Pemerintah Jakarta Bakal Tambah 2 Low Emission Zone, Ada Jalanan yang Ditutup?

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana menambah dua kawasan rendah emisi atau Low Emission Zone (LEZ) yang berlokasi di Kota Tua dan Tebet Eco Park. 

Hal ini diketahui berdasarkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Asep Kuswanto saat menggelar diskusi Pemantauan Kualitas Udara 2023 dan Strategi Pengendalian Kualitas Udara melalui Kawasan Rendah Emisi di DKI Jakarta beberapa waktu lalu. 

"Perluasan LEZ merupakan bagian dari strategi pengendalian pencemaran udara di Jakarta," ungkap Asep seperti dilansir Berita Jakarta. 

Asep juga menyebutkan, langkah penerapan Low Emission Zone Jakarta Jakarta ini didasari Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 576 Tahun 2023 tentang Strategi Pengendalian Pencemaran Udara.

Baca juga: Jalan Berbayar di Jakarta Masih Dikaji, PJ Gubernur DKI Persilahkan Masyarakat Beri Masukan

Kawasan Tebet Eco Park 

"Kami berharap, dengan perluasan kawasan rendah emisi, Kota Jakarta naik kelas menuju kota global dengan kualitas udara yang semakin membaik," ucap Asep.

Seperti diketahui, saat ini Low Emission Zone Jakarta ada di dua kawasan yang berlokasi di Kawasan Kota Tua dan Tebet Eco Park sebagai percontohan. 

Jika kedua wilayah itu benar-benar diterapkan, maka Kota Tua dan Tebet Eco Park bakal dibatasi aksesnya bagi kendaraan bermotor yang memiliki emisi tinggi. 

Kebijakan ini diterapkan, maka digadang-gadang bakal seperti beberapa kota dunia, termasuk di Singapura, London, dan Mexico City.

Low Emission Zone Jakarta Menurut Pengamat Transportasi

Kawasan Kota Tua 

Rencana pemprov DKI melakukan kebijakan ini turut mendapatkan perhatian pengamat Transportasi dan Hukum Budiyanto. 

Menurut Budiyanto, rencana penambahan kawasan rendah emisi atau LEZ sudah seharusnya betul-betul dikaji.

"Penentuan kawasan rendah emisi tidak bisa berdiri sendiri, karena akan berkaitan dengan masalah lain, misal pengaturan lalu lintas atau rekayasa lalu lintas, anggaran, masalah- masalah sosial bahkan kegiatan yang bernilai ekonomi dan sebagainya," kata Budiyanto.

Budiyanto juga menyatakan, jika kebijakan ini diterapkan maka harus menjadi bahan pertimbangan yang efektivitas dan efisiensi. 

Tantangan Penerapan Kawasan Rendah Emisi

Kondisi jalanan macet

Meski tujuan penerapan Low Emission Zone Jakarta sangat baik untuk menekan emisi, namun tidak dipungkiri pertumbuhan kendaraan bermotor saat ini tidak terkendali. 

Selain itu, fakta dilapangan saat ini Jakarta masih minim penambahan infrastruktur jalan, sehingga jadi penyebab kemacetan, yang berimbas jumlah pembuangan emisi gas buang tetap tinggi.

"Langkah yang mungkin lebih efektif dan efisien adalah bagaimana mendorong perubahan mindset atau pola pikir masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan pribadi ke angkutan umum," ucapnya.

Situasi kemacetan di Jakarta

Budi juga berpendapat, bahwa langkah paralel yang bisa dilakukan untuk mengatasi tantangan, berupa pembatasan lalu lintas dengan skema Electronic Road Pricing (ERP) atau jalan berbayar, dan membatasi kepemilikan dan operasionalisasi kendaraan perorangan.

Oleh karena itu, Budiyanto menuturkan, rencana menambah kawasan rendah emisi harus betul-betul dikaji secara komprehensif. 

"Jangan hanya sekedar latah dan menghabiskan anggaran, karena akan berakibat pada banyak aspek kehidupan manusia," tutup Budiyanto.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Rocky

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Honda WR-V boleh dibilang sebagai model paling muda di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) bertubuh kecil. Sebelumnya di segmen ini cukup melonjak popularitasnya ketika duet Toyota Raize dan Daihatsu Rocky diluncurkan pada April 2021. Selang lebih dari setahun berikutnya, barulah PT Honda Prospect Motor (HPM) melihat jika segmen Small SUV ini cukup menggiurkan. Alhasil tepat di November 2022, Honda secara resmi meluncurkan WR-V di Indonesia setelah beberapa kali mobil ini cuma hadir dalam balutan
Suzuki Jimny 5 pintu Indonesia dipastikan akan meluncur secara resmi di Tanah Air pada 15 Februari 2024 atau di hari pertama berlangsungnya ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Sebelum diluncurkan secara resmi, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah melakukan open inden Jimny 5 pintu sejak awal Januari 2024. "Kami ingin memberikan membuah statement bahwa kami sudah open inden untuk Jimny 5 pintu dari awal Januari 2024. Kami juga banyak menerima pesan positif sejak open inden dan
Penjualan Toyota Avanza ternyata masih merajai segmen kendaraan jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) bermesin 1.500 cc atau kurang dari itu. Ini terlihat dari catatan wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) yang dilaporkan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) selama periode tahun 2023. Toyota terbukti sanggup mendistribusikan 62.275 unit All New Avanza sepanjang tahun lalu serta membuat Avanza menempati urutan kedua daftar mobil paling laris di 2023. Dalam laporan Ga
Debat Calon Wakil Presiden atau Cawapres yang digelar Minggu 21 Januari 2024 cukup memanas, terlebih muncul pembahasan baterai nikel untuk kendaraan listrik. Ya, cawapres nomor satu Muhaimin Iskandar berdebat menyoal penggunaan baterai kendaraan listrik dengan pasangan nomor 2, Gibran Rakabuming Raka yang lebih memilih baterai nikel. Itu artinya, baterai dengan material nikel disebut juga Nickel Cobalt Manganese (NCM). Baca juga: Awas, Ceroboh Saat Ngecas Jadi Penyebab Baterai Mobil Listrik Cepa
Hyundai Ioniq 7 baru-baru ini ramai diperbincangkan di jagat maya lantaran tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan dengan bertutupkan kamuflase. Melihat daripada gambar yang diunggah Rushlane.com, terlihat Ioniq 7 yang melakukan tes jalan tersebut menelusuri beberapa ruas jalan di salah satu wilayah di Korea Selatan. Berbagi platform dengan Kia EV9, Ioniq 7 merupakan SUV listrik dengan kapasitas 7 tempat duduk. Spy shot terbaru dari Hyundai Ioniq 7 tersebut menampilkan desain yang terlihat

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil