Long Trip Bersama MG HS Excite: Nyaman dan Responsif, Tapi Body Kurang Solid?

Turut berpatisipasi dalam kegiatan Dare to Drive Experience MG 5 GT yang berlangsung di Bandung pada pekan kemarin, sebelum memulai perjalanan dari Jakarta rekan media telah disediakan beberapa produk flagship MG salah satunya HS yang akan digunakan selama berkegiatan di Kota Kembang.

Selama berkegiatan di sana, kami berkesempatan menggunakan MG HS Excite. Perlu diketahui, Excite merupakan trim terendah MG HS di bawah Ignite dan Magnify i-SMART. Untuk harganya saat ini MG HS Excite dibandrol Rp375,8 juta OTR Jakarta.

Dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau untuk sebuah Medium SUV kompak, berikut rasa berkendara dari varian terendah MG HS.

Pandangan Mengemudi Cukup Luas

Pandangan mengemudi MG HS luas

Saat diberi kesempatan untuk menjajali MG HS Excite secara langsung, dari segi pandangan mengemudi mobil ini terasa cukup luas. Karenanya untuk kacanya depannya dibuat lebar serta dashboard melandai dengan rumah panel instrument yang tidak terlalu tinggi.

Untuk mengatur posisi duduk, pengemudi juga merasa dimudahkan dengan kehadirannya 6-way Electrically Adjustable Driver Seat yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan hanya cukup dengan menekan tombol.

Sama seperti beberapa produk lainnya yang dijual di Indonesia, MG HS Excite untuk fitur yang diletakan pada center clusternya terasa begitu ergonomis berkat desainnya yang mengelompok. Untuk sistem pengoperasiannya tuas transmisinya pun terasa mudah karena kalian cukup memajukan serta menarik mundur ke belakang.

Oh iya, untuk merasakan gaya berkendara yang lebih responsif, kalian bisa menggeser ke kanan tuas transmisi saat berada di posisi D guna mengendalikan perpindahan gigi secara manual baik untuk menambahkan atau menurunkan.

Baca juga: Adu Keren, Apakah Aksen Hitam di MG HS Midnight Black Edition Bikin Lebih Keren dari All New Honda HR-V?

Dibungkus dengan Kulit Sintetis, Jok Semi Bucket MG HS Excite Beri Sensasi Sporty

Jok MG HS menggunakan model semi bucket

Sebagai varian terendah, MG HS Excite untuk interiornya didominasi dengan warna hitam. Saat memposisikan duduk berhadapan dengan lingkar kemudi, jok semi bucket yang diselimuti bahan kulit sintetisnya terasa sedikit keras ketika kami singgahi.

Meski sedikit keras, joknya bergayakan sport tersebut masih terasa nyaman ketika digunakan berkendara berjam-jam. Juga dibungkus dengan kulit sintetis, untuk lingkar kemudinya MG HS Excite sangat pas di tangan dan ergonomis berkat adanya switch control steering.

MG HS Excite Terasa Empuk dan Stabil Saat Dipacu Dalam kecepatan Tinggi

MG HS terasa stabil saat melaju di atas 100 km/jam

Perjalanan dari MG Motor Pondok Indah menuju Nu Art Studio – Bandung, kami melewati beragam jalan mulai dari yang halus hingga berkontur. Saat melintasi jalan layang Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ), setiap melewati sambungan jembatan kami merasakan bahwa suspensinya mampu meredam dengan cukup baik.

Begitupun saat dipacu dalam kecepatan 100-120 km/jam, mobil ini masih terasa stabil saat bermanuver dengan sedikit melakukan zig-zag untuk mendahului kendaraan di depan. Namun tampaknya unit test drive yang kami gunakan sepertinya mengalami sedikit masalah. Pasalnya saat berlari di atas 100 km/jam timbul rasa getaran dari bagian belakang body.

Baca juga: MG Rilis HS 2022 di Thailand, Ada Varian PHEV Buat Hadang Honda CR-V

Sekelas SUV, Radius Putar MG HS Gampang Belok Patah 

Radius putar MG HS di angka 5,95 m

Berada di angka 5,95 m, untuk radius putarnnya MG HS terbilang kecil. Ketika kami memarkirkan kendaraan serta melakukan U turn atau putar balik, mobil ini terasa mudah sehingga kami tidak perlu mengambil ancang-ancang dari jauh dan dapat langsung kembali melakukan perjalanan.

Karena memiliki radius putar yang rendah, mengemudikan MG HS di kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung pun terasa mudah.

Bermodalkan Turbo, Putaran Bawah MG ‘Ngejambak’

Bermodalkan mesin 1.5L Turbo TGI, MG HS terasa responsif pada tarikan bawah

Mengacu pada spesifikasi, MG HS dibekali dengan mesin 1.5L in-line 4 Cylinder DOHC 16 Valve Turbo TGI yang dapat memuntahkan tenaga higga 162 PS @5.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 250 Nm @1.700-4.400 rpm. Mengenai tingkat percepatannya, mobil ini dikawinkan dengan transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 Speeds yang kemudian disalurkan melalui penggerak roda depannya.

Guna dapat menyesuaikan keinginan gaya berkendara, mobil ini memiliki beberapa mode mengemudi, mulai dari Eco, Normal, Sport, Super Sport, & Custom.

Mengetahui tingkat repsonsif yang dihasilkan, saat berkendara secara pelan kami mencoba untuk menginjak pedal gas secara tiba-tiba. Dengan adanya dorongan turbo, yang kami rasakan mobil ini terasa ngejambak mulai dari 1.500-an rpm. Performa yang kami rasakan tersebut terbilang responsif untuk sebuah Medium SUV 5-seater, terlebih dengan dipadukannya transmisi TST 7 Speeds yang terasa galak namun halus dalam setiap perpindahannya.

Kesimpulan

Berkesempatan mengendarai MG HS varian Excite dari Jakarta menuju Bandung dalam kegiatan Dare to Drive Experience MG 5 GT beberapa waktu lalu, secara konklusi mobil ini terasa nyaman, stabil sekaligus responsif untuk sekelas Medium SUV 5-seater. Namun sayang, saat melaju pada kecepatan di atas 100 km/jam, MG HS Excite yang kami tunggangi timbul getaran dari body bagian belakang yang membuat kami secara spontan mengurangi laju kendaraan.

Baca juga: MG ZS dan MG HS Liverpool FC Limited Edition Buat The Kopites, Apa Sih Istimewanya?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

MG HS

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2016 Toyota FORTUNER VRZ 2.4

Rp 381,00 Juta
Rp 7,76 Juta/bln

94.919 km

7 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2019 Mazda CX-5 ELITE 2.5

Rp 442,00 Juta
Rp 9,01 Juta/bln

45.271 km

4 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 406,00 Juta
Rp 8,27 Juta/bln

84.641 km

5,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2017 Honda CR-V TURBO 1.5

Rp 358,00 Juta
Rp 7,29 Juta/bln

64.558 km

6 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Honda CR-V TURBO PRESTIGE 1.5

Rp 401,00 Juta
Rp 8,17 Juta/bln

76.014 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

ALL NEW MG HS 2020 - ADS

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • MG HS
    Rp 371,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    HS vs Almaz
  • MG HS
    Rp 371,80 Juta
    VS
    Honda HR-V
    Rp 355,90 Juta
    HS vs HR-V
  • MG HS
    Rp 371,80 Juta
    VS
    Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    HS vs Creta
  • MG HS
    Rp 371,80 Juta
    VS
    Honda CR-V
    Rp 489,00 Juta
    HS vs CR-V
  • MG HS
    Rp 371,80 Juta
    VS
    Volkswagen T-Cross
    Rp 488,00 Juta
    HS vs T-Cross
MG HS
Lihat