Keunikan Fiat 1100, Mobil Italia Tapi Melegenda di India

Brand FIAT jadi merek mobil yang kurang bersinar di belahan bumi Asia. Pabrikan asal Turin, Italia ini dulunya sempat punya reputasi bagus di banyak negara Asia. Kini, eksistensi FIAT masih tersisa di India dan beberapa negara Asia Selatan melalui model 1100.

Ya, kalian yang pernah atau mungkin masih suka menonton film Bollywood tentu tidak asing dengan sosok sedan lawas ini. Lampu bulat dengan ukuran yang compact ini cukup sering terlihat dalam adegan film India. Wajar saja, FIAT memang punya fasilitas perakitan di negara tersebut, tepatnya di Mumbai.

Baca juga:

Lockdown India 2021 Bikin Penjualan Mobil Terjun Bebas, Banyak SPK Dibatalkan

Mahindra Scorpio Classic Akan Segera Diluncurkan di India, Indonesia Menyusul?

FIAT 1100 diperkenalkan pertama kalinya pada ajang Geneva Motor Show 1953. Fiat 1100 adalah mobil keluarga kecil yang diproduksi dari tahun 1953 hingga 1969. 

Mobil ini disiapkan sebagai mobil kelas menengah, yang punya ukuran proporsional. Tanpa disangka, FIAT 1100 malah sangat popoler untuk kondisi negara berkembang. 

FIAT 1100 D bahkan sangat sukses di India. Premier Automobiles terus membuat mobil ini sampai akhir tahun 2000.

Sejarah Masuknya FIAT 1100 ke India

Pada tahun 1964, Premier menghadirkan Fiat 1100 Delight yang jadi rival utama brand Hindustan Motor’s Ambassador.  1100D lebih modern, lebih hemat bahan bakar, dan lebih mudah dikendarai.  

Mobil tersebut menjadi hit di kalangan anak muda, selebritas, pria, wanita, dan semua orang di negeri Hindustan. 

Pada tahun 1973, namanya diubah menjadi Premier President, memberikan kesan elegan karena di kalangan masyarakat India.  Selanjutnya, namanya diubah menjadi Premier Padmini.  

Padmini adalah nama umum untuk anak perempuan di India pada waktu itu.  Namanya berarti "Dia yang duduk di atas teratai", dan mengacu pada Dewi Lakshmi. FIAT 1100 atau Padmini resmi berhenti dipasarkan pada tahun 2000.

Meskipun penjualan mobilnya telah dihentikan, kita masih bisa dengan mudah menemukan taksi tua atau Padmini milik pribadi yang sudah direstorasi untuk mengenang kejayaannya.  Premier Padmini akan selalu dikenang sebagai mobil yang membuat industri otomotif di India mampu berdiri kokoh dan menjadi salah satu penopang perekonomian saat ini.

Spesifikasi Ideal Untuk Mobil Keluarga 

Meskipun sebuah sedan tapi FIAT 1100 dirancang agar proporsional sebagai kendaraan keluarga. Mobil ini dapat membawa enam orang penumpang lengkap dengan barang bawaan mereka. 

Bicara soal performa, didukung oleh mesin yang ekonomis. Kemampuannya dapat melintasi infrastruktur jalan yang buruk di negara-negara berkembang tanpa kendala berarti. 

Sesuai dengan namanya, 1100 dibekali mesin karburator berkapasitas 1.089 cc 4 silinder. Mobil yang juga disebut sebagai Premier Padmini ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 55 Hp di 5.200 rpm dan torsi sebesar 83 Nm pada 3.500 rpm. Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 4-percepatan. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki Carry

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 182,00 Juta
Rp 3,71 Juta/bln

15.040 km

4 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang

2020 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 194,00 Juta
Rp 3,95 Juta/bln

12.529 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 193,00 Juta
Rp 3,93 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Beli Sekarang

2017 Toyota AGYA G TRD 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang
Lihat Lebih

Berita Terbaru

5 Cara Mengurangi Panas Kabin Mobil, Mana yang Paling Cepat?

Setidaknya ada lima teknik mudah menghilangkan panas di kabin mobil, namun manakah yang paling cepat membuat suhu interior adem lagi? Saat musim kemarau, cuaca panas tentu saja akan berimbas pada meningkatnya suhu kabin mobil. Baca juga: Musim Pancaroba Mobil Kena Panas dan Hujan? Begini Caranya Biar Cat Tetap Mengkilat Apalagi kalau mobil harus parkir di area terbuka tanpa penutup dalam waktu lama, tentunya interior kendaraan itu seketika berubah jadi layaknya oven panas. Kondisi ini mungkin ti

5 Hal Menarik Suzuki S-Presso, Harga Murah Fitur Makin Melimpah

Suzuki S-Presso (Spesifikasi | Berita) terbaru diluncurkan di Tanah Air melalui ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 dengan mendapat sejumlah improvement. Mobil yang bermain di segmen city car bergaya crossover ini jika dilihat sama seperti versi sebelumnya, yang pertama kali hadir di GIIAS 2022. Oh iya, untuk harga saat ini S-Presso dibandrol Rp168,3 juta varian MT dan Rp178,3 juta tipe AGS. Ingin tahu lebih dekat dengan S-Presso? Berikut 5 hal menarik seputar mobil ini. 1. Kini

Awas Modus Penipuan Pakai Nama Astra Financial, Begini Cara Menghindarinya

Berbagai cara dilakukan para pelaku penipuan mendapatkan uang dengan cara licik, bahkan mencatut nama perusahan pembiayaan Astra Financial yang merupakan bagian dari group PT Astra International. Ya, pelaku kejahatan mencoba modus mengirimkan sebuah informasi produk dan penawaran promosi melalui pesan singkat whatsapp berbentuk link, yang nantinya akan mengarah ke sebuah halaman palsu mengatasnamakan Astra Financial. Ujung-ujungnya, link tersebut bukan informasi promo atau lainnya, tetapi lebih

Dapat Keringanan, Seberapa Mahal Pajak Tahunan Suzuki XL7 Hybrid?

Dibekali teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), selain lebih ramah lingkungan Suzuki XL7 (Spesifikasi | Berita) Hybrid juga mengedepankan sisi ekonomis bagi penggunanya. Perlu diketahui, teknologi SHVS pada mobil ini mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-Ion Battery berdaya 12 volt dengan kuat arus sebesar 10 ah. Selain dapat mengurangi emisi gas buang, SHVS juga sekaligus menekan penggunaan baha

Test Drive Mobil Hybrid Suzuki Bisa Dapat Jimny, Begini Caranya

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air memberikan program menarik bagi calon konsumen. Ya, program menarik tersebut adalah calon konsumen yang melakukan test drive dan membeli mobil elektrifikasi hybrid Suzuki, seperti Ertiga hybrid, XL7 hybrid serta Grand Vitara. Menurut 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra, program ini ditawarkan mengingat tingginya minat calon konsumen akan Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid, serta Grand Vitara. Baca juga: Mobil Baru Suzuk

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil