• Segmen Pickup
  • Tipe bodi Pickup
  • Jenis penggerak AT / MT
  • Kapasitas mesin 2.2 L
  • Tenaga 160 PS
  • Tempat Duduk 5
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908038623-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908038623-0'); });
  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Ford Ranger merupakan salah satu model mobil pabrikan Ford Motor Company yang besaing dalam segmen pick-up double cabin. Generasi tahun 2021 dari mobil ini sudah lebih dahulu meluncur di Thailand. Dalam segmen tersebut, Ford Ranger ini bersaing dengan Nissan Navara.

    Ford Ranger sendiri pertama kali diluncurkan di pasar otomotif Tanah Air pada bulan Maret tahun 2002 silam sebagai salah satu model unggulan PT. Ford Motor Indonesia. Ketika pertama kali diluncurkan, Ford Ranger ini hadir dalam dua varian mobil pickup double cabin, yakni Ford Ranger XLT dan Ford Ranger Hurricane. Kedua varian ini diimpor secara utuh dari Thailand.

    Generasi terbaru dari Ford Ranger kemudian kembali diperkenalkan pada tahun 2019. Pada versi terbarunya ini, Ford Ranger diberikan tampilan baru yang lebih elegan. Bukan hanya tampilan baru, Ford Ranger juga memiliki peningkatan teknologi baru pada bagian mesinnya untuk menyaingi Nissan Navara.

  • Eksterior

    Pada bagian luarnya, Ford Ranger generasi terbaru mendapatkan sedikit ubahan desain. Memang tidak signifikan, tetapi cukup untuk memberikan nuansa baru pada eksterior Ford Ranger . Perubahan yang paling signifikan bisa dilihat dari bagian grille-nya yang berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

    Dimensi Ford Ranger

    Mengingat modelnya yang merupakan mobil pickup double cabin, Ford Ranger ini diketahui memiliki dimensi bodi yang cukup besar dan tampak gagah. Sebagai mobil offroad, mobil yang satu ini juga terlihat memiliki ground clearance yang cukup tinggi.

  • Interior

    Interior Ford Ranger

    Bagian interior Ford Ranger memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan jika dibandingkan dengan model mobil Ford yang lainnya. Sayangnya, material kabin Ford Ranger sebagian besar menggunakan material plastik sehingga mengurangi kenyamanan dan kesan mewah dari mobil ini.

    Pada bagian dashboard-nya, Ford Ranger memiliki aksen material soft touch. Bisa terlihat juga adanya head unit touch screen berukuran 8 inci dengan fungsi AM/FM Radio, Port USB, serta Bluetooth.

    Penataan tombol-tombol kendali yang ada pada area ini juga menggunakan bahasa desain driver oriented sehingga mengutamakan kemudahan pengemudi dalam mengendalikan kendaraan. Setirnya pun sudah menggunakan fitur tilt & telescopic sehingga lebih fleksibel.

    Kursi-kursi yang ada di dalm kabin mobil Ford Ranger ini menggunakan jok kulit hitam dengan aksen Sabre Orange sehingga menampilkan sedikit kesan mewah. Meskipun merupakan mobil pickup double cabin, tetapi Ford Ranger ini memiliki leg room dan head room yang cukup leluasa sehingga nyaman bagi para penumpangnya.

  • Fitur

    Fitur Ford Ranger

    Sebagai mobil pickup, Ford Ranger memang tidak diharapkan untuk memiliki fitur hiburan yang sama lengkapnya dengan mobil penumpang biasa. Tetapi, Ford Ranger memiliki fitur hiburan yang sudah cukup mumpuni. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ford Ranger memiliki head unit touch screen berukuran 8 inci yang juga dilengkapi AM/FM Radio, USB Port, Bluetooth, serta hotspot Wi-Fi yang bisa tersambung hingga ke 10 gadget.

    Pada varian Ford Ranger yang lebih tinggi, fitur hiburan yang ditawarkan pun lebih lengkap. Sebut saja fitur Apple CarPlay, Android Auto, dan radio satelit Sirius XM.

    Ford Ranger juga dilengkapi dengan dengan fitur keselamatan yang canggih. Mobil yang satu ini mendapatkan empat dari lima bintang dalam pengujian yang dilakukan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Beberapa fitur keselamatan yang dimiliki Ford Ranger adalah Forward Collision Warning, Automatic Emergency Braking, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, dan Adaptive Cruise Control.

  • Mesin dan Performa

    Performa Berkendara Ford Ranger

    Ford Ranger memiliki dua jenis mesin dengan kapasitas mesin yang berbeda. Ada mesin EcoBlue 'Panther' 4 Silinder Segaris Bi-Turbocharged berkapasitas 2,0 liter dan EcoBlue TDCi, 4 Silinder Segaris, VGT berkapasitas 2,2 liter. Kedua mesinnya ini sama-sama memiliki 16 katup dan mengandalkan sistem pembakaran Common Rail Direct Injection. Mesin Ford Ranger ini juga dipadukan dengan transmisi otomatis 10 percepatan.

    Untuk mesin berkapasitas 2,0 liternya, Ford Ranger bisa menghasilkan tenaga sebesar 213 PS atau setara dengan 211,5 HP pada putaran mesin 3.750 rpm. Sedangkan untuk keluaran torsinya sendiri bisa mencapai 500 Nm pada putaran 1.750 hingga 2.000 rpm.

    Sementara itu, meskipun memiliki kapasitas mesin yang lebih besar, mesin 2,2 liter Ford Ranger ini menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih kecil dibandingkan mesin 2,0 liternya yang dilengkapi dengan Turbocharger. Di atas kertas, mesinnya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 160 PS atau setara 158,5 HP pada putaran mesin 3.700 rpm serta torsi sebesar 385 Nm pada putaran mesin 1.500 hingga 2.500 rpm.

    Kenyamanan Berkendara Ford Ranger

    Ford Ranger hadir dengan model Extended Cab (SuperCab) atau Crew Cab (SuperCrew). Model kursi SuperCrew memiliki konfigurasi yang lebih luas sehingga bisa menampung lima orang penumpang. Sedangkan model SuperCab menyediakan tempat duduk dengan kapasitas empat penumpang.
    Untuk kemudahan pengemudi, setir Ford Ranger dilengkapi dengan berbagai tombol multifungsi yang bisa digunakan dengan mudah oleh pengemudi tanpa harus kehilangan konsentrasi ketika mengemudi. Bak belakangnya pun sudah bisa ditutup dengan power roller shutter otomatis.

    Kemudian bicara soal performanya, ternyata ada alasan khusus mengapa Ford Ranger menggunakan transmisi otomatis 10 percepatan. Dengan rasio gigi yang banyak tersebut, mesin diesel yang digendong Ford Ranger ini bisa menghasilkan performa yang lebih agresif dan responsif meski pada putaran mesin yang rendah.

    Konsumsi bahan bakar Ford Ranger

    Konsumsi bahan bakar memang menjadi salah satu kelemahan dari Ford Ranger. Mesinnya yang menggunakan mesin diesel memang menjadi salah satu penyebab Ford Ranger menjadi boros bahan bakar. Untuk penggunaan dalam kota, Ford Ranger hanya bisa menempuh jarak sejauh 8,5 km dengan satu liter bensin. Sementara untuk penggunaan di luar kota, Ford Ranger bisa menempuh jarak sejauh 10,2 km saja dengan satu liter bensin.

  • Kesimpulan

    Ford Ranger merupakan salah satu mobil pickup double cabin yang cukup populer. Mobil ini memiliki desain eksterior yang maskulin dan tangguh, mesin yang bertenaga, serta fitur yang cukup lengkap. Sayangnya, mesin Ford Ranger yang menggunakan mesin diesel ini bisa dibilang boros bahan bakar sehingga konsumen harus merogoh kocek yang lebih dalam untuk bahan bakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649908138193-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908138193-0'); });
  • Apa Jumlah silinder dari Ford Ranger?

    Berikut adalah Jumlah silinder dan varian Ford Ranger:

    Varian2020 Ford Ranger 2.2 XLT Hi-Rider 4×4 (A)2020 Ford Ranger 2.2 Base Hi-Rider 4×4(M)
    Jumlah silinder11
  • Apa Immobilizer dari Ford Ranger?

    Berikut adalah Immobilizer dan varian Ford Ranger:

    Varian2020 Ford Ranger 2.2 XLT Hi-Rider 4×4 (A)2020 Ford Ranger 2.2 Base Hi-Rider 4×4(M)
    ImmobilizerYY
  • Katakan pada saya Hiburan & Komunikasi dari Ford Ranger.

    Hiburan & Komunikasi dari Ford Ranger adalah sebagai berikut:

    Varian2020 Ford Ranger 2.2 XLT Hi-Rider 4×4 (A)2020 Ford Ranger 2.2 Base Hi-Rider 4×4(M)
    Konfigurasi Layar Head unit
    Ukuran Layar Head unit(inch)11
    Sistem Navigasi
    Pengontrol Media Baris belakang
    Bluetooth
    Integrasi Smartphone
    Sistem perintah suara
    Power Socket
    AUX
    Pemutar CD/DVD
    Merek Speaker
    Jumlah speaker
    .
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Model_Mrec1', [ 300, 250 ], 'div-gpt-ad-1649908222246-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649908222246-0'); });
VS