Stiker Lulus Uji Emisi Dijual Online, Fix Palsu

Kebijakan pemerintah untuk mengurangi gas buang kendaraan melalui kewajiban lulus uji emisi di Jakarta ternyata jadi celah oknum tak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan. 

Padahal, untuk menentukan lulus uji emisi adalah pihak penyelenggara seperti bengkel yang terdaftar di sistem DKI Jakarta, terhadap kendaraan yang sudah diuji dan hasil akhir di bawah ambang batas. 

Maka dari itu, akun media sosial Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakaan Lingkungan atau @ditjenppkl_klhk menyatakan, jangan tergiur tawaran sesat stiker uji emisi yang ada di toko online.

"Sticker uji emisi *BUKAN MENJADI BUKTI LULUS UJI EMISI*. Validasi lulus uji emisi hanya melalui sistem informasi SI UMI. Hati-hati, Sob," tulis akun @ditjenppkl_klhk.

Baca juga: Tenang, Mobil Modifikasi Masih Bisa Lulus Uji Emisi

Akun ini juga menghimbau, agar para pemilik kendaraan yang belum melakukan uji emisi, untuk bisa mendaftarkan dan mengujinya di tempat yang terdaftar di sistem DKI Jakarta di laman: ujiemisi.jakarta.go.id.

"Atau kamu juga bisa lakukan secara gratis pada program yang dilaksanakan oleh pemerintah. Pastikan uji emisi dilakukan cara yang benar, hindari penipuan, dan terhindar dari kerugian karena hoax," tulisnya. 

Stiker Lulus Uji Emisi Dijual Mulai dari Rp5000

Stiker Uji Emisi dijual online​​​

Seperti diketahui, saat ini ditemui stiker lulus uji emisi yang dijual secara online melalui platform e-commerce. 

Bahkan harganya stiker tergolong sangat murah, yaitu dibanderol Rp5.000-8.000 dengan bahan vinyl ukuran 10 x 6,5 cm.

Dari pantauan AutoFun, penjualan yang berasal dari Tangerang Selatan tersebut menyatakan, bahwa stiker yang dijualnya tahan air dan ready stok sebanyak 1914 lembar.

Hal ini diamini beberapa konsumen yang sudah menjual dan mereka memberikan penilain produk stiker lulus uji emisi  dengan bintang lima. 

"Alhamdulillah sticker vinyl lulus uji emisi telah smp dengan selamat..penjual fast response..terima kasih" tulis sang konsumen. 

Baca juga: Mobil Gak Lulus Uji Emisi Jakarta Bakal Kena Tarif Parkir Lebih Mahal, Catat Lokasinya

Sanksi Tidak Lulus Uji Emisi

Adapun penindakan dilakukan pada kendaraan yang tak lolos uji emisi, dengan dasar hukum Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Mereka yang tak lulus uji emisi akan dikenakan pasal 285 ayat 1, yang berbunyi:

Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250.000.

Kemudian ditegaskan mengenai besaran denda tilangnya melalui pasal 286, yaitu:

Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Livina

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

9 Hal yang Wajib Dilakukan Setelah Terlibat Kecelakaan di Jalan

Tidak ada seorangpun ingin mengalami kecelakaan di jalan, karena hal itu tidak hanya dapat merugikan materi, tapi juga waktu dan bisa menimbulkan traumatis. Seperti halnya kecelakaan beruntun di tol MBZ yang menyebabkan beberapa mobil mengalami kecelakaan akibat sebuah mobil melawan arah. Namun begitu, jika Anda mengalami kecelakaan, maka sebaiknya lakukan beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti, agar hal itu setidaknya tidak merugikan diri sendiri dan menimbulkan penyesalan, terlebih materi. Ba

Suzuki Grand Vitara X-Line Concept, Inspirasi Modifikasi Street Racing

Generasi terbaru Suzuki Grand Vitara (Spesifikasi | Berita) hadir sebagai SUV kompak dengan membawa desain stylish, atraktif dan juga futuristik. Berkat desain yang dimiliki tak sedikit para digital modification (digimod) melakukan modifikasi bentuk secara virtual. Seperti yang dilakukan salah satu seniman digital, Bimble Designs. Pelaku dari aktivitas modifikasi tersebut membuat karya yang dinamakan Grand Vitara X-Line Concept. Berbeda dengan konsep pabrikan yang menghadirkan Grand Vitara sebag

Auto2000 Cari Mekanik Terbaik Buat Jadi Perwakilan di Asia Pasifik

Jaringan bengkel resmi Toyota, Auto2000 kembali menggelar kontes kemampuan para mekanik dan frontliner-nya. Bertajuk Auto2000 Best People Contest 2023, tahun ini tema yang diangkat adalah “Uprising the Champion”. Ada lima kategori yang dilombakan, yaitu Service Advisor, Foreman, Partsman, THS-Auto2000 Home Service, dan Teknisi General Repair. "Ini merupakan komitmen Auto2000 untuk melakukan peningkatan kualitas SDM secara berkelanjutan" kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head A

11 Brand Otomotif di Indonesia yang Jual Mobil Listrik Beserta Harganya, Pilih yang Mana?

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 memang sudah usai, namun selama gelaran tersebut semakin menampakan siapa saja yang turut menghadirkan mobil listrik. Ya, isu mobil listrik semakin santer terdengar, apalagi pemerintah Indonesia juga sangat mendukung dalam percepatan program pengembangan ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Tanah Air. Hanya saja, meski sepanjang GIIAS 2023 lalu banyak mobil-mobil listrik bermunculan, namun sejati

Selama Masih Ada Peminat, Mobil Diesel Tak Akan Dihapus

Isu akan mobil diesel dihapus lantaran dianggap memiliki emisi gas buang yang sangat tinggi sepertinya akan sulit untuk terealisasi dalam waktu cepat. Mengingat permintaan terhadap mobil berbahan bakar solar ini masih tetap ada, bukan hanya di Indonesia yang gemar mobil-mobil diesel, tapi juga negara-negara maju seperti Eropa. Baca juga: Dipasangi Genset Diesel, Tesla Model S Ini Sanggup Berjalan Hingga 1.609 Kilometer Mobil Diesel Dihapus Ketika Permintaannya Terhenti Jika sedikit kilas balik k

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil