Rp 193,00 - 296,00TBC Juta

Harga di Indonesia

Spesifikasi Kia Sonet
SegmenSegmen B
Tipe bodiSUV
Jenis penggerakCVT / FWD / MT
Kapasitas mesin1.5L
Tenaga115PS
Tempat Duduk5 - 7

Daftar Harga Varian Kia Sonet

Wajib Baca

Kelebihan

  • Kabin Sederhana tapi Berkualitas
  • Fitur Kenyamanan Canggih
  • Fitur Keselamatan Canggih 

Kekurangan

  • Tidak Semua Varian Memiliki Sunroof
  • Metode Pelipatan Bangku Belakang Kurang Efektif
  • Fitur Kurang Lengkap 

Gambar Kia Sonet

Eksterior

Interior

Video Kia Sonet di Indonesia

Ulasan Kia Sonet

  • Overview
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview

    Pabrikan mobil asal Korea Selatan, KIA Motors akhirnya secara resmi memperkenalkan Compact SUV terbarunya bernama KIA Sonet yang dipresentasikan secara digital, Jumat (7/8/2020). KIA Sonet menjadi mobil kedua dari KIA untuk pasar global yang dirakit di India setelah KIA Seltos.

    President sekaligus CEO Kia Motors Corporation, Ho Sung Song mengatakan, semua yang ada pada SUV terbaru mereka ini mempresentasikan keunikan KIA."Dengan bahasa desain yang agresif dan modern, pada KIA Sonet, kesan berkendara yang fun to drive, serta fitur-fitur canggih pada KIA Sonet menjadi seruan ambisi kamu untuk menjadikan KIA sebagai merek pilihan khususnya untuk para milenial dan generasi Z," ujarnya.

    Jika membahas penampilan di bagian fascia, KIA Sonet masih mengandalkan desain grille dengan bentuk Tiger Nose khas KIA.

    Lalu bahasa desain khas KIA itu dikombinasikan dengan lampu LED daytime running light (DRL) model heart pulse dan aksen krom di sekitar air dam bumper depan membuat tampilannya terlihat modern. Tak hanya di depan saja, KIA Sonet juga menggunakan LED model heart pulse untuk mengisi pencahayaan di lampu belakang.

    Desain modern tak hanya terlihat pada eksterior saja, namun KIA juga menghadirkan tampilan interior yang menawan pada SUV kompak berkapasitas 5 penumpang ini. Ada layar sentuh berukuran 10,25 inci terpampang di konsol tengah sebagai panel infotainment dan sistem navigasi.

    Selain itu KIA Sonet juga dibekali sistem teknologi intuitif bernama UVO yang dapat dikoneksikan dengan smartphone.

    Ada jahitan tambahan dengan aksen merah yang terlihat di jok, setir, kulit penutup perseneling, hingga door trim yang memberikan agresif dan sporty.

    Lanjut pada segi keselamatan, KIA Sonet hadir dengan berbagai fitur penunjang. Seperti adanya enam airbag, anti-lock braking system atau ABS dan electronic brakeforce distribution EBD, Electronic Stability Control, Hill-start Assist Control, hingga Vehicle Stability Management.

    Selain itu ada juga sensor parkir di depan dan belakang, Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) yang indikatornya ditampilkan melalui instrument cluster berukuran 4,2 inci.

    Tak berhenti di situ saja, KIA Sonet juga dibekali dengan sistem auto headlamp hingga dudukan kursi anak ISOFIX.

    Selain itu, jenis mesin dan transmisi yang ditawarkan pun beragam. Ada mesin 1.000 cc dan 1.200 cc berbahan bakar bensin serta mesin diesel 1.500 cc.  

    Pilihan yang beragam tak hanya dari segi mesin tapi juga ditawarkan pada sistem transmisinya tak kalah variatif dengan total ada lima pilihan transmisi.Kalau transmisi manual ditawarkan dengan lima percepatan, enam percepatan, dan enam percepatan Intelegent Manual Transmission atau iMT yang dilengkapi dengan teknologi bernama Smartstream.

    Sedang untuk transmisi otomatis ada enam percepatan otomatis dan tujuh percepatan otomatis dengan sistem kopling dual-clutch atau biasa disingkat DCT.

    Seperti halnya KIA Seltos, KIA Sonet dengan transmisi otomatis juga hadir dengan beragam mode berkendara dan traction control.

  • Interior

    Interior Kia Sonet

    Di bagian kabin, Kia Sonet memberikan nuansa serba gelap. Kia Sonet memiliki layout pada dashboard yang memanjakan pengemudi karena mengusung konsep driver oriented. Posisinya juga cukup ergonomis dengan tombol fungsinya mudah digapai, mulai dari tombol di area setir maupun di panel instrumen.

    Kia Sonet memiliki kursi dengan konfigurasi 5 kursi dan 7 kursi. Untuk menunjang kenyamanan, Kia Sonet dibekali dengan jok yang terbungkus artifical leather serta memiliki fitur ventilated seat yang dapat menghembuskan hawa sejuk. Namun, fitur tersebut hanya bisa dirasakan penumpang di baris pertama.

    Meski Kia Sonet memiliki bodi yang kompak, tapi bagian dalam cukup lapang. Head room juga bisa dikatakan cukup memadai, meskipun tifak terlalu tinggi. Sebab, back rest pada kursi tengah juga tidak terlalu tegak.

    Untuk leg room penumpang Kia Sonet di baris kedua, cukup lega asalkan kursi di baris depan bisa menjaga jarak. Penumpang di baris kedua hanya dimanjakan dengan ventilasi AC yang terletak pasa bagian tengah bawah.

    Kia Sonet memiliki fitur LED Sound Mood Light yang diposisikan pada pintu bagian baris pertama. Fitur tersebut memungkinkan cahaya LED mengikuti dentuman suara dari audio

  • Fitur

    Kia Sonet hadir dengan menyajikan beragam fitur canggih dan mewah. Selain itu, fiturnya juga cukup lengkap. SUV kompak ini juga sudah didukung dengan perangkat keselamatan dalam berkendara. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC), dan Hill Start Assist Control (HAC), serta Emergency Stop Signal.

    Untuk memberikan sensai pengalaman berkendara yang berbeda, Kia Sonet memiliki mode berkendara, yakni Eco, Normal dan Sport. Selain itu, ada juga pilihan traksi untuk menyesuaikan medan jalan, yaitu Mud, Sand, dan Snow.

    Pada varian tertinggi Kia Sonet, dapat ditemui fitur berteknologi canggih, seperti Start Stop dan Keyless Entry, Remote Start Engine, Cruise Control, dan Wireless Charging.

    Panel instrumen Kia Sonet juga sudah sepenuhnya digital. Mobil ini dibekali dengan layar LCD berukuran 4,2 inci. Sistem hiburannya mengandalkan layar LCD berukuran 8 inci. Lalu, untuk memanjakan telinga penumpangnya, Kia Sonet menggunakan head unit dari Bose dengan 4 speaker, 2 tweeter, dan sub woofer. 

  • Mesin dan Performa

    Performa Mesin Kia Sonet

    Kia Sonet dibekali dengan mesin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.497 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 115 PS pada 6.300 rpm. Sementara torsi maksimumnya, mencapai 144 Nm pada 4.500 rpm.

    Tenaga mesin Kia Sonet disalurkan melalui sistem transmisi CVT dengan nama Intelligent Variable Transmission (IVT) 8 percepatan. Perpindahan giginya terasa halus tanda ada hentakan. Tarikan pada putaran bawahnya juga tidak terasa mengecewakan.

    Berkat adanya mode berkendara Sport, pengemudi juga bisa merasakan tarikan mesin yang lebih agresif dan responsif. Kia Sonet menggunakan sistem penggerak roda depan.

    Kenyamanan Berkendara  Kia Sonet

    Kia Sonet memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan. Dengan dimensinya yang kompak, kemampuannya melaju dan bermanuver di jalan raya cukup baik. Namun, agak sedikit limbung ketika mobil yang cukup tinggi ini diajak bermanuver tajam. Berkat kehadiran fitur electronic stability control (ECS) cukup membantu handling Kia Sonet menjadi lebih persisi.
    Pengeremannya juga mumpuni dengan dukungan dari banyak fitur, seperti Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

    Konsumsi Bahan Bakar Kia Sonet

    Kia Sonet memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Untuk 1 liter, mobil ini dapat menempuh jarak hingga sekitar 16 km. Konsumsi bahan bakarnya bisa lebih hemat lagi jika berkendara secara konstan dengan mengaktifkan cruise control. Namun, konsumsi bahan bakar Kia Sonet bisa berbeda-beda, tergantung dari gaya berkendara, kondisi lalu lintas, beban yang dibawa, dan parameter lainnya. 

  • Kesimpulan

    Kia Sonet memiliki desain yang cukup maskulim dan sporty. Fitur-fitur yang disematkan juga canggih dan tak kalah lengkap dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Handling dan performa juga tak mengecewakan. Sehingga, dengan harga yang ditawarkan, Kia Sonet bisa dikatakan sesuai dengan apa yang didapatkan.

FAQ Kia Sonet

  • Dimensi Sonet 7-Seater Tetap Sama dengan Sonet 5-seater?

    • lnash817

      lnash817

      Pada dasarnya, mobil ini dihadirkan hanya dengan menambah jumlah konfigurasi menjadi 5+2. Secara dimensi, mobil ini tidak ada yang berubah. Sonet 7-seater secara data memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm dan tinggi 1.615 mm. Wheelbase mobil ini juga tetap sama, yaitu 2.500 mm dengan jarak antara permukaan kabin dengan tanah 205 mm.  

  • Siapa Pesaing Kia Sonet 7?

    • Baileybum

      Baileybum

      Jika sebelumnya Kia Sonet 5-seater memiliki rival utama yakni Nissan Magnite dan MG ZS, hingga saat ini belum ditemukan siapa pesaing yang ‘head to head’ langsung dengan Kia Sonet 7-seater.  

  • Masih Mesin Kia Sonet 7-Seater yang Sama dengan Varian 5-seater?

    • Carolyn Sulaeman

      Carolyn Sulaeman

      Kia Sonet 7 mendapatkan mesin 1.5L Gamma II Smartstream Engine. Mesin 4-silinder 1493cc ini menghasilkan tenaga puncak 115 PS dan torsi maksimal 144 Nm yang disandingkan dengan dua pilihan transmisi, yaitu manual 6-percepatan atau transmisi iVT (Intelligent Variable Transmission) dengan 8-speed virtual gear. Jantung mekanis serta transmisi yang digunakan sama persis yang ada pada Kia Sonet 5-seater.  

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Kia Sonet 1.5L Standard MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Model Populer

VS