Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang?

Pemenuhan kebutuhan transportasi yang tetap tinggi sekaligus melahirkan tren gaya hidup berbeda di era normal yang baru menjadi langkah PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk meluncurkan produk sepeda motor terbarunya, yaitu Suzuki Nex Crossover yang dibanderol dengan harga Rp 17.990.000 (on the road DKI Jakarta).

Diposisikan sebagai skutik kompak bergaya crossover, Suzuki Nex Crossover memberikan sensasi kebebasan berkendara serta menimbulkan hasrat berpetualang bagi pribadi yang aktif. SIS memastikan Suzuki Nex Crossover sudah dapat dipesan oleh konsumen melalui seluruh jaringan penjualan (dealer) Suzuki mulai November 2020.

Nah, pada Rabu lalu (2/12) tim Autofun mendapatkan kesempatan untuk menjajal langsung kemampuan Suzuki Nex Crossover. Skutik ini diajak untuk menempuh jalur aspal di sekitar Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Tak hanya aspal mulus, sesuai dengan tampang adventure-nya, skutik ini juga dibawa ke area jalanan rusak. Mulai dari trek berbatu, pasir, tanah merah hingga lumpur basah.

Dikembangkan dari Suzuki NEX II Cross sebelumnya yang memiliki sejumlah keunggulan seperti dimensi kompak, mesin bertenaga dan suspensi yang nyaman, Suzuki Nex Crossover mendapat sejumlah sentuhan baru yang berorientasi pada peningkatan kepuasan dan kesenangan sang pengendara.

Fitur dan Ubahan Apa yang Baru di Suzuki Nex Crossover?

Perubahan baru yang paling tampak jelas pada Suzuki Nex Crossover dibanding Nex II Cross adalah penggunaan Naked Handle Bar yang memiliki peran utama dalam meningkatkan ergonomi dan kenyamanan posisi berkendara, disamping itu juga memberikan efek visual yang lebih maskulin serta kokoh.

Hal baru berikutnya yang menjadi lebih menarik adalah Digital Instrument Cluster yang kini membuat Suzuki Nex Crossover terlihat lebih modern, informatif dan dibalut bentuk yang tangguh. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.

Kenyamanan pengendara dan penumpang juga didukung oleh lapisan jok dengan kombinasi warna dual-tone yang baru, lebih atraktif dan tidak membosankan. Suzuki Nex Crossover tersedia dalam 2 pilihan warna yang sesuai dengan selera konsumen, yaitu Stronger Red-Titan Black dan Solid Black. Desain stripping baru dan penggunaan aksen merah pada brake caliper dan rear spring memberikan aksen unik dan dinamis.

Sayangnya, area bagasi di bawah jok terasa masih kurang memadai karena mempunyai ukuran sangat kecil. Tapi hal itu dibantu dengan adanya kompartemen di area depan, tepatnya dibawah setang seperti cup holder atau tempat penyimpanan tambahan.

Posisi Riding Suzuki Nex Crossover Lebih Nyaman?

Sebenarnya posisi duduk Suzuki Nex Crossover dengan Nex II Cross sama saja. Dengan jok yang sama dan dek pijakan kaki yang tak kalah nyamannya, Nex Crossover menawarkan pengendalian yang enteng dan lincah. Tapi pada Suzuki Nex Crossover akan terasa lebih berbeda sensasinya. Ini dikarenakan penggunaan Naked Handle Bar atau setang telanjang.

Desain setang telanjang tersebut lebih lebar dan sedikit lebih tinggi daripada Nex Cross. Hal ini juga yang membuat tangan melebar dan lebih sigap mengendalikan, termasuk saat menerjang jalur rusak.

Suzuki Nex Crossover Asyik Dipakai Off-road?

Pada sesi pengetesan di lintasan yang rusak, Suzuki Nex Crossover terbilang mudah saja melalui jalur berbatu, pasir hingga lumpur. Meski sebenarnya skutik ini tak diperuntukkan dengan jalur rusak yang ekstrim. Tapi di beberapa daerah di Indonesia yang memang banyak masih ditemui jalur tak bersahabat, rasanya Suzuki Nex Crossover ini cocok dijadikan alat transportasi yang praktis.

Dengan ground clearance tinggi 150 mm, Nex Crossover terbilang masih mampu dengan baik melewati sesi pengetesan. Pada kondisi kering dijalanan aspal mulus, motor ini termasuk mempunyai redaman suspensi yang nyaman.

Untuk sektor kaki-kaki, penggunaan ban IRC dengan ukuran  80/90-14 untuk bagian depan dan 90/90-14 di bagian belakang dengan tipe tubeless.

Posisi riding Nex Crossover ini terbilang santai dengan posisi tangan melebar karena penggunaan setang telanjang yang lumayan lebar. Posisi kaki di dek juga terbilang cukup tinggi.

Pada momen tertentu, saat pengujian di jalur lumpur juga Suzuki Nex Crossover ini coba diajak melibas kubangan. Hasilnya, mesin bertransmisi CVT otomatis ini memberikan tendangan yang cukup kuat untuk membantu keluar dari kubangan.

Kesimpulan

Dengan kapasitas mesin 113cc, Suzuki Nex Crossover termasuk skutik yang mudah dikendalikan bobot yang hanya 94 kg. Performa mesin khas skutik Suzuki yang bandel dan irit juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli.

Digunakan untuk mobilitas perkotaan terasa bertenaga. Tapi untuk melahap lintasan ekstrim yang biasa dilalui motor trail normal tentunya kurang memadai. Suzuki Nex Crossover ini masih cukup tangguh untuk menaklukan trek Off-road ringan.

Di pasaran, Suzuki Nex Crossover ini berhadapan langsung dengan Honda Beat Street dan Yamaha X-Ride yang sama-sama bergenre skutik adventure. Jadi, Anda mau pilih yang mana?

Spesifikasi Suzuki Nex Crossover
MESIN SOHC, 2 Klep
Kapasitas 113 cm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Transmisi CVT
DIMENSI
Panjang 1.890 mm
Lebar 765 mm
Tinggi 1.055 mm
Bobot 94 kg
Ban Depan 80/90 – 14 inci
Ban Belakang 90/90 – 14 inci
Kapasitas tangki 3,6 liter

  

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor