VinFast Siap Kucurkan Rp18,3 triliun untuk Bikin Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

Merek mobil asal Vietnam, Vinfast, dikabarkan akan mendirikan pabrik untuk memproduksi mobil listrik di Indonesia, pada tahun 2026 mendatang. 

Sama seperti pabrikan otomotif lainnya, produksi mobil VinFast juga sudah menggunakan robot untuk pengelasan  (Foto: VinFast)

Melansir Reuters, perusahaan mobil milik konglomerat Vietnam Pham Nhat Vuong ini, dikabarkan akan mengucurkan dana hingga  USD1,2 miliar untuk investasi atau setara Rp18,36 triliun, di pasar Indonesia dalam jangka panjang. 

Dari jumlah tersebut, setidaknya USD200 juta akan digunakan untuk pembuatan pabrik di Indonesia, dengan target produksi pada tahun 2026 sebanyak 30.000 hingga 50.000 unit setiap tahun.

Sebelum masuk jalur produksi, VinFast terlebih dahulu akan melakukan penjualan mobil ke Indonesia, yang akan dimulai tahun 2024 mendatang.

Baca juga: Ini Mobil-mobil VinFast dari Vietnam yang Sudah Didaftarkan ke Indonesia, Ada Mobil Listrik

Alasan VinFast Pilih Bikin Pabrik di Indonesia

Pabrik VinFast saat ini ada di kota Haiphong, Vietnam utara, dan terbaru di North Carolina, Amerika Serikat, yang dijadwalkan bakal dimulai pada tahun 2025  (Foto: VinFast)

Niat Vinast untuk masuk pasar otomotif nasional memang bukan isapan jempol semata. Sebab, sebelumnya sejumlah manajemen perusahaan mobil asal Vietnam, VinFast, datang ke Indonesia, untuk bertemu langsung Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Kala itu,  Zulkifli Hasan, menyatakan, Indonesia terbuka untuk kerja sama dan kolaborasi dengan negara-negara mitra dalam rangka pengembangan kendaraan listrik.

"Termasuk peningkatan infrastruktur dan pengisian daya, menciptakan iklim usaha dan investasi yang kondusif, mengoptimalkan produksi dan penggunaan sumber daya berkelanjutan," ungkap Zulkifli Hasan. 

Baca juga: Mobnas Vietnam VinFast Siap Bangun Pabrik di Amerika Serikat, Buat Pasarkan Mobil Listrik

VinFast ingin membuat mobil listrik di Indonesia (Foto: VinFast)

Namun kini, alasan dipilihnya Indonesia karena negara ini memiliki penduduk sebanyak 270 juta jiwa, dan pertumbuhan ekonominya terbesar di kawasan Asia Tenggara. 

Selain itu, Indonesia juga dianggap sebagai negara yang berupaya menarik produsen global untuk berinvestasi kendaraan listrik.

Alasan lain dipilihnya Indonesia yaitu, negara ini memiliki sumber daya nikel berlimpah, yang nantinya bisa digunakan sebagai komponen utama baterai kendaraan listrik. 

Proses Quality Control mobil VinFast (Foto: VinFast)

"Namun, kendaraan listrik (di Indonesia) saat ini hanya jumlah kurang dari 1 persen dari jumlah mobil yang ada di jalan raya," tulis Reuters. 

Jika benar terealisasi, maka pabrik VinFast di Indonesia ini akan menjadi yang ketiga, setelah pabrik utama di kota Haiphong, Vietnam utara, dan pabrik baru di North Carolina, Amerika Serikat, yang dijadwalkan bakal dimulai pada tahun 2025.

Sejak didirikan pada tahun 2017, VinFast telah mengumumkan sejumlah rencana pertumbuhan kendaraan listrik yang ambisius di luar negeri.:

Pabrikan produksi mobil VinFast di Vietnam (Foto: VinFast)

VinFast sendiri punya ambisi cukup besar, dimana mereka berencana untuk menjajaki pasar otomotif di berbagai negara, seperti  India, Malaysia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin, serta Eropa. 

Paling tidak, VinFast ingin hadir dan turut berkibar di 40-50 negara dengan pasar otomotif potensial.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Raize

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Bahaya Tersembunyi Dari Electric Parking Brake yang Jarang Disadari, Bisa Ngeloss Sendiri

Saat ini, banyak model mobil yang dilengkapi oleh produsen dengan rem tangan elektronik untuk menggantikan rem tangan mekanis. Ini karena rem tangan mekanis lambat laun menjadi ketinggalan jaman karena desain tuasnya memakan terlalu banyak ruang pada mobil. Namun perlu kalian ketahui kalau electric parking brake (EPB) menyimpan bahaya saat sistem elektrikal mobil bermasalah. Sebagaimana diketahui, rem tangan elektronik memiliki mekanisme kendali elektrik. Cara menggunakannya begitu mudah dan tid

Diselenggarakan Lima Hari, GIIAS Surabaya 2023 Bakal Diikuti 16 Brand Mobil Ternama

Sapa masyarakat kota Pahlawan, GIIAS Surabaya 2023 akan digelar di Grand City Convex mulai dari 20-24 September 2023. Pameran yang diselenggarakan selama 5 hari tersebut menempati area lebih besar dari sebelumnya. GIIAS Surabaya 2023 setidaknya diikuti oleh 16 brand kendaraan roda empat, yakni; Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Wuling. Menariknya, pameran juga bakal diramaikan beberapa merek industri pend

30 Mobil Terlaris di Indonesia Periode Agustus 2023, Toyota Innova Zenix Lebih Laku dari Avanza

Penjualan mobil terlaris di Indonesia bulan Agustus 2023 di tempati Toyota Kijang Innova Zenix dengan perolehan mencapai 7.463 unit. Posisi ini membuat Toyota Kijang Innova Zenix tetap mempertahankan kedigdayaannya seperti yang dilakukan pada Juli 2023, dengan penjualan hingga 5.760 unit. Perlu dicatat, data penjualan ini merupakan wholesales (penjualan pabrik ke dealer), dimana menurut Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tembus 88.876 unit atau naik 10,5 persen dibandingka

Toyota Yaris 2023 Facelift (Lagi), Harganya Terus Naik

Toyota Yaris 2023 kembali mendapatkan facelift alias minor change, bahkan jika dilihat dari luar, hampir tak ada beda antara model baru ini dengan sebelumnya. Rekan kami Wapcar Malaysia melaporkan, UMW Toyota Motor selaku APM mobil Toyota di Negeri Jiran itu, diam-diam menawarkan Yaris 2023 dengan tambahan fitur. Berarti ini kali kedua Toyota melakukan facelift pada Yaris hatchback tanpa perubahan berarti dari sisi tampilan eksteriornya. Baca juga: Toyota GR Yaris Transmisi Matic Sedang Dipersia

Intip Perjalanan Geely Sampai Diajak Luhut Bikin Mobil Listrik Nasional di Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan Indonesia akan memiliki mobil listrik nasional hasil kerja sama dengan Geely pada tahun 2025 mendatang. Kata Luhut, nantinya mobil listrik nasional ini akan dikembangkan dan digarap di dalam negeri, dengan melibatkan orang-orang ahli termasuk akademik di Indonesia, mulai dari UI, UGM, ITB dan lainnya. "Geely ini nomor tiga mobil listrik di Tiongkok. Kami sudah lihat tempatnya, dan kemarin datang saya over

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil