Waspada Penipuan Modus Surat Tilang Elektronik via Whatsapp, Sekali Klik Data Ponsel Hilang Seketika


Berbagai cara para pelaku kejahatan melakukan tindak kriminal, termasuk penipu yang mengatasnamakan pihak kepolisian RI. 

Ya, semenjak diterapkan tilang elektronik oleh kepolisian RI, kini kerap kali muncul modus operandi pengiriman surat tilang digital (E-TLE) melalui media Whatsapp baik berupa file APK, File PDF ataupun file lainnya. 

Atas dasar inilah, akun media sosial Instagram NTMC Polri menegaskan, Korlantas Polri, Ditlantas, dan Satlantas Polda jajaran hanya mengirimkan konfirmasi surat tilang elektronik atau ETLE melalui konfirmasi yang dikirimkan langsung ke alamat pemilik kendaraan bermotor. 

Baca juga: Banyak Pejabat Lewat Bahu Jalan, Hotman Paris Minta Polisi Tetap Tilang Semua Pelanggaran di Jalan Tol

"Berhati-hatilan Sahabat lantas bila mendapatkan konfirmasi surat tilang digital melalui media Whatsapp, itu merupakan bentuk penipuan yang bila Sahabat buka pesan dari file tersebut, maka data di handphone Sahabat lantas bisa berpindah tangan atau disalahgunakan," ucap Briptu Putu Fungkie dalam akun Instagram @ntmc_polri.

Seperti diketahui, sudah sewajarnya jika pengendara yang mendapatkan tilang ETLE, maka petugas akan mengirimkan surat konfirmasi atas pelanggaran yang terjadi.

Perlu dicatat, surat konfirmasi tilang tersebut bukan melalui Whatsapp, melainkan langsung ke alamat kendaraan yang terdaftar di Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). 

Baca juga: Tilang Manual Bisa Bikin Polisi Kembali Semangat Tugas di Jalan

Jika Mendapatkan Surat Tilang Elektronik via Whatsapp

Nah, jika Anda mendapatkan nomor tidak dikenal dan memberikan pesan melalui Whatsapp atau pesan singkat lainnya, maka jangan dibuka.

"Apabila Sahabat lantas terlanjur membuka isi file tersebut segera dihapus agar data di handphone Sahabat lantas tidak disalahgunakan oleh pelaku," ucap Briptu Fungkie.

Baca juga: Takut Kena Tilang? Ini Daftar Lokasi dan Harga Uji Emisi di Jakarta

Pusat kontrol kamera E-TLE

Namun sebisa mungkin, Anda tidak perlu membuka atau mengklik dokumen yang diminta untuk dibuka. 

Jika ragu, Anda juga bisa melihat siapa pemilik nomor tersebut melalui aplikasi, seperti Getcontact. Karena biasanya, ketika menyalin nomor tersebut dan ke Getcontact, biasaya ada orang lain yang juga menyimpan nomornya, dengan memberikan nama Penipu atau lainnya. 

Maka dari itu, sudah sewajarnya kita selalu berhati-hati, waspada dan tak perlu panik. 

Oia, situs resmi Kementerian Informasi juga sudah mengumumkan, bahwa surat tilang elektronik melalui Whatsapp pribadi adalah aksi penipuan. 

Cara Cek e-Tilang secara Online

Lalu bagaimana cara cek e-tilang secara online? 

  1. Guna memastikan apakah sudah melakukan pelanggaran dan sudah ditilang atau tidak, pengendara dapat mengeceknya secara daring dengan cara berikut ini:
  2. Kunjungi laman https://etle-pmj.info/id/check-data;
  3. Silakan isikan nomor plat kendaraan, nomor mesin, dan nomor rangka pada di STNK;
  4. Setelah semuanya terisi, klik ‘Cek Data’;
  5. Jika tidak ada pelanggaran maka akan keluar kalimat ‘No data available atau data tidak ditemukan’;
  6. Sementara jika ada pelanggaran, data akan keluar. Nantinya akan tercatat waktu, lokasi, status pelanggaran serta terlihat tipe kendaraan.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Mobilio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Berburu Mobil Bekas, Segini Usia dan Jarak Tempuh yang Dianggap Mobil Capek

Saat kita berburu mobil bekas, aspek penting yang kita jadikan pertimbangan ialah usia kendaraan dan jarak tempuh. Keduanya sedikit banyak bisa menggambarkan kondisi mobil saat berada di tangan pemilik sebelumnya. Selagi pedagang mobil bekas itu jujur dan odometernya tidak diputar balik, maka jarak tempuh bisa jadi acuan kondisi mobil. Walau mobil tersebut tahun produksinya relatif tua, tapi bila jarak tempuhnya rendah maka kondisi mesinnya dianggap masih bugar. Baca juga : 5 Mobil Bekas Termura

Akio Toyoda Nyetir Sendiri dan Puji Honda HR-V Hybrid, Wah Ada Apa?

Akio Toyoda merupakan orang nomor satu di pabrikan mobil asal Jepang, Toyota, sebab dia adalah Chairman Toyota Motor Corporation yang sebelumnya menjabat sebagai President and CEO Toyota Motor Corporation. Namun beberapa waktu lalu, cucu pendiri Toyota, Kiichiro Toyoda, ini menghebohkan dunia maya, karena ia pamer diri sedang mengendarai sebuah Honda HR-V e:HEV (hybrid). Entah apa maksud dari beredarnya video tersebut, namun unggahan video singkat di media sosial Twiter itu langsung diserbu bany

5 Keunggulan Kia Carnival Diesel Gen 1, Mobil Keluarga Rp50 Jutaan!

Bicara MPV full size berbody bongsor, Kia Carnival sudah lebih dulu meramaikan kancah otomotif Tanah Air ketimbang Toyota Alphard (Spesifikasi | Berita). Carnival telah hadir di Indonesia pada tahun 2000. Bukan cuma diesel 2.9L turbocharger, mobil ini juga memiliki opsi mesin bensin 2.5L V6. Namun sayang, versi mesin bensinnya jarang diminati lantaran seringkali dikeluhkan pemiliknya karena terbilang boros bahan bakar. Karena boros BBM dan lebih sulit mendapatkan spare part, untuk harga bekas Ca

Supaya Laris, Konsep Program Mobil LCGC Perlu Diterapkan di Mobil Listrik

Penjualan mobil listrik rupanya perlu formula dan strategi baru agar semakin dilirik konsumen, sehingga terwujud program percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB). Hal inilah yang membuat Sekretaris Jenderal Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Kukuh Kumara berpendapat, agar pola mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) alias Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar Harga dan Terjangkau (KBH2) bisa juga diterapkan pada mobil listrik. "LCGC

Gallery Foto: Ketika Wuling Air ev Temani Para Delegasi KTT ASEAN 2023 di Jakarta

Mobil listrik Wuling Air ev kembali bertugas untuk menemani para tamu negara-negara sahabat yang dtaang ke Indonesia. Setelah sukses menjadi Official Car Partner dalam gelaran KTT ASEAN 2023 ke-42 di Labuan Bajo, kini Wuling Motors (Wuling) mengambil bagian dalam acara bertaraf internasional KTT ASEAN ke-43 yang diselenggarakan di Jakarta 5-7 September 2023. Baca juga: Wuling Air ev Siap Bertugas untuk Tamu KTT ASEAN di Jakarta Dalam rangka menghadirkan mobilitas yang ramah lingkungan, Wuling Ai

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil