumber Daya Manusia, pengembangan kemampuan manufaktur termasuk penguatan kedalaman industri, serta memenuhi kebutuhan pelanggan melalui produk baru di pasar domestik dan juga ekspor.

Warih Andang Tjahjono (tengah) saat hadir dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2018 (Foto: Toyota)

"Pencapaian TMMIN dalam 6 tahun ke belakang adalah berkat kerjasama dan dukungan penuh Pemerintah Indonesia terhadap industri otomotif, juga semua pelanggan kami, PT Toyota-Astra Motor, para pemasok lokal dan jaringan distribusi Toyota Indonesia serta seluruh karyawan TMMIN," sambungnya.

Selama menjabat pucuk pimpinan, Warih  yang memulai karir pertama di Toyota sejak tahun 1989 ini juga memantapkan posisi Indonesia sebagai salah satu basis produksi dan ekspor kendaraan Toyota di kawasan Asia Pasifik.

Terima kasih Warih Andang Tjahjono!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Lanjut membaca

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Kia Sonet

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 150,00 Juta
Rp 3,06 Juta/bln

12.503 km

2 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3 tahun

Jawa Barat

Lihat Rincian

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Harga Cuma Rp71 Jutaan, Daihatsu Ayla Gen 1 di Malaysia Ludes Terjual 2.500 Unit Hitungan 48 Jam!

Daihatsu Ayla (Spesifikasi | Berita) gen 1 dengan nama Perodua Axia hingga kini masih dijual di Malaysia. Di sana mobil ini menyandang status sebagai mobil baru termurah. Hanya ditawarkan satu varian, yakni Axia E, kehadiran mobil ini di Negeri Jiran ditujukan kepada keluarga yang memiliki jumlah anggota 3 orang atau lebih. Hal ini dilakukan supaya mereka beralih dari penggunaan sepeda motor ke mobil dengan alasan kenyamanan dan keamanan. Karena menyasar segmen menengah ke bawah, untuk harga Axi

Termurah Rp165,9 Juta, Toyota Agya 2023 di Filipina Dapat Spek Mesin Lawas

Toyota Motor Philippines (TMP) secara resmi mengonfirmasi akan meluncurkan Toyota Agya (Spesifikasi | Berita) 2023 dengan nama Toyota Wigo pada 14 Juli mendatang. Meski begitu nama Wigo sendiri sudah terpampang secara jelas di laman web Toyota Filipina. Terlihat sama persis dengan Agya yang diluncurkan secara World Premier di Indonesia pada Februari 2023, yang membedakannya dengan di Tanah Air ialah setir kiri, penyematan emblem Wigo, beberapa spesifikasi serta varian. Baca juga: Honda Brio Masi

0-100 Km/Jam Nggak Sampai 4 Detik, MG4 XPower Jadi Mobil Listrik Terbuas MG!

MG4 XPower 2023 menjadi mobil listrik paling kencang yang pernah dibuat oleh MG. Untuk peluncurannya akan dilakukan di Inggris pada pertengahan bulan ini. Disebutkanbahwa MG4 XPower nantinya bakal ditawarkan mulai dari £36.495 atau sekitar Rp704,6 juta setelah dirupiahkan. Sebagai hatchback full listrik, mobil ini dibekali dengan 2 motor listrik bertenaga 201 Hp dan 228 Hp, yang secara total tenaga maksimalnya mencapai 429 Hp serta torsi sebesar 600 Nm. Baca juga: Harga Resmi MG4 EV Mulai Rp649,

Ini Pesona Toyota Rush yang Bikin Selalu Jadi Low SUV Paling Diminati

Toyota Rush saat ini masih jadi mobil kategori Low SUV di Indonesia yang terlaris. Padahal Rush cukup mendapat perlawanan dari berbagai kompetitornya yang menawarkan model baru. Perlu diketahui, Rush yang dijual saat ini melalui jaringan dealer resmi Toyota adalah generasi kedua yang diperkenalkan sejak 2016. Generasi pertamanya lahir pada tahun 2006 yang dikenal dengan nama Rush Konde. Saat itu Toyota Rush kapasitas penumpangnya hanya 5 orang dan tempat duduknya masih memakai material fabric be

3 Kelemahan Mercedes-Benz A-Class, Disukai Mamah Muda Tapi Dibenci Mekanik

Mercedes-Benz A-Class jadi mobil mercy yang cukup kontroversial. Steve Mattin selaku desainer A-Class generasi pertama menggarap city car ini benar-benar berbeda dibanding desain Mercedes-Benz sebelumnya yang menonjolkan kemewahan. Keseluruhan desain mobil dengan kode body W168 tersebut bergaya membulat yang dirancang kompak. Tim desainer Mercedes-Benz merancang A-Class W168 dengan konsep sandwich. Sandwich body adalah skema rancang bangun mobil dimana mesin diletakkan pada sedikit titik dengan

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil