Lagi, Viral Kecelakaan Maut Akibat Motor Lawan Arus di JLNT Casablanca

Kecelakaan maut kembali terjadi di jalan Layang Non Tol (JLNT) Casablanca, Jakarta, dimana sebuah pengendara sepeda motor tewas tertabrak mobil Toyota Fortuner pada Minggu (18/2/2024) malam.

Dari video yang beredar di media sosial, tampak insiden kecelakaan tersebut sangat parah, karena sepeda motor tersebut hancur berkeping-keping. 

Berdasarkan dari keterangan yang beredar, pemotor tersebut nekat melewati JLNT dari arah Tanah Abang menuju Kampung Melayu.

Padahal, di muka jalan tersebut, rambu lalu lintas melarang sepeda motor masuk.

Baca juga: Hati-hati, Asal Belok di Persimpangan Jalan Lalu Kecelakaan dan Timbul Korban Bisa Dipenjara

Kecelakaan sepeda motor 

Usut punya usut, alasan pemotor berbalik arah karena menghindari petugas kepolisian yang ada di ujung jalan.

Sialnya, saat melawan arah, pemotor tersebut tertabrak oleh sebuah mobil Toyota Fortuner yang melintas di jalur yang benar. Sontak saja kecelakaan tidak terhindarkan. 

Baca juga: Jangan Sampai Terlibat Kecelakaan Beruntun, Berikut Cara Menghindarinya

Menurut Pengamat Soal Kecelakaan di JLNT Casablanca

Petugas polisi berjaga di ujung jalan JLNT  

Seringnya pelanggaran yang mengakibatkan kecelakaan di JLNT Casablanca turut mengundang perhatian pakar safety driving, Sony Susmana. 

Menurut Sony, sudah seharusnya setiap pengendara paling utama memahami aturan lalu lintas, agar dapat menghindari berbagai resiko-resiko di jalan raya, termasuk terjadinya bahaya seperti kecelakaan. 

"Karena aturan dibuat untuk keselamatan bersama, dan masalah kecelakaan yang terjadi akhir-akhir ini memang karena kebodohan anak-anak muda atau mereka yang secara umum tidak memiliki SIM," jelas Sony dalam pesan tertulis kepada Autofun. 

Dia juga menyebutkan, anak muda yang mengendarai sepeda motor, saat ini tidak memiliki banyak pertimbangan dalam berkendara. Alhasil mereka bertingkah sangat konyol, dan nekat, yang berujung menyebabkan kecelakaan. 

Baca juga: 9 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Terlibat Kecelakaan di Jalan

Polisi merazia sepeda motor yang melewati jalur JLNT

Sebaliknya, Sony berpendapat, polisi yang berjaga di ujung jalan tidak bisa diartikan menjadi hal negatif. 

"Tapi, mengedukasi yang salah atau melanggar. Kalaupun salah atau dalam arti melanggar ya harusnya bertanggung jawab, hadapi petugasnya dan akui kesalahannya," ucap Sony.

Kata Sony, kabur untuk menghadapi petugas kepolisian dari kesalahan dengan alasan apapun, justru dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. 

"Menurut saya, Kita yang punya SIM dan bisa naik motor adalah orang-orang berilmu. Artinya bukan bayi yang setiap saat harus dijaga dan dituntun,” kata Sony.

“Polisi bukan dalam kapasitas (sekadar menjaga di depan jalan) lagi, tapi lebih kepada penilangan, karena dimuka jalan sudah ada petunjuk berupa sign (dilarang),” sambung Sony. 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Fortuner

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Pabrikan mobil listrik asal Vietnam, VinFast Auto hadir pertama kali di Indonesia melalui ajang IIMS 2024 dengan membawa beberapa produk yang salah satunya merupakan VinFast VF5. Sebagai SUV listrik jenis sub kompak, untuk harga resminya VinFast Indonesia belum mengumumkan secara resmi. Namun dikatakan oleh salah satu tenaga penjual VinFast, mobil listrik ini nantinya berada di angka Rp200 juta kecil. "Estimasi harga VinFast VF5 di angka Rp225 jutaan - Rp230 jutaan. Dan sekarang sudah bisa di pe
Kalian yang berencana kredit BYD Seal, pada ulasan kali ini kami akan membahas berapa DP (Down Payment) serta cicilan setiap bulannya. Kehadiran BYD Seal di Tanah Air bisa menjadi boomerang bagi Hyundai Ioniq 6. Sebab mobil listrik asal Tiongkok yang menempati segmen sedan medium ini ditawarkan Rp629.000.000 untuk varian Premium Extanded Range dan Rp719.000.000 pada tipe teratasnya Performance. Bicara pesaingnya, Hyundai Ioniq 6 untuk harga barunya saat ini dibandrol Rp1.220.000.000 atau lebih m
Ajang Indonesia International Motor Show atau IIMS 2024 dimanfaatkan Mitsubishi Motors untuk mengumbar sejumlah program promo Mitsubishi IIMS 2024 yang menarik dan menggiurkan. Ya, di IIMS 2024, perusahaan dengan logo tiga berlian menawarkan beberapa program menarik mulai dari fasilitas pembiayaan, seperti program down payment ringan, program bunga ringan, program Smart Cash, program konsumen loyal Mitsubishi Motors dan program Cicilan Pintar, serta gratis paket SMART. Menurut Head of Sales Grou
Wuling Motors Indonesia memperkenalkan mobil listrik terbarunya yakni Wuling Cloud EV melalui gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Jadi mobil listrik Wuling ketiga di Indonesia, kehadirannya sanggup mencuri perhatian pengunjung yang datang. Bagaimana tidak, mobil listrik yang bermain di segmen Medium Hatchback ini menawarkan beragam keunggulan. Cloud EV sendiri bisa dilihat secara langsung di booth D8 yang berlokasi di Hall D, JIEXPO Kemayoran sampai dengan 25 Feburari 2024. S
Pada 15 Februari, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi meluncurkan Suzuki Jimny 5-door di Indonesia. SUV tangguh ini dipamerkan selama gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Suzuki Jimny 5-door, dikenal sebagai SUV legendaris, menambahkan bab baru dalam sejarah Jimny di Indonesia dengan moto "Carve Your Legendary Path." Kendaraan ini terkenal sebagai pilihan yang tangguh untuk aktivitas offroad, menawarkan desain kuat dan ruang yang luas untu

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 334,80 - 404,80 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
BYD

BYD ATTO 3

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Neta

Neta V

Rp 379,00 Milyar

Lihat Mobil
DFSK

DFSK Seres E1

Rp 189,00 - 219,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Neta

Neta S

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Maxus

Maxus Mifa

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota GR Corolla

Belum Tersedia

Lihat Mobil