window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Sulitnya Menangani Mobil Listrik Terbakar, Walau Sudah Padam Api Bisa Tiba-tiba Muncul Lagi

Herdi · 1 Feb, 2023 20:04

Begini Sulitnya Menangani Mobil Listrik Terbakar, Walau Sudah Padam Api Bisa Tiba-tiba Muncul Lagi 01

Untuk memadamkan sebuah mobil listrik terbakar rupanya bukan perkara mudah. Hal ini diungkapkan tim Pemadam Kebakaran Sacramento, California, Amerika Serikat.

Dalam akun Twitter tim Pemadam Kebakaran Sacramento, mereka sudah pernah memadamkan sebuah mobil listrik Tesla Model S, yang terbakar secara tiba-tiba saat melaju dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: Apes! Mau Dikirim ke Dealer, 10 Mobil Listrik Tesla Ini Tersisa Cuma Kerangka

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Tim pemadam kebakaran mencoba memdamkam  Tesla Model S

Tim pemadam kebakaran mencoba memdamkamTesla Model S

"Api dapat dipadamkan dengan menggunakan 6.000 galon (22.712 liter) air, karena sel baterai terus terbakar. Syukurlah tidak ada cedera yang dilaporkan," tulis Pemadam Kebakaran Sacramento dalam akun Twitter.

Mobil Listrik Lebih Sulit Dipadamkan

Hal berbeda untuk memadamkan mobil listrik, yaitu pemadam kebakaran harus membawa beberapa perlengkapan termasuk dongkrak. Hal ini karena untuk akses mendinginkan api pada bagian baterai yang posisinya ada di lantai mobil.

Baca juga: BYD dan Tesla Disebut Luhut Dekati Penyelesaian Kesepakatan Investasi Mobil Listrik di Indonesia

Tim pemadam kebakaran mencoba memdamkam Tesla Model S

Tim pemadam harus membawa dongkrak khusus untuk memdamkam Tesla Model S

Malansir Insideevs, agar dapat memadamkan mobil listrik Tesla Model S terbakar, untuk penanganannya berbeda dengan kasus mobil bermesin bensin. Pasalnya api yang membakar terasa lebih panas dan kobaran api bisa berubah dengan cepat. 

Tim Pemadam Kebakaran Sacramento mencontohkan, selain lebih sulit dipadamkan, api dari mobil listrik terbakar bisa secara tiba-tiba kembali menyala. Bahkan, ada beberapa kasus mobil listrik yang terbakar dan berhasil dipadamkan, kemudian diparkir di tempat barang rongsok atau lokasi investigasi, namun anehnya beberapa hari kemudian api kembali muncul. 

Baca juga: Biar Laku, Harga Mobil Tesla di Cina Kena Diskon Besar-besaran

Begini Sulitnya Menangani Mobil Listrik Terbakar, Walau Sudah Padam Api Bisa Tiba-tiba Muncul Lagi 03

Butuh lebih banyak mobil pemadam

Masih menurut tim Pemadam Kebakaran Sacramento, meski kasus kebakaran mobil listrik lebih sedikit dibandingkan mobil berbahan bakar bensin, namun untuk melakukan pemadaman masih jauh lebih cepat mobil bensin dibandingkan mobil listrik.

Pada intinya, tim Pemadam Kebakaran Sacramento belum mengetahui lebih pasti mengapa penangan mobil listrik lebih sulit. Hanya saja, untuk mobil bensin lebih cepat dipadamkan karena diduga bahan bakar mudah menguap, jika dibandingkan baterai lithium ion.

Bangkai mobil Tesla Model S yang terbakar

Bangkai mobil Tesla Model S yang terbakar

Maka dari itu, tim pemadam diharuskan melakukan pelatihan khusus untuk menangani mobil listrik, karena baterai itu sendiri memiliki sifat tertentu yang dapat menyebabkan masalah unik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Tesla Model S Long Range

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia