Tegaskan Komitmen di Indonesia, MG Rakit Mobilnya di Fasilitas SAIC Cikarang Mulai Tahun Depan

Pabrikan asal Tiongkok yang mengusung jenama legendaris asal Inggris, Morris Garages (MG) mengumumkan rencana terakhirnya untuk segera merakit lokal produknya di Indonesia mulai kuartal pertama 2024. Yang istimewa mereka mengalokasikan 60% produksinya untuk merakit mobil elektrifikasi lansirannya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Arief Syarifudin, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia di BSD City, Rabu (16/8), “"Rencana pembukaan pabrik kami bertujuan untuk lebih mendekatkan MG dengan konsumen Indonesia melalui adaptasi lokal dan integrasi dengan
rantai pasokan dalam negeri. Kami melihat Indonesia sebagai pasar yang potensial dan strategis. Keputusan ini merupakan bentuk dedikasi kami untuk terus berinvestasi dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia," paparnya.

Baca juga: Pemesanan MG ZS EV Akhirnya Dibuka Pada GIIAS 2023, Catatkan 191 Reservasi

Fasilitas Pabrik SAIC Group di Cikarang

Dalam penjelasannya Arief menyebutkan bahwa fasilitas perakitan yang digunakan adalah fasilitas pabrik milik SAIC Group yang sudah ada sebelumnya di Indonesia, tepatnya di daerah Cikarang, Barat. Sebagaimana diketahui, MG sendiri merupakan bagian dari SAIC Group bersama dengan Wuling yang memang telah memiliki fasilitas tersebut di Indonesia.

“Kami sudah menjadi bagian dari SAIC sejak 2009, sehingga kondisi ini memungkinkan kami dapat fasilitas pabrik milik SAIC Group yang sudah established di Cikarang,” tegas Arief.

Menurut Arief, pada pabrik tersebut akan disiapkan jalur khusus untuk perakitan MG dengan kapasitas produksi yang mencapai 100.000 unit per tahun, baik untuk model dengan teknologi Internal Combustion Engine (ICE) maupun Battery Electrification Vehicle (BEV). “Untuk produksi pertama kami akan fokus pada model dengan ICE dan selanjutnya kami juga akan memproduksi model elektrifikasi kami,” jelasnya.

Pabrik Wuling di Cikarang akan memproduksi MG

Sebagaimana diketahui fasilitas perakitan mobil milik SAIC Group di Cikarang, Jawa Barat saat ini sudah memproduksi model-model Wuling yang dipasarkan di Indonesia sejak 2017 lalu. Memang baik Wuling maupun MG merupakan merek di bawah naungan SAIC International, bahkan di beberapa negara keduanya memiliki model serupa dengan penggunaan merek yang berbeda.

Baca juga: MG Siapkan Pabrik Perakitan di Tanah Air, Bikin Harga Mobil Listrik Semakin Terjangkau

Ekspor dan Fasilitas R&D di Indonesia

Selain memproduksi untuk memenuhi permintaan pasar domestik, dengan kapasitas produksi yang mencapai ratusan ribu unit per tahun, MG juga bertekad untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat riset dan pengembangan serta salah satu hub ekspor bagi pasar mancanegara, terutama di wilayah Asia Tenggara.

“Hal ini tak hanya terbatas untuk pasar Indonesia, tapi juga pasar di Vietnam, Filipina, hingga Australia. Hal ini akan menjadi hal yang luar biasa bagi Indonesia,” ujar Arief. “Hal ini akan menjadi satu langkah strategis bagi MG, dimana Indonesia akan menjadi automotive hub untuk pasar Asia Pasifik,” tegasnya.

Saat ini MG telah memiliki pabrik perakitan di Provinsi Chon Buri Thailand yang mulai beroperasi pada akhir 2017, lokasi tersebut masuk dalam kawasan EEC (Eastern Economic Corridor) yang merupakan pusat logistik regional ASEAN.

Pabrik ini memiliki kapasitas produksi hingga 100.000 unit kendaraan per tahun. Fasilitas tersebut juga menjadi global production hub bagi bagi mobil-mobil setir kanan MG untuk pasar Thailand, ASEAN, serta pasar lain di seluruh dunia.

Pabrik di Thailand itu memproduksi semua tipe mobil MG, termasuk yang dijual di Indonesia seperti MG HS, MG ZS, MG 5 GT, MG ZS EV, dan MG4 EV. Jadi kira-kira, model apa yang akan dirakit MG untuk pertama kali di Indonesia?

Baca juga: Harga Roadster Listrik MG Cyberster Terungkap, Cuma Setara Innova

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

MG 4 EV

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Ahok Tak Mau Masa Depan Mobil Listrik di Indonesia Bernuansa Politis

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama menyatakan, bahwa pemerintah siap mendukung ekosistem elektrifikasi di Indonesia dan mempersiapkan transisi energi terbarukan. Hanya saja, pria yang akrab disapa Ahok tersebut mengungkapkan, Indonesia harus menentukan sikap kemana arah industri otomotif, jangan sampai industri otomotif justru ikut campur dalam ranah politik. Baca juga: Wuling Air ev Lite Jadi Solusi Mobil Listrik Paling Terjangkau "Saya suka kutipan dari yang OICA, jangan biarkan

Wuling Air ev Lite Jadi Solusi Mobil Listrik Paling Terjangkau

Wuling Air ev Lite menjadi "keluarga" baru Wuling Air ev di Indonesia yang diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mengusung semangat "Drive For A Green Life", mobil listrik berdimensi compact ini resmi dipasarkan dengan harga Rp206.000.000 (OTR Jakarta), namun karena mendapatkan insentif PPN dari pemerintah maka konsumen dapat memilikinya cukup dengan Rp188.900.000, yang membuat Wuling Air ev Lite menjadi varian paling terjangkau dari keluarga Air ev. "Se

Daihatsu Perkenalkan Ayla Sport ke Pengunjung GIIAS 2023, Konsep Modifikasi Sporty Buat Harian

Daihatsu Ayla generasi kedua hadir dengan desain yang stylish, serta modif-able. Untuk membuat penampilannya makin modis, PT Astra Daihatsu Motor merillis konsep modifikasi Ayla Sport. Ayla Sport digarap langsung oleh Mark Widjaja selaku Chief Designer PT ADM beserta tim. Konsep modifikasi ini diciptakan sebagai inspirasi untuk pemakaian harian di kalangan pengguna Ayla. Ubahan yang dilakukan sifatnya lebih ke modifikasi penampilan, dengan aksen dual tone. Baca juga: Ada Huruf B di Transmisi Dai

Wuling Air ev Kini Makin Terjangkau, Solusi Hemat Buat Mobilitas di Perkotaan

Wuling Air ev kini hadir dengan varian yang lengkap sebagai solusi mobilitas masyarakat Indonesia dengan kendaraan elektrifikasi. Hadirnya Wuling Air ev Lite di pameran GIIAS 2023, melengkapi variang Air ev lainnya yaitu Standard Range dan Long Range. "Dengan varian Lite, Standard Range, hingga Long Range, Wuling menghadirkan kemudahan untuk melalui beragam kondisi lalu lintas perkotaan bersama Air ev. Melalui inovasi yang menginspirasi, Wuling Air ev dapat menjadi teman perjalanan menuju mobili

Kenal Lebih Dekat dengan Nissan Serena e-Power di GIIAS 2023, Kini Pakai Teknologi Hybrid

Melalui ajang GIIAS 2023, PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) turut memperkenalkan Serena e-Power untuk pertama kalinya di Tanah Air. Nissan sebelumnya telah menghadirkan Nissan Serena (Spesifikasi | Berita) e-Power pada November 2022 sebagai kendaraan ramah lingkungan. Memiliki kode body C28, generasi keenam Serena ini sangat populer di Jepang dan beberapa negara lainnya. Serena e-Power hadir dengan tampilan jauh lebih futuristik dibandingkan model sebelumnya. Seperti yang bisa dilihat

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
MG 4 EV
Lihat