Jangan Keliru, Ini Perbedaan Daihatsu Charade Winner dan Charade Classy

Berburu mobil lawas era 90-an memiliki suatu keunikan tersendiri. Ini karena saat itu cukup beragam model yang tersedia, dan dibangun dari basis serupa. Contohnya yaitu Daihatsu Charade yang terbagi sebagai Charade Winner dan Charade Classy.

Untuk membedakan kedua model ini cukup mudah. Untuk Charade Winner berwujud hatchback dan untuk Charade Classy berwujud sedan. Namun demikian, tentu tak sesederhana itu perbedaan antara kedua model tadi.

Baca juga:

5 Hal Menarik Daihatsu Charade Winner, Mobil Mungil yang Gampang Dioprek

Yaris Bakpao Pernah Dijual dengan Nama Daihatsu Charade, Intip Spesifikasinya

Kelebihan dan Kelemahan Daihatsu Taft Rocky, Masih Tangguh di Usia yang Hampir Sepuh

Pastinya ada beberapa penyesuaian teknis saat sebuah hatchback digunakan sebagai basis mobil sedan. Lantas apa saja perbedaan yang ada dari Daihatsu Charade Winner dan Charade Classy? Berikut ini ulasannya.

Daihatsu Charade Winner, Hatchback yang Pamornya Kalah Dari Toyota Starlet

Charade Winner G100 adalah varian Daihatsu Charade hatchback terakhir yang dijual Astra Daihatsu Indonesia pada tahun 1987 hingga 1993. Mobil ini disebut juga dengan nama Charade kapsul atau Charade bakpao Karena bentuknya yang lebih membulat.

Dalam sejarahnya, Charade Winner adalah versi facelift dari Charade CX dimana Charade Winner mendapat mesin baru yang digunakan oleh Zebra. Sejak era Daihatsu Charade Winner telah dilengkapi dengan power window, power steering, hingga central lock.

Dikutip dari laman Mobil Motor Lama, Daihatsu Charade Winner memiliki dimensi sebagai berikut:

Wheelbase    2.339,3 mm
Panjang        3.680,5 mm
Lebar        1.615,4 mm
Tinggi        1.384,3 mm

Untuk mesinnya berkode HC-C SOHC 1300cc 4 silinder dengan bore x stroke 76.0 X 71.4 mm. Mesin berteknologi SOHC 16valve, dapat menghasilkan tenaga 89 Hp pada 6500rpm dan torsi 105Nm pada 4000rpm.

Agak disayangkan penjualan Daihatsu Charade di Indonesia terbilang kurang memuaskan karena kalah saing dari Toyota Starlet. Kondisi tersebut membuat Charade Winner dihentikan produksinya pada tahun 1993.

Daihatsu Charade Classy, Sedan yang Kiprahnya Cukup Lama

Dalam keluarga Charade, Daihatsu juga merilis Charade Classy G102 sebagai varian sedan dari Daihatsu Charade Winner G100 pada 1990. Charade Classy didesain oleh  Hiroshi Aoki dan Hideyuki Ueda yang bekerja sebagai chief stylist di Daihatsu. 

Soal mesin, ada kesamaan antara Charade Classy dan Charade Winner yaitu didukung mesin 1300cc Daihatsu seri HC-C 4 silinder 16 valve. Selain beda wujud, ada beberapa upgrade yang dilakukan oleh Daihatsu pada Charade Classy yang membuatnya cukup proporsional sebagai small sedan.

Daihatsu Classy diproduksi pertama kali pada tahun 1990 sampai stop produksi tahun 1998. Awalnya, Daihatsu sama sekali tidak memproduksi kendaraan sedan. Mengingat banyaknya permintaan dari pasar sedan di era 90-an di seluruh dunia, akhirnya mendorong Daihatsu untuk memulai proyek ini.

Cara ini ditempuh karena dianggap paling mudah dengan mengembangkan platform hatchback yang sudah ada menjadi sebuah sedan, sehingga biaya pengembangan dapat dipangkas. Charade Classy membawa seluruh spesifikasi Charade hatchback, baik itu mesin, eksterior, interior, fitur elektrikal, dan tentunya dengan penambahan bagasi.

Daihatsu Charade Classy sebagai pendatang baru saat itu, sudah memiliki fitur yang terbilang canggih untuk sebuah sedan kompak. Menariknya lagi mobil ini juga dijual lebih murah, sehingga sukses bersaing dengan para kompetitor.

Fitur modern yang ada di Daihatsu Charade Classy ini antara lain power steering, power window dan central lock. Spion Daihatsu Charade Classy juga sudah dilengkapi dengan electric mirror. Pada sistem pengereman, bagian depan mengandalkan disc brake atau rem cakram sedangkan bagian belakang masih tromol. 

Perjalanan Daihatsu Charade Classy

Pertama kali muncul, Daihatsu Classy hadir dalam varian velg racing 13 inch 5 palang dan ada juga yang hanya dilengkapi dengan velg kaleng. Kemudian ada tahun 1994 Daihatsu melakukan facelift terhadap Classy dengan nama Classy Pro, dengan penambahan spoiler belakang dan grill berubah menjadi model jaring. 

Facelift terakhir Daihatsu Classy terjadi pada tahun 1996 yang disebut juga dengan nama Classy Royal. Perbedaanya dengan Classy Pro hanya pada pemakaian material jok kulit dan warna body 2 tone.

Produksi Charade Classy dihentikan pada tahun 1998 dan sama sekali tidak dilanjutkan. Sampai pada akhirnya Daihatsu kembali merilis hatchback dalam sosok Sirion pada 2007.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Honda MOBILIO E 1.5

Rp 172,00 Juta
Rp 3,50 Juta/bln

18.533 km

4,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2022 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 149,00 Juta
Rp 3,04 Juta/bln

5.751 km

1 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 152,00 Juta
Rp 3,10 Juta/bln

15.855 km

2,5 tahun

Jakarta

Lihat Detail

2020 Honda BRIO SATYA E 1.2

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

16.096 km

3 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2021 Toyota AGYA GR SPORT 1.2

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

14.892 km

2 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Toyota Transmover 2023 Ternyata Sudah Dipersiapkan, Fiturnya Bikin Penumpang Taksi Makin Nyaman

Toyota Transmover 2023 sepertinya akan menggantikan Avanza Transmover generasi sebelumnya. Namun sama seperti Transmover terbaru ini tetap akan menjadi kendaraan armada taksi beberapa operator seperti Blue Bird, Express, atau Gamya. Baca juga: Setelah 12 Tahun, Daihatsu Stop Produksi Xenia RWD, Toyota Transmover Juga? Sejak tahun 2017, Toyota memang sudah menggantikan Vios Limo sebagai unit armada taksi dengan Avanza Transmover. Produk ini mengambil basis dari Toyota Avanza generasi kedua yang k

Viral Terpal Nyangkut di Gardan Mobil, Nyaris Bikin Terguling

Penggunaan terpal pada mobil saat mengangkut barang berlebih memang sangat berbahaya. Karena bisa saja terpal tersebut lepas dari ikatannya dan terbang mengenai kendaraan lain, apalagi kalau mobil tengah dipacu dengan kecepatan tinggi di jalan tol. Kejadian seperti ini rupanya sudah beberapa kali jadi kenyataan, yang terbaru diperlihatkan akun Instagram @wj_adventure. Baca juga: Viral Mitsubishi Pajero Sport Pakai Strobo Pepet Toyota Calya di Tol Terpal Terlilit ke Gardan Mobil Unggahan video 15

Geely Punya SUV Baru Penantang Honda CR-V Turbo, Pakai Platform Volvo

Ini adalah Geely Boyue L Glory Edition, sebuah SUV baru dari pabrikan China, Geely yang masuk segmen SUV medium. Ya, pasar SUV berukuran medium rasanya akan semakin ramai oleh sejumlah pabrikan Tiongkok. Baca juga: Brand Mobil China GWM Tunjuk Konsorsium Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia Kalau di Indonesia, kelas ini dihuni Honda CR-V, Nissan X-Trail, sampai Chery Tiggo 8 Pro. Balik lagi soal SUV terbaru Geely, mobil ini hanya ditawarkan dalam satu varian yang harganya 128.

Polisi Janji Tidak Akan Mempersulit yang Mau Buat SIM Baru, Biayanya Juga Murah

Kepala Korps Lalu lintas (Korlantas) Polisi Firman Shantybudi menegaskan, pihak kepolisian tidak akan mempersulit masyarakat dalam pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru. "Tidak adanya kesan mempersulit dari anggota untuk transaksi, tapi lebih meningkatkan kemampuan motorik para calon pengemudi sehingga mereka bisa aman ketika berkendara di jalan," ungkap Firman saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi III DPR RI, Senayan, Jakarta, beberapa lalu. Baca juga: Syarat Pembuatan SIM Baru Jadi Tam

Ketahui Perbedaan Chery Omoda 5 RZ dan Z Sebelum Beli

Keberadaan Chery Omoda 5 (Spesifikasi | Berita) di Tanah Air tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya Crossover kompak premium ini selain terlihat mewah, juga memiliki fitur lengkap dan modern. Bukan cuma itu, mobil jenama asal Negeri Tiongkok ini dari segi berkendara terasa responsif dan nyaman. Berhadapan secara langsung dengan produk Jepangan dan Korea seperti Toyota Yaris Cross, Hyundai Creta, Honda HR-V dan Suzuki Grand Vitara, Omoda 5 dihadirkan dalam dua varian, yaitu Z dan RZ. Menyoal

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil