Heboh Mobil PJR Ditabrak di Bahu Jalan Tol JORR, Netizen Ingatkan Pengemudi

Kamis pagi, 14 September 2023 lini masa media sosial Instagram ramai memberitakan tentang sebuah unggahan video yang memperlihatkan mobil Patroli Jalan Raya (PJR) yang ditabrak oleh pengendara lain saat ada di bahu jalan.

Kondisi mobil patroli bagian belakangnya hancur

Bagian bemper belakang mobil dinas polisi tersebut sampai terlepas, kaca mobil pun terlihat jatuh ke atas aspal, serta lampu-lampu belakang mobil pecah.

Menurut desktripsi dalam video tersebut, kejadiannya ada di Tol JORR (Jakarta Outer Ring Road).

"Mobil PJR ditabrak oleh pengendara karena melewati bahu jalan di Tol Jorr," tulis deskripsi di akun tersebut.

Baca juga: Banyak Pejabat Lewat Bahu Jalan, Hotman Paris Minta Polisi Tetap Tilang Semua Pelanggaran di Jalan Tol

Polisi Berhenti di Bahu Jalan untuk Mengawasi Kondisi Lalu Lintas

Kejadian ini langsung ditanggapi Kanit II Walsus Subdit Wal dan PJR Korlantas Polri Iptu Max Punuh. Menurut dia mobil patroli yang terlihat berhenti di bahu jalan tol sebenarnya sedang memantau pergerakan lalu lintas di wilayh tersebut.

"Mobil patroli yang berhenti di bahu jalan adalah anggota yang sedang melakukan patroli dan melakukan pantauan arus lalu lintas," katanya dikutip dari Instagram NTMC Polri.

Ia juga menyayangkan banyak pengendara di jalan tol yang melintas di bahu jalan, padahal bahu jalan adalah badan jalan yang hanya boleh dipakai untuk mengevakuasi korban ketika terjadi kecelakaan, sehingga seharusnya bahu jalan steril.

Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol, Jangan Jadi Kesempatan Buat Kebut-kebutan!

Ingat, Bahu Jalan Tol Bukan untuk Mendahului

Banyak pengemudi yang menggunakan bahu jalan tol

Kejadian mobil PJR ditabrak di bahu jalan tol ini kembali mengingatkan kita semua akan bahayanya melintas di bahu jalan tol.

Karena menurut Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, pada Pasal 41 ayat (2) disebutkan tentang Penggunaan bahu jalan yang diatur sebagai berikut:

a. digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat;
b. diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat;
c. tidak digunakan untuk menarik/menderek/ mendorong kendaraan;
d. tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan/atau barang dan/atau hewan;
e. tidak digunakan untuk mendahului kendaraan. 

Sementara kalau melanggar aturan tersbeut, maka pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan ANgkutan Jalan, pada Pasal 287 ayat (1) disebutkan ada ancaman hukuman pidana paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500.000.

Baca jugaKapolri Tak Ingin Petugas Pakai Lampu Strobo dan Sirine Saat Jalanan Sedang Padat

Komentar Netizen Mobil PJR Ditabrak di Bahu Jalan Tol

Belum diketahui gimana kondisi pengemudi yang emnabrak mobil PJR ini

Kejadian ini menjadi viral lantaran banyak sekali komentar dari warganet yang bermunculan di akun Instagram tersebut, berikut beberapa diantaranya:

@suryahoetama: "Gimana kondisi yang nabrak? Setres ga? 😂😂"

@smart.m4t: "Yg nabrak pasti ketar ketir... 😂 , selain tilang jgn lupa sim di cabut + mbl & supir di tahan sekalian pak ✌"

@denricko112: "5 W + 1 H waduh waduuh waduuhh waduuuhhh waduuhhh haduuuh"

@biethoms99: "Kebiasaan nyalip kiri ..😂😂😂😂😂"

@mozezpaz: "Totalannya ganti mobil baru x 2 😅"

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi L300

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Berbagai Kendaraan Berat Mirip Transformer Unjuk Gigi di Pameran IEE 2023

Gelaran Indonesia Energy & Engineering (IEE) 2023 yang di organizer PT Pamerindo Indonesia dihelat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, pada 13-16 September 2023. Pameran yang berlangsung selama empat hari ini, menggabungkan delapan pameran berskala internasional penyokong berbagai sektor penting penggerak ekonomi. Termasuk sektor kelistrikan dan energi, tambang, migas, konstruksi dan pembangunan infrastruktur, pengecoran logam, sampai sektor pengairan dan pengolahan limbah. Baca juga: 3 Alasan Kenapa

Chery Buka Showroom di Qbig BSD City, Ada Fasilitas Servis Juga

Dealer ini dinamakan Chery Qbig City Store yang berada di pusat perbelanjaan Qbig BSD City dan melyani penjualan unit dan juga servis berkala. Chery terus berusaha mendekatkan konsumennya di Indonesia dengan memberikan layanan-layanan premium. Selain menghadirkan produk-produk yang memiliki keunggulan dealer-dealer Chery juga terus diresmikan agar mempermudah konsumen dan calon konsumen merasakan layanan dari merek jenama China ini. Kini, PT Chery Sales Indonesia (CSI) membuka showroom Chery Qbi

Mengenal Kelebihan Timing Gear di Mesin Mobil, Jadi Andalan Isuzu MU-X

Dalam sistem kerja di sebuah mesin, butuh komponen yang mengatur timing atau waktu untuk menciptakan momentum pembakaran yang tepat. Dalam mesin diesel yang dituntut bekerja berat, timing pembakaran diatur oleh komponen dengan sebutan Timing Gear. Tidak banyak yang tahu bila timing gear punya kelebihan soal durabilitas dibandingkan timing chain sekalipun. Biasanya, timing gear lebih sering ditemukan pada mobil yang memiliki mesin dengan performa tinggi atau dengan kerja berat. Salah satu mobil p

Ferrari Purosangue Debut di Indonesia, Jadi Salah Satu Crossover Tercepat Tanah Air

Ferrari Purosangue hari ini, Rabu (13/9) resmi diluncurkan di Indonesia. Kemunculannya tepat setahun setelah peluncuran perdananya di kota Pisa, Italia. Mobil dengan konfigurasi empat pintu dan empat kursi ini jadi yang pertama dalam 75 tahun sejarah Ferrari. Purosangue yang bermakna pure blood menetapkan standar baru dalam industri otomotif, berkat tata letaknya yang inovatif. Baca juga: Beda Sama Mobil Lain, Periode dan Biaya Servis Ferrari Unik! Ferrari 296 GTS Atap Terbuka Meluncur di Indone

BP Hapus BBM RON 90, Pertalite Menyusul Tahun Depan

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) BP-AKR dipastikan tidak lagi menjual bahan bakar minyak jenis BP 90, yang notabenenya memiliki nilai oktan 90 seperti Pertalite. Dalam keterangan tertulisnya, penghentian penjualan BP 90 dilakukan sejak 1 Agustus 20223 di semua SPBU BP-AKR yang ada di wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur. "Saat ini, produk bahan bakar berkualitas yang tersedia di seluruh jaringan SPBU BP adalah BP Ultimate, BP 92 dan BP Diesel," tulis keterangan resmi BP-AKR. Baca juga: Ha

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil