Lagi, Kapal Laut Terbakar Akibat Angkut Mobil Listrik

Kebakaran hebat kembali terjadi pada sebuah kapal pengangkut mobil listrik di wilayah Waddenzee, lepas pantai Belanda Utara. 

Memakan korban jiwa (Foto: Reuters)

Menurut Reuters, peristiwa kebakaran yang terjadi pada Kamis (27/07/2023) waktu setempat itu, sedikitnya membawa 3.783 mobil, dan 498 diantaranya adalah mobil listrik, dimana jumlah tersebut lebih banyak dibandingkan dengan di awal dilaporkan yang tercatat hanya 25 unit mobil listrik.

Kebakaran kapal yang di sewa atas nama perusahaan K Line berbasis di Tokyo, hingga berita ini diturunkan masih enggan membeberkan alasan kebakaran terjadi, dan model mobil apa yang terbakar. 

Hanya saja, pemilik Kapal Shoei Kisen Kaisha Ltd, mengatakan kepada media Belanda, ada kemungkinan kebakaran yang dialami kapal dengan panjang 199 meter ini dari api yang muncul pada sebuah baterai mobil listrik. 

Baca juga: Begini Sulitnya Menangani Mobil Listrik Terbakar, Walau Sudah Padam Api Bisa Tiba-tiba Muncul Lagi

Akan Dilakukan Aturan Baru Untuk Membawa Mobil Listrik

Sedang angkut mobil termasuk EV (Foto: Reuters)

Karena seringnya kebakaran kapal yang membawa mobil listrik, Organisasi Maritim Internasional akan merencanakan peraturan baru. 

Pasalnya, kapal yang membawa mobil listrik dan terbakar, sangat sulit dipadamkan, bahkan baru bisa  pada setelah beberapa minggu. 

Bahkan, meski diusulkan kapal yang membawa mobil listrik menempatkan petugas kebakaran di atas kapal, namun hal tersebut dianggap tetap sangat berbahaya. 

Baca juga: Mobil Listrik yang Ideal Bukan Hanya Soal Kapasitas Baterai, Tapi Pikirkan Juga Keselamatannya

Api sulit dipadamkan (Foto: Reuters)

"Jika Anda mulai mengisi kapal dengan air, Anda berisiko membuatnya tidak stabil dan itu bisa membuatnya terbalik," kata juru bicara Penjaga Pantai Belanda Edwin Grammeman kepada penyiar NOS.

Demikian juga jika kapal yang terbakar, diberikan cairan pendingin.

"Kita harus memastikan bahwa tidak ada kelebihan air yang masuk ke kapal karena itu akan merusak stabilitasnya,” ucapnya. 

Sebaliknya, mereka berpikir keras agar dapat memastikan jika ada yang terbakar, maka resikonya harus seminim mungkin.

Beresiko Pencemaran Lingkungan

Kapal Fremantle Highway yang terbakar (Foto: Reuters)

Kebakaran kapal Fremantle Highway di wilayah laut Wadden, yang membentang di Belanda, Denmark, dan Jerman dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh Unesco. 

Pasalnya, wilayah perairan tersebut memiliki kekayaan dan keanekaragaman hayati, dimana lebih dari 10.000 spesies air dan darat ada di sana. 

Bahkan di wilayah perairan tersebut terdapat 140 spesies ikan, dan 20 diantaranya hidup di perairan dangkal yang terletak di dekat pulau-pulau disana. 

Di perairan tersebut juga memiliki populasi biota laut dan lumba-lumba terbesar. 

Maka dari itu, sejumlah tim penyelamatan dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api dan mencegah kapal dengan bobot 18.500 ton tenggelam.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Raize

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 182,00 Juta
Rp 3,71 Juta/bln

15.040 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 194,00 Juta
Rp 3,95 Juta/bln

12.529 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Chery Tiggo 8 Pro Punya Banyak Kelebihan Untuk Sebuah Big SUV

Kehadiran Chery Tiggo 8 Pro di Indonesia pada akhir tahun 2022 lalu memberi angin segar di segmen Big SUV. Tidak heran bila mobil ini bisa terpilih sebagai rekomendasi mobil keluarga 2023 dengan segala kelebihannya. Meski belum genap setahun hadir di Indonesia, namun kami cukup sering melihat mobil ini di jalan perkotaan. Penjualannya pun tergolong stabil sebagai "anak baru" di dunia otomotif. Sejak Januari sampai Juni 2023, rata-rata penjualannya 40-50 unit per-bulan. Mobil Mewah Gak Selalu Mah

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Mazda CX-5 Punya Fitur Melimpah dan Nggak Bikin Gampang Capek

Ketika mencari rekomendasi mobil keluarga 2023, maka Mazda CX-5 bisa jadi solusi yang tepat untuk dipilih. Ya, disaat mobil-mobil canggih dan keren kerap dianggap hanya ada pada mobil Eropa, namun nyatanya Mazda CX-5 juga tak kalah hebat dan bisa jadi solusi. Pasalnya harga mobil Eropa terbilang mahal, setidaknya paling murah saja bisa dibanderol Rp700 jutaan. Baca juga: Inilah Rekomendasi Kami untuk Mobil-mobil Terbaik 2023 Bagi Keluarga di Indonesia Namun Mazda CX-5 melimpah ruah fitur dan tek

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Wuling Alvez Melejit di Segmen Panas

Jika Anda mencari rekomendasi mobil keluarga 2023 khususnya model Sport Utility Vehicle (SUV), maka Wuling Alvez bisa jadi solusi. Ya, meski menjadi pendatang baru, Wuling Alvez nyatanya cukup menarik perhatian lantaran memiliki banyak keunggulan di segmen SUV Compact. Dibandingkan dengan SUV Compact lainnya, Wuling Alvez yang diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu, memiliki harga paling terjangkau. Baca juga: Inilah Rekomendasi Kami untuk Mobil-mobil Terbaik 20

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Honda WR-V Bintang Baru di Kelasnya

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 dari Autofun Indonesia untuk para generasi muda adalah Honda WR-V, karena kami melihat banyak potensi positif dari Small SUV berlogo H tegak ini. Honda WR-V hadir sebagai pemain baru di segmen yang cukup panas, pasalnya disitu sudah ada duet Toyota Raize dan Diahatsu Rocky. Baca juga: Inilah Rekomendasi Kami untuk Mobil-mobil Terbaik 2023 Bagi Keluarga di Indonesia Kekuatan duet mobil produksi Astra Group itu memang bikin minder lawan-lawannya seperti Nissan Magni

Rekomendasi Mobil Keluarga 2023: Mitsubishi Xpander Cross Unggulkan Aspek Kenyamanan di Segmen Low SUV

Sebagai mobil yang dikategorikan SUV rasa MPV, Mitsubishi Xpander Cross memiliki kombinasi kelebihan dari kedua segmen tersebut. Hal itulah yang menjadikan Mitsubishi Xpander (Spesifikasi | Berita) Cross 2023 terpilih oleh redaksi Autofun Indonesia sebagai Rekomendasi Mobil Keluarga 2023 di segmen low SUV. Kelebihan dari Xpander maupun Xpander Cross ini cukup banyak. Mulai dari desain yang maskulin atau suspensi yang cukup nyaman. Desain yang maskulin, dengan fitur yang cukup lengkap jadi alasan

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil