Kopling mobil keras sering kali dikeluhkan para pemilik kendaraan dengan transmisi manual. Ya, meskipun sebagian besar mobil terbaru hanya menyediakan versi transmisi otomatis atau CVT, nyatanya peminat mobil transmisi manual masih tetap ada.
Tetapi seiring berjalannya waktu, penyakit mobil transmisi manual adalah kopling yang lama kelamaan mulai terasa keras. Ketika pedal kopling diinjak membutuhkan tenaga ekstra. Kemudian tuas transmisi juga jadi sulit untuk digeser posisinya.
Kalau sudah begini pasti menjengkelkan dan mengganggu konsentrasi berkendara. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda perlu mengetahui apa penyebab dan cara mengatasi kopling mobil keras.
Dikutip dari Daihatsu Indonesia, ada beberapa hal yang menyebabkan pedal kopling mobil transmisi manual terasa keras saat diinjak berikut cara mengatasinya
Kampas kopling mobil yang sudah aus atau menipis, dapat menyebabkan gesekan antar komponen jadi lebih sering. Hal tersebut menyebabkan kopling mobil terasa keras saat diinjak.
Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan penggantian kampas kopling yang sudah aus tersebut dengan komponen yang baru. Tapi ingat, beli komponen yang original ya, supaya kenyamanan berkendara kembali normal dan komponen bertahan cukup lama.
Penyebab kedua bisa karena keringnya kabel kopling. Kondisi tersebut terjadi karena jumlah oli sebagai pelumas berkurang.
Untuk mengatasinya, lakukan pengecekan kabel kopling dan memberikan pelumas secara rutin. Jangan sampai kabel ini dibiarkan tanpa perawatan yang pada akhirnya malah bisa putus seketika diperjalanan.
Baca juga: Hindari Kebiasaan Setengah Kopling di Tanjakan, Bikin Kampas Aus dan Gampang Kebakar
Kondisi matahari kopling aus atau usang umumnya terjadi karena faktor usia pemakaian. Kondisi tersebut terjadi karena daya tekanan yang dihasilkan matahari kopling (cover clutch) sudah melemah.
Akibatnya kinerja dari komponen pressure plate terganggu sehingga transmisi mobil sulit digerakkan. Untuk mengatasinya, Anda juga wajib melakukan penggantian matahari kopling ini segera. Tapi lagi-lagi, jangan pakai komponen palsu ya!
Penyebab pedal kopling keras yang lainnya adalah karena kondisi release bearing yang rusak. Komponen ini berfungsi sebagai pendorong pegas diafragma cover clutch.
Apabila release bearing rusak maka pegas diafragma akan tergerus dan melemahkan tekanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda perlu melakukan penggantian release bearing yang rusak dengan komponen yang baru.
Baca juga: Jangan Keburu Panik, Begini Cara Mengatasi Kabel Kopling Mobil Putus di Tengah Perjalanan
Nah yang satu ini tanpa disadari sering memperpendek usia paka komponen transmisi. Ada beberapa kebiasaan buruk pengguna mobil transmisi manual yang sebaiknya dihilangkan. Yaitu:
Demikian beberapa penyebab dan cara mengatasi kopling mobil keras. Kalau Anda mengemudi dengan santai dan mengetahui teknik berkendara yang tepat, tentu saja akan memperpanjang usia pakai komponen pada kendaraan itu.
Tetap safety driving ya!
Jaminan Kualitas Mobil
Garansi Satu Tahun
Jaminan 5 Hari Uang Kembali
Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi
2019 Daihatsu TERIOS X 1.5
19.652 km
4,5 tahun
Jakarta
2017 Toyota AGYA G 1.0
10.656 km
6,5 tahun
Jawa Barat
2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5
5.727 km
1,5 tahun
Jakarta
2019 Toyota CALYA G 1.2
16.171 km
4 tahun
Jawa Barat
2020 Honda BRIO RS 1.2
18.587 km
3 tahun
Jakarta