Hanya Rp80 Jutaan, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan Ford Everest Gen 1?

Dirancang khusus untuk pasar Asia-Pasifik, Ford Everest gen 1 diluncurkan secara resmi oleh PT Ford Motor Indonesia (FMI) di Tanah Air pada 2003. Diperkenalkan pertama kali lewat gelaran Bangkok International Motor Show ke-24 pada Maret 2003, Everest dibangun berdasarkan basis dari truk pickup Ford Ranger yang di sini banyak digunakan sebagai mobil tambang.

Dijajakan hingga 2006, generasi pertama Ford Everest ditawarkan dalam varian, yaitu 4×2 dan 4×4. Bicara mengenai harganya, SUV jenama Negeri Paman Sam yang tangguh sekaligus bisa diandalkan tersebut, untuk harga bekasnya kini ditawarkan mulai dari Rp80 jutaan. Apabila kalian tertarik untuk membelinya, simak kelebihan dan kekurangan Ford Everest gen 1 di bawah ini.

Baca juga: Cuma Rp120 Jutaan, Simak Kelebihan dan Kekurangan Ford Everest Gen 2

Kelebihan Ford Everest Gen 1

1. Sekelas SUV Ladder Frame, Ford Everest Gen 1 Terbilang Nyaman

Ford Everest gen 1 nyaman digunakan

Dibangun berdasarkan pickup double cabin, untuk suspensinya Ford Everest gen 1 pada bagian depan menggunakan double wishbone dengan coil spring dan rigid axle dengan leaf spring di roda belakang.

Untuk bantingan yang dihasilkan, pionir SUV ber ladder frame tersebut terasa lebih empuk dan nyaman dibandingkan dengan generasi keduanya. Meski lebih empuk dan nyaman, mobil ini tetap terasa stabil ketika dipacu dalam kecepatan tinggi walaupun gejala body roll kerap dirasakan saat bermanuver berkat tubuhnya yang bongsor.

Bukan cuma itu saja, saat diajak melewati jalan yang keriting bantingan yang dihasilkan juga terbilang empuk dan untuk peredam kabinnya terasa tebal, sehingga mampu meredam suara bising dari mesin maupun luar kendaraan.

Glovebox yang bisa dimanfaat sebagai arm rest

Oh iya, meski tampilan interiornya terbilang jadul, untuk panel instrumentnya mobil ini sudah menggunakan tampilan digital pada jarak tempuhnya. Selain itu pada joknya terdapat arm rest serta glovebox di sebelah kiri pengemudi yang tentunya dapat meningkatkan kenyamanan selama berkendara.

Disisi lain, untuk visibilitasnya mobil ini terbilang cukup baik meski memiliki bonnet yang panjang dan lebar. Dengan pandangan yang luas, kalian bisa dengan mudah melihat, serta memberi jarak dengan objek yang ada didepannya.

2. Kaki-kaki Jarang Rewel

Kaki-kaki Ford Everest gen 1 terbilang badak

Selain mampu meredam guncangan dengan baik, untuk kaki-kakinya Ford Everest gen 1 dirancang sedemikian rupa dengan durabilitas tinggi sehingga dapat melewati jalanan ekstrim tanpa harus sering mengalami kendala. Informasi yang kami dapat dari beberapa pemilik mobil ini, mereka jarang sekali mengalami masalah pada kaki-kaki kecuali faktor usia serta pemakaian yang tidak semestinya.

3. Menggunakan Mesin Diesel Konvensional, Perawatan Ford Everest Gen 1 Terbilang Mudah dan Murah

Mesin diesel konvensional 2.5L Turbodiesel TDi Ford Everest gen 1

Ford Everest gen 1 yang dipasarkan di Tanah Air dibekali dengan mesin diesel konvensional 2.5L Turbodiesel TDi (Turbo Diesel injection). Secara data, mesin 4-silinder segaris SOHC berkapasitas 2.500 cc tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 HP di angka 3.500 rpm, serta torsi 268 Nm pada putaran 2.000 rpm.

Selanjutnya putaran dari mesin dikendalikan menggunakan transmisi manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan yang ditranslasi ke roda belakang (RWD) dan empat roda (4x4). Masih menggunakan teknologi konvensional, untuk bahan bakarnya mobil ini bisa memakai Bio Solar dengan menghasilkan jarak tempuh hingga 10 km/liter pemakaian dalam kota serta 13 km/liter penggunaan luar kota.

Jangan dulu beranggapan bahwa perawatan Ford Everest gen 1 sulit dalam perawatan serta mahal dan susah untuk mendapatkan spare partnya. Pasalnya untuk suku cadangnya di pasaran, mobil ini masih mudah dijumpai dan untuk harganya terbilang ramah di kantong.

Karena masih menggunakan teknologi konvensional yang minim elektrikal sekaligus memiliki durabilitas tinggi, untuk perawatannya mobil ini juga terbilang mudah seperti Isuzu Panther dan Mitsubishi Kuda.

Baca juga: First Impression Ford Everest Titanium 4x4 2022, Bukan Sekedar SUV Keluarga Biasa

Kekurangan Ford Everest Gen 1

1. Baris Ketiga Sempit

Baris ketiga Ford Everest gen 1 sempit

Memakai sasis model tangga, Ford Everest gen 1 memiliki kekurangan pada bagian kabin untuk baris ketiganya. Dimana untuk penumpang paling belakang lantai kabinnya terasa tinggi serta memiliki leg room yang sempit. Bukan cuma itu, untuk head roomnya juga terbatas sehingga kurang cocok untuk disinggahi penumpang dewasa.

2. Dimensi Besar, Sulit Melewati Jalan yang Sempit

Ford Everest gen 1 memiliki tubuh yang bongsor

Menurut spesifikasi, Ford Everest gen 1 memiliki panjang 4.958 mm, lebar 1.806 mm dan tinggi 1.835 mm. Untuk wheelbasenya berada di angka 2.860 mm dan ground clearance 200 mm.

Dengan tubuh yang bongsor, mobil ini cukup sulit ketika melewati jalan yang sempit. Selain itu radius putar mobil ini juga terbilang besar sehingga sedikit menyulitkan pengemudi ketika hendak putar balik atau sedang memarkirkan kendaraan.

3. Spare Part Slow Moving Mulai Sulit Didapat

Spare part slow moving mulai sulit didapat

Beberapa suku cadangnya Ford Everest gen 1 kini mulai sulit dijumpai. Untuk parts yang susah didapatkan seperti body, lampu, dan kaca. Jika membutuhkan parts tersebut, kalian bisa mengimportnya dari Singapura, Malaysia dan Thailand. Opsi lain juga bisa mencarinya di tempat copotan mobil bekas.

Kesimpulan

Dibandingkan dengan generasi keduanya, Ford Everest gen 1 lebih mudah dan murah dalam perawatan, serta nyaman digunakan.

Memiliki tingkat durabilitas yang tinggi berkat mesinnya yang bertenaga dan jarang rewel, generasi pertama Ford Everest ini, juga terkenal dengan kaki-kakinya yang kuat. Namun yang perlu diperhatikan dari mobil ini adalah spare part slow movingnya dimana kalian harus lebih bersabar ketika sedang mencarinya.

Baca juga: Beda Rp50 Jutaan, Spesifikasi Ford Everest XLT 4x2 Ungguli Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2?

 

 

 

 

 

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Ford Everest

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 243,00 Juta
Rp 4,95 Juta/bln

14.811 km

2 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu ROCKY X 1.2

Rp 197,00 Juta
Rp 4,01 Juta/bln

13.726 km

1,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil
Ford Everest
Lihat