3 Hal Menarik Kia Carens 2, MPV Matic Cuma Rp50 Jutaan

Kia Carens 2 menjadi MPV yang kalah tersohor bila dibandingkan Kijang Kapsul. Padahal MPV asal Korea Selatan ini punya banyak hal menarik sebagai sebuah MPV medium.

Kia merakit mobil ini dalam negeri (CKD) pada penghujung 2003. Kia Carens II akhirnya pensiun pada tahun 2008. 

Baca juga: 

Kia Carens 2023 Dapat Mesin Baru di India, Indonesia Menyusul?

Kia Seltos dan Kia Carens 2023 Bakal Pakai Mesin Baru Lebih Bertenaga

Lebih Murah Rp11 Juta, Kia Carens Apakah Lebih Baik dari Toyota Kijang Innova Zenix?

Kia Carens II sesungguhnya hanya versi facelift dari Kia Carens I, namun perubahannya cukup signifikan pada sisi desain. Konsep Carens merupakan MPV compact, seolah menjadi Carnival dalam versi ekonomis. 

Artinya, kenyamanan berkendara mirip kakaknya namun dengan dimensi dam harga yang minimalis. Kelengkapan fiturnya juga begitu komprehensif pada masanya, bahkan bisa melampaui Kijang Kapsul sebagai penguasa pasar. 

Kini harga jual Kia Carens 2 cukup terjangkau, mulai dari Rp50 juta sampai dengan Rp55 juta. Lantas seberapa menarik mobil ini di usianya yang sudah mencapai 20 tahun? Berikut ini ulasannya. 

1. Kabin Kia Carens 2 yang Cukup Luas

Pada era awal 2000-an dulu belum ada yang namanya low MPV. Untuk mobil seperti Carens 2 ini masuk kategori compact MPV yang bersanding dengan Chevrolet Zafira dan Honda Stream. 

Panjang Carens 2 bertambah 40mm lebih panjang dibanding Carens I begitu juga dengan lebar yang bertambah 20mm, dan tinggi 10mm. Total dimensi Carens 2 yaitu panjang 4.490 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm. 

Dengan dimensi hampir 4,5 meter, membuat kabinnya cukup proporsional untuk 7-penumpang. Desain pada interior memang sederhana namun tidak meninggalkan kesan mewah dan modern. Walau usianya hampir 20 tahun tapi tidak terlalu ketinggalan jaman. 

Selain itu, ruang kaki bagi penumpang di baris kedua lumayan luas. Jadi buat kalian yang duduk di baris kedua bisa cukup leluasa, dan tidak mudah capek. 

Tak kalah penting yaitu pada baris ketiga yang lebih luas ketimbang Xenia gen 2, karena atap yang tinggi. Sehingga ruang kepala lebih proporsional untuk duduk bagi orang dewasa. 

Hal yang cukup unik ialah kursi di Carens 2 bisa diatur layaknya sofa mode di Avanza-Xenia generasi ketiga. Kita cukup melepas headrest kursi baris kedua dan lantas merebahkan sandarannya hingga rata dengan kursi baris ketiga. 

2. Spesifikasi Mesin Oke dan Punya Opsi Matic

MPV asal Korea ini dibekali mesin berkapasitas 1.794 cc mengusung teknologi DOHC 16 katup, yang mampu menghasilkan daya 130 dk pada 6.000 rpm dan torsi 163 Nm @4.500 rpm. 

Tenaganya cukup besar bila dibandingkan Kijang Kapsul, sehingga menimbulkan sensasi fun to drive layaknya sedan. Ini karena secara nilai kompresi, Kia Carens II dianjurkan pakai oktan 92. 

Jika dulunya sering menggunakan bensin premium oktan 88 atau 90, biasanya mesin mobil mudah knocking dan kurang bertenaga. 

Hal menarik dari spesifikasi teknis Carens 2 ialah mobilnya tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Jadi, mobil ini bisa digunakan sebagai mobil harian kaum hawa di kota besar. 

3. Fitur yang Cukup Modern di Kia Carens 2

Hal lain yang membuat Carens 2 jadi terkesan begitu murah ialah karena mobil keluarga ini tidak pelit fitur dibanding Kijang Kapsul. Untuk ukuran mobil keluaran awal 2000an, Carens 2 telah memiliki power steering, power window, ABS, dual airbag, double disk brake, roof rack, safety belt di semua posisi duduk penumpang. 

Ruang kemudinya terdapat tilt steering dan juga terdapat hand rest di jok depan. Selain itu, Carens 2 dilengkapi head unit double DIN, dengan  peredaman kabin yang telah mengalami perbaikan. Bila terasa jadul, maka head unit bawaan bisa kalian upgrade dengan mudah memakai produk head unit touchscreen aftermarket. 

Kesimpulan 

Dengan harga bekas paling mahal Rp55 juta, Kia Carens 2 memberikan semua aspek mendasar dari sebuah mobil modern. Mulai dari mesin yang tenaga lumayan oke (130 hp), fitur yang cukup lengkap, hingga konfigurasi 7-seater yang umum dicari oleh konsumen Indonesia. 

Dengan kemajuan teknologi, kita pun tak lagi kesulitan mencari sparepart karena bisa memesan secara online. Lebih lanjut, bengkel umum pun kini sudah terbiasa menangani kerusakan mobil Korea era 2000-an, sehingga tak menyulitkan untuk perbaikan maupun perawatan. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Kia Carens

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

9 Hal yang Bisa Menjadikan Anda Mahir Mengemudi dengan Aman dan Nyaman

Memiliki sebuah mobil belum tentu bisa dianggap mahir mengemudi, apalagi menjadi sang ahli dalam berkendara. Pasalnya, tak sedikit kasus kecelakaan lalu lintas yang ternyata dikarenakan kesalahan pengemudi lantaran menganggap sepele tata cara mengemudi yang baik dan benar. Baca juga: Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol, Jangan Jadi Kesempatan Buat Kebut-kebutan! Nah menurut berbagai sumber, agar bisa menjadi mahir mengemudi dengan aman dan nyaman, sebenarnya tidaklah susah. Berikut ulasannya. 1. Se

Belkote Sediakan Alat Deteksi Warna Cat Mobil Biar Gak Belang

Cat Belkote selama ini sudah cukup terkenal sebagai produsen penyedia cat untuk kendaraan bermotor yang berkualitas. Namun terkadang pemilik mobil pusing untuk mencari racikan warna paling pas buat cat eksterior kendaraannya, mengingat beberapa produsen otomotif kini mengeluarkan warna-warna khusus. Semisal warna Soul Red pada mobil-mobil Mazda atau warna Sand Khaki dari Honda yang sedang trend, tetapi dianggap sulit untuk menemukan racikan terbaiknya. Sehingga jika mobil mengalami baret atau ke

Pabrikan Eropa Mulai Galau Hadapi Serangan Mobil-mobil China

Gempuran mobil China rupanya bukan cuma membuat khawatir pabrikan besar Jepang seperti Toyota, namun perusahaan-perusahaan otomotif di Eropa juga dibuat risau. Bahkan para petinggi produsen mobil di Benua Biru itu beserta para analis industri sepakat untuk mempelajari dan mengejar ketertinggalan teknologi dari merek-merek Tiongkok. Baca juga: Babak Belur Digempur BYD, Chery, hingga Wuling, Toyota Dekati China Mobil China Dianggap Selangkah Lebih Maju Para pejabat pabrikan mobil di Eropa mengakui

Chery Omoda 5 GT Siap Asapi Honda HR-V dkk

Chery Omoda 5 GT resmi diungkap wujudnya oleh PT Chery Sales Indonesia (CSI) di BSD, Tangerang. Berarti kini Omoda 5 ditawarkan oleh Chery dalam tiga varian, yaitu tipe Z, RZ, dan GT. Sesuai namanya, varian GT ini menggunakan mesin 1.6-liter baru yang berbeda dengan tipe Z dan RZ, serta menawarkan tenaga dan torsi yang juga lebih besar. Walau belum resmi diluncurkan, namun Autofun sudah diberi kesempatan oleh tim CSI untuk melihat lebih dekat Chery Omoda 5 GT ini secara langsung. Baca juga: Cher

Biar Pemakai Mobil Listrik Makin Banyak, Jepang Bangun Statiun Pengisian Daya Setiap 70 km

Jepang akan jadi negara yang cukup ramah dan menyenangkan bagi pengguna mobil listrik (electric vehicle/EV) atau plug-in Hybrid. Pasalnya, pemerintah disana mendorong agar dibuat sebuat draf atau aturan khusus untuk persyaratan mempersiapkan keberadaan stasiun pengisian daya listrik cepat, setidaknya ada disetiap 70 km di jalan raya. Baca juga: Mobil Listrik di Jepang Ternyata Gak Laku, Penjualannya Kurang dari 1 Persen Melansir Wapcar, Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang akan

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Kia Carens
Lihat