9 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Terlibat Kecelakaan di Jalan

Tidak ada seorangpun ingin mengalami kecelakaan di jalan, karena hal itu tidak hanya dapat merugikan materi, tapi juga waktu dan bisa menimbulkan traumatis. 

Seperti halnya kecelakaan beruntun di tol MBZ yang menyebabkan beberapa mobil mengalami kecelakaan akibat sebuah mobil melawan arah. 

Namun begitu, jika Anda mengalami kecelakaan, maka sebaiknya lakukan beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti, agar hal itu setidaknya tidak merugikan diri sendiri dan menimbulkan penyesalan, terlebih materi.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Truk dan Kontainer Sering Jadi Kambing Hitam Kecelakaan Lalu Lintas

Kondisi jalan tol MBZ. (Foto NTMC Polri)

Untuk lebih detail apa saja yang harus dilakukan dan dihindari jika terlibat kecelakaan di jalan, berikut ulasannya.

1. Menepi dan Matikan Mesin

Setelah mengalami kecelakaan, hal yang perlu Anda lakukan adalah menepi ke sisi jalan. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal yang tak ingin kembali terulang.

Selain itu, dengan menepi ke sisi atau bahu jalan, maka dapat juga menghindari kemacetan.  

Setelah menepi, mesin mobil juga perlu dimatikan, untuk mengurangi resiko munculnya konsleting listrik, sehingga bisa jadi pemicu kebakaran. 

Perlu dicatat, jangan mencoba menghentikan kendaraan lain hanya untuk memeriksa kondisi mobil Anda yang ada di tengah mobil karena tak bisa bergerak. Sebab, hal itu justru berbahaya, terlebih jika di jalan tol. 

2. Periksa Kondisi Diri Sendiri Lalu yang Lainnya

Sekecil apapun kecelakaannya, pastikan Anda mengetahui bagaimana kondisi diri sendiri, untuk memastikan ada atau tidak bagian tubuh mengalami nyeri atau cidera.

Jika memang merasakan sakit walau sedikit, sebisa mungkin setelah urusan selesai lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pasalnya tak sedikit beberapa cedera yang awalnya terasa ringan, namun sangat beresiko di kemudian hari.

Jika ada bagian tertentu seperti leher cedera, maka jangan mencoba untuk mengevakuasi tanpa tahu tata caranya. 

Baca juga: Mencegah Tragedi Tabrakan Beruntun di Brebes Terulang, Begini Cara Aman Hadapi Kabut Asap di Jalan Tol

Ilustrasi pengemudi tersulut emosi. (Foto: Istimewa)

3. Tetap Tenang

Memang ketika kecelakaan Anda akan merasa shock karena ini hal yang tak pernah direncanakan. Akan tetapi yang perlu Anda lakukan adalah tetap tenang, agar tetap bisa berpikir panjang.

Maka dari itu, dengan kepala dingin tanda sekitar mobil seperti menyalakan lampu hazard, agar mobil di belakang bisa mengetahui apa yang terjadi di depan. 

Jika mobil tidak bisa dipindahkan, maka Anda bisa memberi segitiga pengaman di belakang mobil dan tetap menyalakan lampu hazard.

4. Temui Pengendara Lain yang Terlibat

Setelah melihat kondisi diri sendiri, maka Anda bisa mengecek yang lainnya seperti penumpang. Termasuk pengendara lain yang terlibat dan tak lupa menanyakan bagaimana kondisinya. 

Sebisa mungkin hindari perkelahian, dan tetap bersikap baik. Pasalnya, meski kecelakaan sangat merugikan, sebaiknya Anda menahan amarah, karena jika kehilangan kesabaran hal itu tidak mengubah apapun, justru akan semakin tidak menyenangkan. 

Anda juga bisa membantu pengendara lain jika mereka merasa sulit keluar dari mobil. Selain itu, bawa semua orang yang berada atau terlibat saat kecelakaan di lokasi yang aman seperti trotoar.

Mobil masuk kolong truk kontainer. (Foto Istimewa)

5. Cek Kondisi Mobil dan Foto

Ketika semua merasa sudah tenang, maka Anda sebaiknya melakukan pengecekan bagian mobil, mana saja yang mengalami kerusakkan. 

Jangan lupa, ambil kamera atau smartphone lalu, ambil beberapa bukti berupa foto atau vide penting di lokasi kecelakaan, seperti seperti kerusakaan mobil hingga jejak pengeraman ban. 

Anda juga perlu mencatat nomor polisi kendaraan yang menabrak atau yang ditabrak.

Baca juga: 5 Ciri Ini Bikin Anda Tidak Tertipu Beli Mobil Bekas Tabrakan Depan

6.  Menghubungi Polisi, Medis atau Petugas Tol

Pasca kecelakaan, Anda perlu menghubungi petugas kepolisian, layanan medis atau jika di jalan bebas hambatan menghubungi petugas tol. 

Berikan informasi mengenai kronologi kejadian kecelakaan, serta sebutkan bagaimana kondisi pengemudi, penumpang, dan pengendara lainnya. 

Ketika petugas datang, maka Anda juga wajib menanyakan siapa nama, jabatan, nomor anggota, termasuk nomor kontaknya.

Dengan menghubungi petugas kepolisian, maka ini sangat penting untuk meredakan situasi dan bisa menjadi penengah dalam mengambil keputusan. 

Petugas kepolisian dan tol melakukan evakuasi kecelakaan. (Foto: NTMC Polri)

7. Saling Bertukar Informasi Asuransi

Anda perlu mencatat nomor kontak pengendara lain yang  terlibat saat kecelakaan, serta nama pengemudi atau pemilik mobil, alamat, plat nomor, SIM dan STNK.

Selain itu, hal penting untuk mengurangi kerugian materi adalah menghubungi pihak asuransi.

Maka dari itu, berikan beberapa data lengkap termasuk melampirkan laporan polisi untuk mengajukan klaim ke pihak asuransi. 

Jangan melakukan pembayaran atau kerap disebut uang damai, apalagi tanpa sepengetahuan perusahaan informasi.

Saat melakukan bertukar informasi, Anda tidak perlu memberikan beberapa informasi lain yang penting lainnya. Termasuk kepada orang lain yang tidak terlibat dalam kejadian.

8. Cari Saksi

Setelah mengalami kecelakaan, tidak ada salahnya Anda memantau sekitar lokasi. Terlebih lagi adalah saksi dan juga CCTV.

Hal ini karena bisa dijadikan sebagai bukti rincian kecelakaan, sehingga bisa dijadikan data, yang bisa saja dipakai asuransi maupun peradilan. 

CCTV bisa jadi bukti saat kecelakaan . (Foto: Istimewa)

9. Jangan Langsung Meninggalkan TKP

Jika mengalami atau terlibat kecelakaan, sebaiknya jangan coba-coba meninggalkan lokasi tempat kejadian perkara atau TKP dengan alasan sepele.

Sebab, jika menurut Anda biasa, maka belum tentu bagi pengendara lainnya itu hal wajar. Atau sebaliknya. 

Selain itu, jika Anda terlibat kecelakaan dengan kendaraan yang parkir, maka Anda bisa menunggu pemiliknya kembali.

Pasalnya, mungkin saja mobil Anda terpantau CCTV, yang nantinya justru akan jadi hal lebih kacau. Diketahui, di beberapa negara, jika meninggalkan lokasi kecelakaan justru akan dikenakan denda yang cukup mahal. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Kijang Innova

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

11 Brand Otomotif di Indonesia yang Jual Mobil Listrik Beserta Harganya, Pilih yang Mana?

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 memang sudah usai, namun selama gelaran tersebut semakin menampakan siapa saja yang turut menghadirkan mobil listrik. Ya, isu mobil listrik semakin santer terdengar, apalagi pemerintah Indonesia juga sangat mendukung dalam percepatan program pengembangan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Tanah Air. Hanya saja, meski sepanjang GIIAS 2023 lalu banyak mobil-mobil listrik bermunculan, namun sejati

Selama Masih Ada Peminat, Mobil Diesel Tak Akan Dihapus

Isu akan mobil diesel dihapus lantaran dianggap memiliki emisi gas buang yang sangat tinggi sepertinya akan sulit untuk terealisasi dalam waktu cepat. Mengingat permintaan terhadap mobil berbahan bakar solar ini masih tetap ada, bukan hanya di Indonesia yang gemar mobil-mobil diesel, tapi juga negara-negara maju seperti Eropa. Baca juga: Dipasangi Genset Diesel, Tesla Model S Ini Sanggup Berjalan Hingga 1.609 Kilometer Mobil Diesel Dihapus Ketika Permintaannya Terhenti Jika sedikit kilas balik k

Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik via Whatsapp, Sekali Klik Data Ponsel Hilang Seketika

Berbagai cara para pelaku kejahatan melakukan tindak kriminal, termasuk penipu yang mengatasnamakan pihak kepolisian RI. Ya, semenjak diterapkan tilang elektronik oleh kepolisian RI, kini kerap kali muncul modus operandi pengiriman surat tilang digital (E-TLE) melalui media Whatsapp baik berupa file APK, File PDF ataupun file lainnya. Atas dasar inilah, akun media sosial Instagram NTMC Polri menegaskan, Korlantas Polri, Ditlantas, dan Satlantas Polda jajaran hanya mengirimkan konfirmasi surat ti

Paket Komplit, BF Goodrich Luncurkan Ban Balap yang Cocok Buat Daily

Dikalangan pecinta off-road, ban BFGoodrich sudah sangat tersohor. Supaya dapat lebih dikenal masyarakat luas, PT Multistrada Arah Sarana selaku perusahaan tunggal yang menaungi merek BFGoodrich sekaligus brand Michelin di Indonesia menghadirkan BFGoodrich g-Force PHENOM T/A. Ban jenis medium compound dengan Ultra High Performance ini memastikan pengalaman berkendara yang mana pengemudi dapat merasakan sensasi kendali optimal saat akselerasi, tikungan tajam, serta pengereman keras. “Ban ini meng

Promo Perawatan Transmisi dan Kaki-kaki Nissan Grand Livina, Bikin Enteng Kantong

Nissan Indonesia kembali menghadirkan promo paket perawatan. Kali ini model yang dapat promo perawatan yaitu Nissan Grand Livina L10 dan L11 Series (termasuk series X-Gear). Berdasarkan keterangan resmi yang diterima redaksi Autofun Indonesia, program ini berlaku selama periode 8 September sampai 31 Oktober 2023. Baca juga: 5 Hal Penting Sebelum Beli Nissan Grand Livina, Mobil Keluarga dengan Kenyamanan Ala Sedan Jadi Varian Langka, Apa Istimewanya Nissan Grand Livina 1.8 Bekas? Masih Banyak Dib

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil