5 Kekurangan Kia Carnival Diesel Gen 1, Wajib Dipertimbangkan Sebelum Membeli

Setelah mengetahui keunggulan Kia Carnival diesel gen 1, ada baiknya ketahui kekurangan mobil ini sebelum membeli. Sekedar informasi saja, generasi pertama Carnival diesel saat ini pasarannya ditawarkan mulai dari Rp50 jutaan.

Sebagai mobil keluarga, mobil ini cukup nyaman dikendarai berkat fitur yang ditawarkan terlebih adanya jok captain seat di baris kedua yang bisa diputar 180 derajat. Tak hanya itu, mobil pun memiliki beberapa fitur menarik lainnya seperti panoramic sunroof, kursi elektrik berlapis kulit, spion elektrik, AC climate control hingga baris belakang, heater di bawah jok, head unit 2 din, cruise control, dan defogger.

Bicara keselamatan berkendara, mobil ini telah dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS) pada sistem pengereman, dual SRS airbag di depan, side impact beam, child lock door, sabuk pengaman otomatis dengan pretensioner, dan seatbelt di setiap joknya dengan memberikan perlindungan lengkap bagi setiap pengguna.

Menggunakan sasis monokok, mobil ini memiliki lantai kabin rata dan terasa lapang. Menariknya, untuk bantingan mobil ini juga terasa empuk ketika melewati jalan berkontur.

Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya simak lebih dulu 5 kekurangan Carnival diesel gen 1 melalui ulasan berikut.

Baca juga: Diam-Diam Kia Grand Carnival Bensin Sudah Dijual di Indonesia, Jadi Varian Termahal

1. Kia Carnival Diesel Gen 1 Lemah di Pompa Oli

Pompa oli Kia Carnival gen 1 kerap bermasalah

Kekurangan pertama yang kerap menimpa Kia Carnival diesel gen 1 yakni di bagian pompa oli. Hal itu dikarenakan oli tidak dapat tersalurkan dengan baik yang diakibatkan gigi balance sprocket dan tensioner melemah.

Karena oli tidak dapat bersikulasi dengan baik guna melakukan pelumasan secara keseluruhan, pada bagian mesin muncul suara berisik seperti ketukan. Hal ini pun jika dibiarkan terlalu lama dapat mengakibatkan keausan di sektor mesin.

2. Kaca Kia Carnival Pecah Rawan Pecah

Kia Carnival gen 1 juga memiliki kekurangan pada kaca yang rawan pecah disaat memasang kaca film. Pecahnya kaca berada di sekitaran spion tengah yang disebut-sebut akibat desain kaca yang salah.

Untuk menghindari pecahnya kaca, sebaiknya saat pemasangan disarankan lebih berhati-hati.

3. Power Steering Rentan Bermasalah

Melihat pada forum, tak sedikit pemilik Kia Carnival diesel gen 1 mengeluhkan selang power steering yang copot dengan sendirinya. Untuk mengatasinya supaya kejadian serupa tidak kembali dialami, kalian bisa melakukan modifikasi pada selang dengan menggantinya atau menambahkan klem pengait.

Baca juga: 5 Hal Menarik Kia Grand Carnival, Alternatif MPV Premium Dengan Mesin Diesel

4. Peredam Kabin Tipis

Peredam kabin Kia Carnival tipis

Kekurangan lain dari Kia Carnival gen 1 ada pada bagian peredam kabin. Untuk bahan yang digunakan terbilang tipis sehingga tidak mampu meredam suara mesin dieselnya dan suara asing lainnya dari luar mobil.

Karena peredam kabin yang digunakan tipis sehingga dapat mengurangi rasa nyaman dalam berkendara, kalian bisa menambahkan peredam yang banyak dijual di pasaran.

Oh iya, bagian pintu belakang mobil ini juga kerap dikeluhkan sebagian pemiliknya. Lantaran pengguna Carnival gen 1 seringkali mendengar suara asing ketika melewati jalan yang berkontur.

Setelah dicari penyebabnya, sumber suara berasal dari pengait pintu yang kurang pas memegang daun pintu belakang.

5. Suku Cadang Mulai Sulit Dijumpai di Pasaran

Populasinya yang kian sedikit, untuk urusan spare part atau suku cadang Kia Carnival sudah mulai langka di pasaran. Jika pun ada, biasanya harga yang ditawarkan terbilang mahal.

Baca juga: Selisih Rp 1,2 juta, Pilih Hyundai Staria Signature 9 atau KIA Grand Carnival Premiere?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

KIA Grand Carnival

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

KIA Grand Carnival VS Hyundai Staria, Enakan Mana?

KIA Grand Carnival VS Hyundai Staria, Enakan Mana?

MPV Korea Rasa Amerika: Review KIA Grand Carnival 2022

Berita Terbaru

5 Hal Menarik Nissan Grand Livina X-Gear, 'Inspirasi' Munculnya Xpander Cross dan Stargazer X?

Sebelum trend SUV berbasis MPV populer seperti sekarang ini, Nissan sudah sejak lama menginisiasi varian 'off road' tersebut melalui Livina X-Gear pada 2008. Awalnya, pilihan X-Gear saat itu hanya ada pada Livina/Livina XR saja. Melihat kebutuhan MPV 7-seater yang semakin besar, lantas membuat Nissan menambah varian X-Gear dengan mengambil basis dari Nissan Grand Livina di tahun 2013. Baca juga: Bukan Cuma Nissan Grand Livina, Ini Deretan MPV 'Ceper' Buat Tampil Keren Ala Mobil Estate Penyakit K

Diuji Tabrak Ulang Pada Bagian Samping, Toyota Vios Buatan Daihatsu Tetap Dapat 5 Bintang ASEAN NCAP

Pasca kasus manipulasi data yang dilakukan oleh Daihatsu terhadap beberapa modelnya termasuk Toyota Vios, pabrikan Jepang ini akhirnya melakukan kembali uji tabrak untuk model-model terdampak tersebut. Dilaporkan oleh Wapcar Malaysia, ASEAN NCAP sebuah lembaga penguji fitur-fitur keselamatan pada kendaraan terbaru yang berada dibawah payung Global NCAP, baru saja merilis hasil uji tabrak untuk Vios 2023 yang menggunakan platform DNGA. Hasil uji tabrak itu akhirnya tetap mendapatkan skor 5 Bintan

Mobil Balap Radical Motorsport Siap Masuk Indonesia, Bisa Sewa Buat Ngebut di Mandalika

PT Nora Jelajah Dunia selaku pemegang merek mobil balap Radical Motorsport di Indonesia tengah menyiapkan produk mereka di bulan Oktober 2023 nanti. Tipe yang akan dihadirkan adalah Radical SR3 XXR dan SR1 XXR. Harganya masih terjangkau untuk ukuran mobil siap balap, yakni mulai Rp 1,45 miliar untuk tipe SR1 XXR. Sedangkan SR3 XXR banderolnya mulai Rp 1,9 miliar. "Mobilnya bisa dicustom sesuai keinginan konsumen. Misalnya pada livery atau body kit. Namun basis mesinnya tetap sama, yakni 1.300 cc

7 Mobil Listrik dengan Jarak Tempuh Terjauh yang Dijual di Indonesia, Tertarik Pilih yang Mana?

Mobil listrik yang sudah dijual di Indonesia cukup beragam jenisnya, mulai dari jenis city car, sedan, MPV, hingga SUV. Untuk mobil listrik di Tanah Air paling murah dibandrol Rp200 jutaan yang rata-rata memiliki jarak tempuh di angka 200 kilometer sampai dengan 300 kilometer. Jika kalian menginginkan mobil listrik dengan jarak tempuh untuk berkendara jarak jauh, berikut ini daftar pilihannya. Baca juga: Jual Mobil Listrik Bekas Jauh Lebih Susah Dibanding Mobil Mesin Biasa Mobil Listrik dengan J

Top 5 Autofun: Kelemahan Honda CR-V Kura-Kura Hingga Fakta Menarik dari Toyota C-HR

Honda CR-V kura-kura menjadi SUV medium yang paling laris pada masanya. Meskipun usianya sudah menginjak 15 tahun tapi pesonanya tidak memudar. Desain yang stylish dan timeless membuat banyak orang yang tergoda memiliki mobil ini dalam kondisi bekas. Artikel yang membahas soal kelemahan di CR-V kura-kura begitu banyak menyita perhatian pembaca selama sepekan terakhir. Tak sampai di situ saja, netizen juga ingin mengetahui hal menarik seputar Toyota C-HR yang pernah dijual di Indonesia. Crossover

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

KIA Grand Carnival
Lihat