Model Bus Legendaris Garapan Adiputro Sebelum Era Jetbus 5, Ada Travego Hingga Jetbus 3 Voyager

Pekan lalu karoseri Adiputro resmi merilis model bus terbaru yang mereka namakan Jetbus 5. Karoseri asal Malang tersebut menjadi body builder bus yang cukup kawakan dalam industri otomotif di Indonesia. Sebelum era Jetbus 5, karoseri yang digawangi keluarga Jethrokusumo ini kerap merilis model bus ikonik yang juga populer.

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP

Jalan Tol Makin Panjang, Peminat Bus Tronton Makin Banyak Di Indonesia

Awalnya, karoseri dengan nama resmi PT Adiputro Wirasejati ini merupakan body builder minibus seperti Mitsubishi Colt T120 hingga Carry Futura. Karoseri dengan logo kuda jingkrak ini piawai membangun body minim dempulan dengan istilah Full Pressed Body.

Kiprah Adiputro menggarap body bus diawali pada tahun 1994 ketika Adiputro melakukan kerjasama dengan pabrikan bus ternama asal Jerman, Mercedes-Benz. Melalui kerjasama ini, Adiputro mengirim tenaga ahli terbaiknya ke Stuttgart, Jerman untuk belajar mengenai proses pembuatan body dan perakitan yang berstandar internasional.

Sebelum kiprah Jetbus 5, Adiputro telah merilis beraneka model seperti Tourismo, Travego, Setra, Marcopolo, Neoplan, Tourismo, Van Hool, dan beberapa custom sesuai request. Berikut ini ulasan dari tiap model legendaris Adiputro.

Bus Adiputro Tourismo

Ini adalah seri model awal yang dibuat AP dengan pilar samping yang diagonal, membelah jendela samping hingga ke pintu. Bentuk pilar diagonalnya tegas ke bawah hingga mendekati kaca pintu depan bus.

Adiputro Old Travego

Model ini cukup ikonik pada dekade 90-an hingga awal 2000-an. Sesuai dengan namanya, model ini mengadopsi model Travego yang dipasarkan di Eropa.

Body ini memiliki pilar samping melengkung namun lekukannya tidak sampai pintu depan bus. Pada body ini masih mengadopsi model lampu milik Mercy Tiger.

Bus Adiputro Setra, Ada Banyak Varian 

Sukses dengan model old Travego, Adiputro kemudian merilis model bus Setra, yang identik dengan pilar garnish jendela seperti selendang. Setra hadir dengan beberapa varian di bagian lampu baik headlamp dan stoplamp. 

Diawali varian headlamp tiger dan lampu belakang model vertikal , kemudian seri headlamp lampu daun dengan lampu belakang model pistol, dan terakhir seri headlamp smile.

Adiputro New Travego, Cikal Bakal Jetbus Series

Untuk generasi ini muncul pada kisaran 2006, dan mengalami beberapa kali evolusi desain di bagian headlamp dan lampu belakang. Oleh Adiputro, model ini juga disebut sebagai Royal Travego. 

Konsepnya kembali mengikuti model Travego yang dijual di Eropa saat itu. Tidak seperti model Old Travego, New Travego pada pilar B di bagian jendela dan pintu depan bentuknya agak miring. 

Model ini dimulai sejak era lampu smile dengan varian Travego Smile, kemudian varian New Marcopolo (lampu LED biru ala robot). 

Era model Royal Travego bahkan bertahan hingga masuk fase Jetbus generasi pertama yang mencakup seri Jetbus non HD, Jetbus HD, dan Jetbus HD2.

Sebagai informasi, Jetbus HD2 ini memakai headlamp LED dengan desain yang sipit. Desain headlamp ini terus bertahan saat berganti model di era Jetbus 2+.

Adiputro Jetbus 2+ dan Jetbus 2 SHD

Pada generasi Jetbus 2+ ini merupakan evolusi model bus yang kembali lagi menggunakan model selendang Setra Daimler. Untuk headlamp masih mempertahankan desain sipit peninggalan Jetbus HD2.

Dengan kata lain, Jetbus 2+ sebenarnya hanya terjadi perubahan pada selendang yang menggunakan model Setra, karena versi sebelumnya adalah model Travego. Headlamp sipit dan lampu belakangnya ini telah berteknologi LED. 

Pada generasi ini pula Adiputro merilis bus jenis Super High Deck atau bus dek tinggi hingga Super Double Decker alias bus tingkat. 

Jetbus 3 Voyager

Era jetbus 2+ kemudian berevolusi pada model Jetbus 3. Desain garnish selendang jadi lebih tebal tapi pipih. Aksen garnish ini lantas disebut sebagai selendang geprek. 

Tak cuma ubahan pada garnish samping, pihak Adiputro juga mengubah bentuk headlamp yang memakai projector, dan lampu belakangnya memakai model LED plasma. Makin menarik, desain lampu sein memakai pola sequential yang mengalir. 

 

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Odyssey

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Hino Indonesia Academy Jadi Wadah Pelatihan Para Sopir Truk dan Bus

Pengemudi truk dan bus menjadi ini penting dalam ekosistem distribusi barang dan penumpang di Indonesia. Hal ini disadari PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) dengan mengembangkan lembaga Hino Indonesia Academy. Lembaga ini menjadi sarana pelatihan resmi dari HMSI yang turut berkontribusi dalam mendukung Program Ekosistem Prakerja. Diantaranya melalui penyelenggaraan pelatihan mengemudi truk dan bus. Baca juga: Hino Rilis Bus 4x4 Buat Antar Karyawan Pertambangan Berperan Mengentaskan Penganggur

5 Fitur Tersembunyi di Mitsubishi Xforce 2023 yang Bisa Bikin Minder Rival-rivalnya

Mitsubishi Xforce 2023 sudah resmi diluncurkan di Indonesia, ada dua varian yang disodorkan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yaitu tipe Exceed dan Ultimate. Kedua varian ini sama-sama menggunakan mesin tipe 4A91 seperti Xpander dan Xpander Cross dengan teknologi MIVEC, DOHC, 4 silinder berkapasitas 1.499 cc. Dengan mesin tersebut, tenaga yang disemburkan mencapai 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 pada 4.000 rpm, yang disalurkan ke transmisi CVT dan sistem penggerak

Hyundai IONIQ 6 Menyapa Publik Indonesia, Mobil Listrik Paling Aerodinamis

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Hyundai IONIQ 6, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan harga Rp1.197.000.000 On The Road Jakarta. Peluncuran IONIQ 6 semakin mengukuhkan posisi Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia dalam mendorong percepatan elektrifikasi di Tanah Air, khususnya dengan lini kendaraan listrik yang semakin lengkap bersama IONIQ 5. "Progress for Humanity sebagai visi besar perusahaan merupakan dasar dari setiap i

Tegaskan Komitmen di Indonesia, MG Rakit Mobilnya di Fasilitas SAIC Cikarang Mulai Tahun Depan

Pabrikan asal Tiongkok yang mengusung jenama legendaris asal Inggris, Morris Garages (MG) mengumumkan rencana terakhirnya untuk segera merakit lokal produknya di Indonesia mulai kuartal pertama 2024. Yang istimewa mereka mengalokasikan 60% produksinya untuk merakit mobil elektrifikasi lansirannya. Hal ini disampaikan langsung oleh Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia di BSD City, Rabu (16/8), “"Rencana pembukaan pabrik kami bertujuan untuk lebih mendekatkan MG dengan kons

Denso Sebar Diskon dan Bagikan Wiper Gratis Selama GIIAS 2023

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 juga jadi kesempatan bagi para produsen aftermarket dan aksesoris otomotif, tak terkecuali Denso. Mengangkat tema "Shaping A New Reality," pada GIIAS 2023 DENSO berkomitmen untuk menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia, tidak hanya untuk kebutuhan sparepart, tetapi juga mendukung bisnis-bisnis baru di dunia otomotif. Baca juga: Biar Gak Cempreng Lagi, Denso Sediakan Klakson Buat Mobil LCGC yang Bisa Pasang Plug and Play Denso Luncurk

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil