window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP

Enda · 7 Okt, 2022 17:30

Bus Double Decker Gunung Harta

PO Gunung Harta merupakan salah satu perusahaan otobus asal pulau Dewata yang terbilang sukses melayani beberapa trayek bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di pulau Jawa. Awal kemunculannya, PO Gunung Harta (GH) melayani kebutuhan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) seperti Denpasar-Gilimanuk di tahun 1993.

Atas kesuksesannya, sampai dengan saat ini PO Gunung Harta memiliki 73 unit bus AKAP termasuk dengan bus Double Decker (DD) berbodi Jetbus 3+, bersasiskan Volvo B11R yang dipajang di Busworld 2022.

“Kali ini baru 1 unit ini. Untuk unit ini melengkapi 4 unit DD lainnya yang dipakai jalan Malang-Jakarta PP,” ujar I Gede Yoyok Santoso, Direksi Gunung Harta Transport Solutions kepada Autofun Indonesia, Kamis 6 Oktober 2022.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Galeri Foto Bus Baru Yang Bakal Mengaspal di Jalanan Indonesia Tampil di Busworld Southeast Asia 2022

Bus Double Decker Gunung Harta

Bus Double Decker terbaru Gunung Harta

Seperti yang diketahui, untuk bus tingkat terbarunya digunakan sebagai bus cadangan apabila terdapat salah satu bus DD mengalami trouble.

Yoyok menambahkan, setelah bus Double Decker pihaknya berencara menambahkan 6 unit dengan body Ultra High Deck (UHD).

“Body UHD nanti dipakai buat melayani trayek Banyuwangi, Madura, dan Malang untuk tujuan Jakarta dan sebaliknya,” ungkapnya.

Bus Double Decker Gunung Harta

Bagasi bus Double Decker Gunung Harta

Penambahan unit bus dengan bodi UHD sendiri karena jarak, kenyamanan serta pengiriman paket yang bisa membawa barang banyak di dalam bagasi.

“Seperti yang kita tahu bodi UHD dipasang di sasis premium dengan kapasitas bagasi besar. Dengan begitu selain nyaman, bus bisa bawa paket lebih banyak karena permintaan pengiriman jumlah paket ke sana banyak,” serunya.

Baca juga: Jalan Tol Makin Panjang, Peminat Bus Tronton Makin Banyak Di Indonesia

PO Gunung Harta Kembali Isi Line Jember-Jakarta PP dengan Bus Tingkat

Bus Double Decker Gunung Harta

Trayek Jember-Jakarta PP akan kembali diisi oleh bus Double Decker

Selain rencana penambahan unit UHD untuk beberapa trayek, PO Gunung Harta juga akan kembali mengisi line (trayek) Jember-Jakarta PP dengan bus tingkat DD.

“Pernah waktu itu trayek Jember-Jakarta (PP) diisi dengan unit DD. Terus kita fokuskan dulu bus ke Malang. Nah nantinya trayek Jember itu juga akan kita isi kembali dengan DD,” sambungnya.

Mengenai armada yang digunakan, Yoyok mengatakan, nantinya untuk trayek tersebut akan menggunakan bus yang sebelumnya dipakai Malang.

“Malang dapat baru, nah DD untuk jatah Jember-Jakarta (PP) nantinya pakai yang sebelumnya jalan Malang,” katanya.

Bus Double Decker Gunung Harta

Kokpit bus Double Decker Gunung Harta

Untuk armada premium sendiri PO Gunung Harta berencana menggunakan Volvo B11R. Melihat daripada spesifikasinya, bus ini dibekali mesin diesel D11K 11.000 cc 6-silinder segaris yang dilengkapi turbocharged dan aftercooler sehingga mampu menyemburkan tenaga sebesar 430 Hp dengan torsi maksimal 1.970 Nm. Untuk gearboxnya didukung dengan transmisi i-Shift AMT 12 percepatan dengan menggendong teknologi tiptronic, yang bisa diatur pada mode manual dan otomatis.

Oh iya, transmisinya terintegrasi dengan retarder dan Electronic Control System (ECS) yang mana dapat memberikan kemudahan terhadap pengemudi disaat melakukan pengereman. Soal fitur keselamatan, Volvo B11R berhasil tersematkan disc brake pada semua rodanya yang telah mendukung teknologi Electronic Braking System (EBS), Anti-lock Braking System (ABS), Brake Blending, Hill Start Aid, serta Brake Assist.

Bukan cuma itu, bus ini juga dilengkapi Volvo Electronic Stability Program (ESP), Volvo compact retarder dan Volvo Engine Brake (VEB) untuk mendukung keselamatan berkendara yang lebih baik. Untuk menjamin kenyamanan penumpangnya, bus telah tersematkan suspensi udara dengan Electronically Controlled Suspension (ECS).

Baca juga: Tenaga Lebih Besar, Apa Keunggulan Lain Bus Volvo B11R Dibanding Scania K410IB?

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP 05

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP 06

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP 07

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP 08

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP 09

PO Gunung Harta Tambah Satu Bus Double Decker Bersasis Volvo B11R, Ramaikan Line Malang-Jakarta PP 10

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil