4 Rahasia Mitsubishi L300 2022 Bisa Eksis Hingga Lebih Dari 40 Tahun, Mobil Baru Rasa Motuba

Siapa yang tidak kenal sosok pick up legendaris Mitsubishi L300 ini. Hampir di setiap kota, sosok mobil dengan sebutan Elsapek ini mudah kita jumpai. Dari sekian banyak mobil pick up, hanya Mitsubishi L300 yang bisa bertahan hingga lebih dari 40 tahun, apa rahasianya?

Mundur ke belakang, sosok L300 ini sudah hadir di Indonesia sejak 1981. Modelnya sederhana, begitu-begitu saja, sehingga masyarakat begitu akrab  dengan wujudnya yang serba kotak. Yang cukup menarik ialah Mitsubishi L300 merupakan model ketiga paling terlaris dari line-up Mitsubishi Motors di Indonesia. 

Bicara tampilan, memang tidak bisa ditutupi bahwa kesederhanaannya justru membuatnya tidak lekang oleh waktu. Sejak dulu hingga sekarang, desainnya begitu-begitu saja, sedikit perubahannya. Bila melihat produk dari kompetitornya, belum ada model seangkatannya yang bisa menyamai eksistensi Elsapek ini. 

Sebut saja Toyota Kijang yang kini tak lagi punya model pick up, dan hanya Hilux single cab. Atau Daihatsu Zebra dan mungkin Isuzu Panther yang sudah punah. Setelah lintas beberapa dekade, Elsapek kini berhadapan dengan Isuzu Traga yang itungannya seperti penerus dari Isuzu Panther. 

Karena jadi model andalan, L300 pun senantiasa diproduksi lokal selama puluhan tahun. Mau tahu rahasia 'si motuba' ini bisa tetap berjaya? Mari kita bahas lebih mendalam mengenai Mitsubishi L300 di 2022 ini. 

Model Sederhana Mitsubishi L300 di 2022, Tak Kehilangan Pesona

Desain Elsapek ini mempertahankan gaya sejak era 1980-an waktu pertama kali hadir. Lampu utama juga hanya single reflektor berbentuk kotak. L300 dikenali karena punya bentuk yang proporsional dan manis dengan garis yang tegas. 

Walau demikian, Mitsubishi tetap memberikan sedikit kesan modern lewat hadirnya desain gril dan bemper yang baru. 

Dari lima kali evolusi, ubahan hanya sebatas desain headlamp, lampu belakang ataupun grill. Desain body yang kotak tidak ada perubahan sejak 1980-an. Itulah mengapa, Elsapek sering diejek dengan anekdot 'baru beli sudah jadi motuba'.

Sekalipun tampilannya tidak lekang oleh waktu, Mitsubishi tetap membuatnya beradaptasi dengan modernitas. Mitsubishi sudah memasangkan power steering dan audio head unit termasuk untuk memutar MP3.

Karena rancangan teknis yang tak banyak berubah, membuat biaya perawatannya juga jadi menarik di mata pengguna. Faktor ini kemudian merembet pada harga jual kembali yang cukup stabil.

Mesin L300 yang Legendaris yang Jadi Andalan di Mitsubishi Triton dan Pajero Sport

Dengan mesin diesel andalan 4D56 yang secara basic juga digunakan di Triton, Spesifikasi bore 91,1 mm dan stroke 95 mm, disalurkan pakai transmisi lima percepatan. Mesin dieselnya dapat mengeluarkan daya puncak 74 PS pada 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm.

Kalau mau oprek mesin Elsapek ini, kita bisa memanfaatkan turbo dan beberapa komponen milik Triton. Jadi, biar tampangnya tua tapi tenaga bisa menggila. 

Kapasitas Bak Muatan Cukup Besar, dengan Sasis yang Kokoh dan Serba Bisa

Mitsubishi L300 memiliki dimensi dengan panjang 4170 mm, lebar 1700 mm, dan tinggi 1845 mm. Mobil ini juga memiliki Ground Clearance 200 mm dan Jarak Sumbu Roda 2200 mm. Dimensi cargo bed 2.430 mm x 1.600 mm x 360 mm (standard) atau 310 mm (flatbed). 

Kelebihan lainnya yaitu sasis yang cukup kuat, dengan daya angkut yang lebih dari 1 ton (1,26 ton). Kapasitas muatannya cukup besar untuk sebuah small pick-up. 

Poin tersebut membuat L300 dapat memberi berbagai pilihan bagi usaha UMKM, misalnya saat membutuhkan pick-up standard, flat deck, ataupun cabin chassis hingga membawa boks. Hal lain yang membuat Elsapek ini cukup unggul ialah bisa dikonversi jadi minibus. Pasalnya, L300 adalah generasi awal dari Mitsubishi Delica. 

Sebelum Toyota memperkenalkan Hilux minibus, L300 jadi minibus andalan pengusaha angkutan penumpang. Mulai dari angkutan kota, sampai travel antar kota kelas eksekutif pun memakai L300 sebagai basisnya. 

Harga Ekonomis dan Kompetitif, Terjangkau Bagi Kalangan Usaha Kecil

Mitsubishi L300 ini harga jualnya juga cukup bersahabat bagi kalangan pelaku usaha. Sebagai kendaraan niaga, Elsapek dipatok di bawah Rp 200 juta (Rp 189,5 juta-Rp 194 juta). Harga yang masuk kategori kompetitif bila melihat biaya operasional yang hanya butuh solar bersubsidi.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi L300

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Harga L300 pick up 2020 wilayah kalsel

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Toyota Hilux
    Rp 245,85 Juta
    L300 vs Hilux
  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Daihatsu Gran Max PU
    Rp 143,05 Juta
    L300 vs Gran Max PU
  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Isuzu Traga
    Rp 211,80 Juta
    L300 vs Traga
Mitsubishi L300
Lihat