5 Tanda Ban Harus Diganti, Jangan Anggap Sepele!

Pemilik mobil kerap lupa atau menyepelekan kondisi ban saat berkendara. Padahal pan punya peran vital dalam membuat perjalanan sehari-hari lebih lancar. Setidaknya ada 5 tanda ban harus diganti bila tidak ingin perjalanan terganggu.

Ban punya peran besar dalam rasa berkendara baik itu saat mobil berjalan lancar, berbelok, maupun berhenti. Bahkan ketika Anda mengganti ban lama dengan yang baru, seperti membawa mobil baru karena rasa berkendara berbeda.

Dalam perjalanan tidak selamanya melalui jalan yang mulus, permukaan kasar, panas, lembab hingga berlubang membuat ban mobil cepat aus. Ketahui kapan dan tanda ban harus diganti apa saja?

Baca juga : Ban Mulai Botak Setelah Balik Dari Kampung? Simak Tips Pilih Ban Yang Tepat Untuk Mobil

1. Usia Ban

Tanda pertama yang membuat Anda harus mengganti ban adalah usianya. Setiap ban yang dijual ada tanda ‘tanggal produksi’ di dinding. Perhatikan dua angka terakhir yang menunjukkan tahun produksi.

Sebagai contoh angka ‘3112’, artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-31 tahun 2012. Umumnya usia ban masa pakai hingga 5 tahun tanpa ada kerusakan, atau masa penyimpanan maksimal 10 tahun.

2. Keausan Ban

Setelah pemakaian bertahun-tahun, ban akan aus dengan tanda benang mulai terlihat atau tapak ban sudah habis. Cara termudah untuk mengetahui tanda ban harus diganti adalah melihat Thread Wear Indicator (TWI).

Tanda TWI umumnya ada di pinggir tapak ban berupa segitiga. Tanda tersebut menunjukkan titik terendah pada sebuah alur tapak ban. Bila tapak ban sudah sejajar dengan tanda segitiga, maka ban perlu diganti.

Baca juga : Tips: Merubah Diameter Ban dan Velg Mobil

3. Ban Aus TIdak Rata

Kerusakan ban tidak semata karena pemakaian, ketika tidak dirawat dengan baik maka bisa cepat aus. Umumnya aus yang tidak merata karena benturan dengan lubang, kekurangan atau kelebihan tekanan angin, serta tidak dirotasi dengan tepat.

Keausan yang tidak teratur ini menjadi penyebab ban cepat botak atau dinding mudah retak. Hal ini bisa mengurangi kekuatan ban secara keseluruhan dan mengurangi performa khususnya cengkeraman saat jalanan basah atau licin. Bila sudah seperti ini, maka alangkah baiknya ban segera diganti.

4. Suara Gemuruh Semakin Terdengar

Bila terdengar suara bising yang semakin mengganggu di kabin, maka ini salah satu tanda ban harus diganti. Umumnya ketika tapak ban mulai aus, maka kebisingan ban semakin bertambah karena gesekan dengan aspal yang berkurang.

Jika mobil semakin kencang dan suara bising ban semakin bertambah, maka ini menjadi indikasi ban sudah mulai aus. Namun jika mendadak lebih berisik dari sebelumnya, cek ke toko ban untuk memeriksa alur tapak ban apakah harus diganti atau tidak.

5. Getaran Semakin Terasa

Tidak hanya suara bising yang menjadi tanda ban harus diganti, getaran yang kasar juga salah satu gejala ban mulai aus. Mirip seperti suara bising, getaran akan semakin meningkat atau menurun seiring dengan kecepatan mobil.

Umumnya getaran karena adanya benjolan atau sobekan pada tapak ban. Umumnya hal itu terjadi karena ban menabrak trotoar atau benda besar/tajam di jalan. Bila ban dalam kondisi tersebut, maka harus segera diganti agar tidak celaka saat perjalanan.

Baca juga : Ketahui Sebab Telapak Ban Mobil Cepat Aus Serta Cara Pencegahannya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Wuling Almaz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Jurus Jitu 6 Tahun Wuling Konsisten Manjakan Selera Konsumen di Indonesia

Enam tahun jelas bukan perjalanan singkat bagi Wuling Motors di Indonesia. Terlebih punya pekerjaan rumah besar mengubah stigma negatif yang sempat melekat di pikiran masyarakat akan mobil Tiongkok. Tapi siapa sangka dalam kurun waktu enam tahun Wuling di Indonesia justru mampu membuktikan produknya sanggup bersaing dan menjadi andalan konsumen di Tanah Air. Baca juga: Masuk Tahun Keenam, Wuling Buktikan Merek China Sukses Pikat Masyarakat Indonesia Selama kiprah Wuling di Indonesia, Brand and M

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil