Jangan Gugup, Begini Cara dan Teknik Mengerem Mobil Manual yang Harus Dikuasai Pemula

Mengendarai mobil dengan transmisi manual sebenarnya cukup menyenangkan, karena kita bisa memainkan putaran mesin di rpm tinggi. Namun persoalannya, berkendara dengan mobil manual sedikit merepotkan di kemacetan khas kota besar. Bagi pengemudi pemula, seringkali mereka salah teknik dalam mengerem mobil manual.

Karena takut mesin mati, pengemudi pemula tidak jarang menginjak pedal rem dan kopling secara bersamaan. Padahal cara itu jelas ngawur karena membuat mobil jadi ngeloss tanpa tertahan mesin. Efeknya pun kerja rem jadi semakin berat dan bisa berisiko blong karena kampasnya kepanasan.

Lebih kagok alias gugup lagi kalau berkendara lambat, pasti bingung karena kaki kiri harus senantiasa siap injak pedal kopling. Jangan khawatir kawan, kalian bisa melewati masa gugup tersebut lebih mudah kok asalkan peka terhadap karakter mobil yang selalu dipakai.

Paling dasar ialah cara mengerem mendadak, sebaiknya hindari sambil injak kopling kecuali saat mobil sudah hampir berhenti. Biasanya karena panik dan takut mesin mati, kamu refleks menginjak kedua pedal itu. Saat memang butuh rem mendadak, injak saja pedal rem secara normal, sambil sesekali dikocok kalau mobilnya belum ABS supaya kampas tidak panas.

Walaupun sedang dalam gigi cukup tinggi (misalnya gigi 4 atau 5), putaran mesin yang berangsur turun juga turut menahan laju kendaraan. Nah, setelah kecepatan berkurang dan situasi berkendara kembali tenang, kita lanjutkan dengan engine brake dengan menurunkan gigi. Jadi, kuncinya ialah ketenangan selama berkendara.

Lantas, seperti apa teknik mengerem di mobil manual yang halus dan tetap nyaman? Ayo kita bahas lebih lanjut.

Mobil Bermesin Besar (1.300 cc Ke Atas) Bisa Main Rem Tanpa Injak Kopling?

Dengan kondisi mesin mobil yang sehat, kamu sebenarnya bisa kok berkendara mobil manual rasa matic. Jadi kaki kiri nggak perlu sering injak pedal kopling. Kunci utamanya yaitu feeling yang bagus dan kapasitas mesin mobil supaya putaran mesin tidak lekas drop waktu kita injak rem.

Triknya begini, saat berjalan lambat, injak rem perlahan tapi jangan sampai mobil berhenti. Jadi fungsi rem hanya untuk mengurangi kecepatan. Patokannya, bila mobil terasa bergetar atau putaran mesin turun hampir 500 rpm lepaslah pedal remnya supaya mesin tidak mati.

Baca juga:

Deretan Fitur Standar di Mobil yang Malah Jarang Dipakai Orang Indonesia

Supercharged Mulai Ditinggalkan, Apa Perbedaan Dari Turbocharged yang Lebih Unggul?

Bukan Hitam dan Silver, Ini Warna Mobil yang Aman Dari Kecelakaan

Trik ini sangat berguna ketika kamu melewati jalanan kompleks perumahan yang cukup sempit dan ramai atau jalanan yang lalu lintasnya berjalan merayap. Jadi cukup gunakan rpm idle untuk menjalankan mobil dengan kecepatan rendah di gigi 1 seperti kita mengendarai mobil matic.

Supaya tidak bingung, berikut ini video yang mungkin bisa membantu kalian dalam visualisasi:

Teknik Engine Brake, Wajib Dikuasai Pemula

Tidak cuma momentum kapan harus injak rem dan kopling, kamu pun perlu memahami timing ketika mobil butuh engine brake. Teknik ini yaitu menurunkan kecepatan saat berkendara dengan cara mengganti transmisi tinggi ke transmisi rendah. 

Engine brake ini harus pas kombinasinya dengan kecepatan dan posisi gigi. Jangan sampai mesin jadi overrev alias menjerit. Misalnya sedang berkendara pada transmisi di gigi 4 dan butuh tahanan dari mesin, sebaiknya menurunkannya terlebih dahulu ke posisi gigi 3. 

Timing perpindahan giginya dilakukan sesaat setelah mengerem menyesuaikan laju mobil yang sudah ideal dengan tingkat transmisi tersebut. Misalnya kita sedang lari 60 km/jam di gigi 4, lakukan pengereman terlebih dahulu hingga kecepatan 40 km/jam baru pindahkan ke gigi 3.

Teknik engine brake sangat bermanfaat bila digunakan oleh pengendara pada saat jalan menurun. Pada kondisi kontur jalan tersebut potensi rem panas akan lebih besar jika langsung menginjak pedal rem. 

Hal ini disebabkan oleh gaya gravitasi yang mempengaruhi mobil sehingga beban yang ditanggung rem cukup besar. Bila kampas rem sudah terlalu panas maka kemampuannya menurun drastis sehingga untuk antisipasinya mobil butuh engine brake. 

Putaran mesin akan menahan laju mobil pada kecepatan tertentu. Dengan begini, kinerja rem pun bisa tetap optimal. 

Teknik Mengocok Rem, Antisipasi Rem Mengunci dan Mobil Selip

Mobil-mobil keluaran terbaru sekarang ini telah dibekali oleh fitur ABS supaya rem tidak mengunci saat kita melakukan rem mendadak. Namun sebelum fitur antilock braking system itu menjamur, para pengemudi profesional dan kawakan telah memakai teknik mengocok rem supaya kampas rem tidak terkunci. 

Walaupun mobil kalian telah memiliki fitur ABS, namun teknik mengocok pedal rem ini juga tetap perlu dikuasai terutama oleh pengemudi pemula. Jika dalam kondisi harus mengerem mendadak, usahakan rem jangan langsung diinjak habis. Teknik mengocok rem ini ialah dengan menginjak pedal rem secara gradual alias diayun terus menerus dalam tempo cukup cepat. 

Jadi begini, setelah kita merasa telah menginjak cukup dalam, lepaskan sesaat kemudian injak lagi hingga agak dalam secara cepat dan terus menerus. Teknik ini berfungsi membuat ban tetap dapat traksi cukup sehingga kita pun masih bisa bermanuver walaupun jalanan licin karena diguyur hujan. 

Teknik Memakai Rem Tangan, Wajib Dikuasai Pengguna Mobil Manual

Ada lagi teknik mengerem yang perlu dikuasai terutama pengguna mobil bertransmisi manual. Teknik memakai rem tangan biasanya digunakan oleh pengendara pada saat jalan menanjak. 

Jika mobil sedang berada pada posisi jalan menanjak dan macet, sebaiknya menggunakan rem tangan, jangan gantung kopling untuk mobil yang bertransmisi manual. Pengemudi harus lihai untuk memainkan rem tangan dan tidak menggantung kopling agar kopling bisa bertahan lebih lama.

Teknik ini sepengalaman kami juga jadi materi dasar di kursus mengemudi. Jadi, instruktur akan mengajarkan trik supaya mobil tidak melorot saat melepas kopling, dengan bantuan rem tangan. Apabila sudah menguasai teknik ini, kalian tidak perlu keringat dingin andaikata terjebak macet panjang di tanjakan.

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Sigra

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil