Tiga Komponen yang Wajib Ada Garansi Saat Beli Mobil Bekas

 

Dahulu garansi hanya identik dengan mobil baru, tapi saat ini membeli mobil bekas pun bisa mendapatkan garansi. Setidaknya ada tiga komponen wajib yang mendapat garansi dari penjual mobil bekas agar terhindar dari pengeluaran tak terduga.

Salah satu konsumen memilih beli mobil baru daripada bekas adalah garansi pabrikan. Sementara saat membeli mobil bekas tidak ada jaminan apapun, sehingga berpotensi mengeluarkan ekstra biaya selain pembelian unit.

Namun saat ini sudah banyak penjual mobil bekas yang menawarkan garansi kepada pembeli, salah satu pionirnya adalah CARSOME. Ada tiga komponen yang direkomendasikan mendapat garansi saat beli mobil bekas.

Garansi Mesin di Mobil Bekas

Sebelum membeli mobil bekas dengan layanan garansi mesin, pastikan detail komponen apa saja yang masuk dalam garansi. Masalah umum yang terjadi pada mesin adalah lampu peringatan (Engine Check) yang menyala karena ECU (Electronic Control Unit) mendeteksi kode kesalahan yang dipicu oleh sensor.

Beberapa masalah yang membuat lampu peringatan di panel instrumen menyala diantaranya bagian pembakaran mesin seperti koil, busi, hingga kinerja injektor. Bisa juga karena kondisi komponen sistem bahan bakar yang kotor atau aus seperti filter bahan bakar, filter udara, sensor mass air flow, hingga sensor O2.

Pastikan mobil bekas incaran Anda sudah melewati proses pemeriksaan mesin yang menyeluruh. Agar menjamin mobil berfungsi secara maksimal dan tidak ada pengeluaran mendadak saat pemakaian.

Baca juga : 3 Keuntungan Beli Mobil Bekas di CARSOME Dibandingkan Dealer Biasa

Transmisi 

Selain mesin, transmisi jadi salah satu bagian yang rentan terhadap kerusakan saat membeli mobil bekas, khususnya mobil matic. Kendala yang kerap muncul adalah tenaga mesin selip atau tertahan saat berakselerasi, mobil terasa tersendat-sendat.

Selain itu getaran atau raungan mesin yang mengganggu hingga kesulitan memindahkan persneling bisa menjadi indikasi girboks bermasalah. 

Jika transmisi bermasalah, maka biaya perbaikan sangat tinggi. Maka pastikan saat membeli mobil bekas, garansi yang didapat mencakup bagian transmisi.

Baca juga : 5 Rekomendasi Mobil Bekas Murah Irit BBM di CARSOME, Cocok Buat Harian

AC

Peran AC tidak bisa disepelekan karena menentukan kenyamanan selama mengemudi. AC mobil yang tidak dingin adalah masalah umum yang terjadi ketika membeli mobil bekas dan dipakai setelah beberapa bulan.

Salah satu penyebabnya adalah freon yang bocor atau berkurang. Beberapa kasus juga terjadi kebocoran di sambungan pipa AC dan evaporator. 

Pemeriksaan oleh spesialis dibutuhkan untuk menemukan penyebab utama kondisi AC tidak dingin. Maka sebelum bertransaksi, pastikan garansi mobil bekas yang Anda beli termasuk kerusakan atau kegagalan pada sistem AC. 

CARSOME Memberikan Jaminan Garansi 1 Tahun

Layanan garansi mobil bekas sebagai bagian dari solusi terpercaya yang diberikan CARSOME kepada konsumen. Ada langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh pelanggan untuk memproses klaim garansi: 

1. Pastikan kelengkapan dan kesesuaian pada sertifikat garansi yang dimiliki sebelum menghubungi layanan pelanggan. Hal ini untuk menyesuaikan antara nomor yang terdaftar saat menghubungi mitra garansi ketika membeli mobil CARSOME Certified.

2. Lakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dengan bengkel mitra garansi resmi. Lalu cek hasil pemeriksaan dengan estimasi harga.

Baca juga : Selalu Berikan Layanan Terbaik, Kunci Sukses CARSOME di Indonesia

3. Pastikan mengetahui dan memahami tindakan serta proses yang akan dilakukan oleh mitra garansi resmi untuk mengatasi masalah dan memperbaiki kendaraan, agar kembali dalam keadaan prima.

4. Lakukan tindak lanjut atas klaim untuk memastikan informasi tentang perkembangan perbaikan kendaraan CARSOME menyediakan garansi selama 1 tahun untuk setiap mobil CARSOME Certified. 

5. Selain memberikan jaminan 1 tahun untuk mesin, transmisi dan AC serta layanan Roadside Assistance, CARSOME juga memberikan asuransi TLO (Total Loss Only) selama 1 tahun untuk setiap mobil CARSOME Certified.

Baca juga : 5 Mobil Bekas Termurah CARSOME di Bawah Rp100 Juta, Ada Apa Aja?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Kia Sonet

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

3 Etika Penting yang Kerap Terlupakan Saat Pinjam Mobil Orang Lain, Jangan Cuma Isiin Bensin!

Meminjam mobil dari teman atau kerabat untuk kebutuhan transportasi adalah hal yang lumrah. Namun kita sebagai peminjam mobil juga perlu memperhatikan prinsip-prinsip penting agar tidak menimbulkan masalah bagi pemilik mobil. Untuk itu, kita jangan melupakan beberapa etika saat pinjam mobil milik orang lain. Paling umum, kita akan membalas kebaikan pemilik mobil dengan mengisi bensin dan mencuci kendaraan yang kita pinjam. Namun ternyata bukan cuma itu etika yang perlu kita lakukan, karena masih

Wuling Air ev Raffi Ahmad Jadi Inspirasi Modifikasi Bertema Retro Futuristic

Selebriti papan atas Raffi Ahmad bersama dengan asosiasi National Modificator & Aftermarket Association (NMAA), bengkel spesialis, serta beberapa produk aftermarket menciptakan karya modifikasi Wuling Air ev (Spesifikasi | Berita) bertemakan “Retro Futuristik”. Memakai Wuling Air ev tipe long range sebagai basis kendaraanya, mobil listrik tersebut menampilkan sejumlah ubahan khsusnya di sektor eksterior. “Pengerjaan modifikasi Wuling Air ev bisa tuntas dalam waktu singkat. Tidak menyangka dengan

Presiden Jokowi Ajak Italia Kembangkan Ekosistem EV di Indonesia

Presiden RI Joko Widodo bertemu Perdana Menteri (PM) Italia Giorgia Meloni untuk membahas sejumlah kerja dan investasi Italia di Indonesia, termasuk pengembangan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), Ya, pertemuan ini kedua pemimpin antar kedua negara ini dilakukan di acara KTT G20 2023 di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, akhir pekan lalu. Baca juga: Presiden Jokowi Ungkap Macet dan Polusi Jakarta Jadi Alasan Muncul LRT Jabodebek Dalam kesempatan tersebut, preside

Fitur Ini Bikin Mitsubishi Xforce Bisa Hindari Aquaplaning

Mitsubishi Xforce jadi produk baru yang cukup dinanti performanya setelah resmi meluncur di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Maklum, mobil dengan gaya Sport Utility Vehicle (SUV) Compact ini belum beredar di jalanan, karena rencananya baru akan dikirim ke konsumen mulai akhir Oktober 2023. Bicara soal Xforce, kali ini Autofun berkesempatan menjajal sekilas bagaimana performa mobil di proving Ground Bridgestone, Karawang, Jawa barat. Baca juga: 2 Hal yang Bikin Mitsu

Sigra dan Gran Max PU Terus Dongkrak Penjualan Daihatsu Hingga Agustus 2023

Daihatsu mencatat kenaikan penjualan ritel (dari dealer ke konsumen) untuk periode Januari-Agustus 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Penjualan ritel Daihatsu di Indonesia tercatat 134.223 unit atau naik sekitar 8,6 persen dibanding periode tahun lalu dengan capaian sekitar 123.000 unit. Baca juga: Harga Bekas Honda BR-V Kini Lebih Murah dari Daihatsu Sigra Baru, Seberapa Menarik Untuk Dibeli? Dibanding pasar ritel otomotif nasional, pada Semester ke-2 2023 sudah mencapai 578.000 un

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil