window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Setelah Innova Zenix, Toyota Indonesia Mau Bikin Mobil Hybrid Lain yang Lebih Murah?

Herdi · 22 Nov, 2022 15:03

Setelah Innova Zenix, Toyota Indonesia Mau Bikin Mobil Hybrid Lain yang Lebih Murah? 01

  • Toyota Kijang Innova Zenix jadi model pertama elektrifikasi Toyota yang dirakit di Indonesia.
  • Toyota Indonesia akan tambah kendaraan electric vehicle (EV) buatan dalam negeri.
  • Pertanda akan muncul Toyota Veloz Hybrid dan Fortuner Hybrid?

Toyota Innova Hybrid resmi meluncur di Indonesia, Senin (21/11/2022). Itu berarti menambah daftar mobil hybrid di Tanah Air, khususnya di keluarga Toyota. 

Ya, Innova Zenix Hybrid jadi pendatang baru di model elektirifkasi Toyota. Sebab mobil dengan mesin bensin plus motor elektrik dan baterai itu dijual mulai dari Rp458 juta sampai Rp611 juta.

Baca juga: Dirakit di Indonesia, Toyota Kijang Innova Zenix 2023 dengan Teknologi Hybrid Resmi Meluncur

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ada Mobil Hybrid Lain yang Lebih Murah dari Toyota Innova Hybrid?

Setelah Innova Zenix, Toyota Indonesia Mau Bikin Mobil Hybrid Lain yang Lebih Murah? 01

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid World Premiere di Jakarta

Lantas dengan diproduksinya Innova Zenix tipe hybrid, apakah Toyota Indonesia akan menghadirkan lebih banyak mobil hybrid termasuk yang harganya lebih murah?

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjonopun angkat bicara. Meski tak menampik, tapi ada sinyalemen jika TMMIN bakal memproduksi mobil hybrid Toyota berikutnya.

Dia hanya mengatakan,"Bismillah Aamiin" saat beberapa awak media menanyakan strategi elektrifikasi Toyota Indonesia di masa depan.

Kendati begitu, Warih tak membantah jika di kemudian hari Toyota Indonesia akan membuat kendaraan Electric Vehicle (EV) lainnya. 

Toyota Veloz digadang-gadang kan jadi mobil EV selanjutnya, pakai Hybrid atau jadi mobil listrik?

Toyota Veloz digadang-gadang akan jadi mobil hybrid selanjutnya

Bahkan saat ditanya apakah Toyota Indonesia akan membuat mobil hybrid yang lebih murah Innova Zenix, Warih tidak mau berkomentar banyak. "Aamiin, kita akan continue produce EV lokaly. Banyak model," ucap Warih saat itu.

Tentu saja ini masih menjadi tanda tanya perihal EV yang dibuat secara lokal. Apakah yang dimaksud adalah mobil hybrid atau Hybrid Electric Vehicle (HEV) atau mobil listrik berbasis Baterai atau Battery Electric Vehicle (BEV).

Baca juga: Toyota Ngomel Mobil Hybrid Dianggap Bukan Kendaraan Listrik, Pemerintah Jepang Akhirnya Revisi Kebijakan

Toyota Global Ubah Strategi Kendaraan Listrik

Toyota bZ4X

Mobil listrik Toyota bZ4X

Sebelumnya disebutkan, bahwa Toyota global sedang melakukan perubahan strategi bisnisnya perihal pengembangan mobil listrik. Konon hal ini dilakukan agar raksasa otomotif Jepang ini semakin bisa bersaing di pasar otomotif khususnya kendaraan listrik.

Bahkan, beberapa waktu lalu sejumlah tim Toyota dikabarkan sedang menyusun rencana baru agar dapat meningkatkan platform e-TNGA EV yang sudah ada atau membuat platform kendaraan listrik terbaru yang akan mulai dilakukan awal tahun depan.

Disebutkan improvement Toyota global ini dilakukan mengingat penjualan mobil listrik berkembang lebih cepat dari yang diperkirakan Toyota.

Baca juga: Takut Makin Ketinggalan, Toyota Ubah Strategi Pengembangan Mobil Listriknya, Ingin Kejar Tesla?

Setelah Innova Zenix, Toyota Indonesia Mau Bikin Mobil Hybrid Lain yang Lebih Murah? 04

Bakal banyak mobil EV Toyota

Nah, apakah strategi Toyota global untuk mempercepat kendaraan listrik ini juga diterapkan pada Toyota Indonesia? Ehm, hal ini memang masih menjadi tanda tanya karena Toyota Indonesia belum mau memberikan informasi secara gamblang.

Namun yang pasti, saat Toyota Indonesia menghadirkan mobil-mobil baru berteknologi hybrid, disisi lain, beberapa merek mobil seperti Hyundai dan Wuling justru langsung menjual mobil listrik yang harganya lebih terjangkau. Seperti Hyundai Ioniq dan Wuling Air EV.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia