Scooter Model | 155 cc Kapasitas | - hp Tenaga Maksimal | Listrik Opsi start |
Yamaha Nmax 2024 - 2025 ditawarkan dalam 2 varian - mulai Rp 30,20 Juta hingga Rp 32,26 Juta , varian entry levelnya yaitu 2021 Yamaha Nmax Standard Rp 30,20 Juta dan varian tertingi Yamaha Nmax yaitu 2021 Yamaha Nmax ABS ditawarkan dengan harga Rp 32,26 Juta.
Model | Scooter |
Kapasitas | 155 cc |
Tenaga Maksimal | - hp |
Opsi start | Listrik |
Panel Instrumen | Y |
ABS | Tidak / Y |
Yamaha Nmax dibekali dengan sejumlah fitur bagus yang membuatnya terasa premium dibandingkan skuter 150cc lainnya. Nmax dilengkapi dengan fitur seperti konsol instrumen digital serta roda paduan dan rem cakram yang membuatnya terasa modern.
Mesin 155cc berdingin cairan, menggunakan bahan bakar Bensin yang dipasangkan untuk Yamaha Nmax terasa super halus, untuk mesin memberikan angka performa terbaik dalam kategorinya.
Sudah menggunakan sistem penguncian keyless, meski hanya tersedia pada tipe Connected/ABS dan Connected.
Untuk varian Connected/ABS dan Connected mendukung aplikasi Y-Connect yang bisa menampilkan informasi lengkap mengena kondisi motor.
Desain baru yang terlihat lebih modern, stylish, dan elegan.
Riding Position dirasa sangat nyaman.
Sudah memakai ban tapak lebar.
Speedometer sudah mengadopsi LCD digital.
Kekuatan mesin yang relatif besar dibandingkan motor skutik pada umumnya.
Kapasitas tangki yang 7,1 liter masih terlalu kecil.
Lampu sein masih belum LED.
Yamaha NMax adalah salah satu skuter paling populer di dunia. Yamaha Nmax telah menjadi andalan. Yamaha berhasil memperkuat dominasinya di kelas skutik bongsor 150 cc dengan menghadirkan Nmax 2022 atau All New Nmax 155. Yamaha tak sungkan untuk membekali Nmax 2022 dengan beragam fitur dan teknologi yang canggih. Selain itu, desain atau tampilannya juga dibuat semakin agresif. Lekuk pada bodinya terkesan lebih padat dengan garis-garis yang tegas. Desainnya lebih sporty, tapi tetap tidak meninggalkan kesan elegan.
Yamaha Nmax generasi pertama dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc. Gebrakan yang diberikan adalah teknologi VVA (Variable Valves Actuation) pada mesinnya. VVA berfungsi menjaga torsi dan tenaga maksimal di setiap putaran. Lampu depan dan belakangnya sudah dilengkapi dengan LED.
Di sektor pengereman, Yamaha Nmax sudah mengandalkan ABS (Anti-lock Braking System).Beberapa bulan berikutnya, Yamaha menghadirkan pilihan Nmax dengan rem non ABS. Meskipun fitur keselamatan berkurang, tapi skutik ini jadi lebih laris, karena harga yang ditawarkan jadi lebih terjangkau.
Setelah itu, Nmax tak hanya mendapat penyegaran berupa warna pilihan. Di 2017, Yamaha juga pernah membekali skutik bongsor ini dengan subtank rear suspension atau suspensi belakang dengan tabung. Selain itu, tampilan panel meter juga dibuat lebih menarik.
Akhir tahun 2019, Yamaha memberikan kejutan dengan menghadirkan All New Nmax 155 Connected. Ada dua tipe yang ditawarkan, yakni versi Connected/ABS dan versi Standard. Yamaha Nmax terus menjadi rival terdekat Honda PCX. Di awal 2021, Honda juga mulai mengejar ketertinggalannya dari Nmax dengan menghadirkan Honda PCX 160. Skutik ini memiliki desain dan tambahan fitur yang baru.
Desain yang diusung Yamaha Nmax 2022 terlihat agresif, sporty, namun tetap elegan. Secara keseluruhan, DNA dari Nmax generasi pertama tetap dipertahankan. Meskipun, tak sedikit juga yang mengatakan desainnya sedikit mirip dengan Xmax 250. Yamaha Nmax 2022 disebut skutik bongsor karena dimensinya. Skutik ini memiliki panjang 1.935 mm, lebar 740 mm dan tinggi 1.160 mm. Jarak sumbu roda 1.340 mm dan jarak terendah ke tanah 124 mm. Bobotnya sendiri hanya 130 kg dan 132 kg.
Yamaha Nmax 2022 mengandalkan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang model ganda. Terdapat juga pilihan suspensi bertabung atau subtank rear suspension. Untuk pelek, Yamaha Nmax 2022 masih menggunakan diameter 13 inci, sama seperti generasi sebelumnya.
Begitu pula bannya yang sudah lebar dan menggunakan tipe tubeless. Ban depan berukuran 110/70-13 dan 130/70-13 untuk ukuran ban belakang. Pilihan warna untuk tipe Connected/ABS ada Matte Black, Matte Green dan Prestige Silver. Lalu untuk tipe Connected ada Matte Black, Matte Green, Prestige Silver, dan Matte Red. Tipe Standar ada Matte Red, Matte Black, Matte Blue dan Matte Green.
Yamaha Nmax 2022 menggunakan mesin generasi baru. Meskipun, tipe mesin dan kapasitasnya tetap sama. Begitu pula dengan teknologi Blue Core dan VVA. Mesinnya dikawinkan dengan transmisin otomatis CVT dan berpendingin cairan. Dimensi pistonnya masih 58 mm dan langkahnya 58,7 mm, dengan perbandingan kompresi 11,6:1.
Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 15,3 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 13,9 Nm pada 6.500 rpm. Untuk mengimbangi performa mesin, sistem pengereman depan dan belakang sudah mengandalkan rem cakram. Rem dengan teknologi ABS jadi pilihan pada Yamaha Nmax 2022. ABS pada skutik ini juga sudah dual channel alias bekerja pada rem depan maupum rem belakang.
Yamaha Nmax 2022 dibanderol mulai dari Rp 30,7 juta untuk tipe Standard, Rp 31,950 juta untuk tipe Connected, dan Rp 34,8 juta untuk tipe Connected/ABS.
Yamaha Nmax 155 2022 kini hadir dengan tiga varian. Pertama, Yamaha Nmax 155 Standard Version yang dibanderol Rp 30,7 juta. Lalu Yamaha Nmax 155 Connected yang dibanderol Rp 31,950 juta. Varian teratas ada Yamaha Nmax 155 Connected/ABS Version yang dibanderol Rp 34,8 juta (on the road Jakarta).
Mesin Yamaha All New Nmax | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | Liquid cooled 4-stroke, SOHC | |
Jumlah/Posisi Silinder | Single Cylinder | |
Kapasitas Mesin | 155 cc | |
Diameter x Langkah | 58,0 mm x 58.7 mm | |
Perbandingan Kompresi | 11.6 : 1 | |
Daya Maksimum | 15,4 PS (11.3 kW) / 8000 rpm | |
Torsi Maksimum | 13.9 Nm / 6500 rpm | |
Sistem Starter | Electric Starter | |
Sistem Pelumasan | Basah | |
Kapasitas Oli Mesin | Total – 1,00 L ; Berkala 0,90 L | |
Sistem Bahan Bakar | FI (Fuel Injection) | |
Tipe Kopling | Kering, Centrifugal Automatic | |
Tipe Transmisi | V-belt Automatic |
Dimensi Yamaha All New Nmax | ||
---|---|---|
P x L x T | (1935 x 740 x 1160) mm | |
Jarak sumbu roda | 1340 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 124 mm | |
Tinggi tempat duduk | 765 mm | |
Berat isi | 132 kg | |
Kapasitas tangki bensin | 7.1 L |
Rangka Yamaha All New Nmax | ||
---|---|---|
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Unit Swing | |
Ukuran Ban Depan | 110/70 - 13 M/C 48P | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70 - 13 M/C 63P | |
Rem Depan | Hydraulic Single Disc Brake | |
Rem Belakang | Hydraulic Single Disc Brake |
Skuter Yamaha mengusung gaya modern dan dinamis, tak terkecuali NMax. Fascia depan memiliki visor panjang yang membentang dari meteran digital ke lampu depan yang tajam. Lampu utama menggabungkan lampu LED dengan DRL untuk desain yang jauh lebih baik. Ujung belakang sangat terpahat, berkat twin cluster tail lamp bersama dengan indikator belokan. Secara keseluruhan, desain Yamaha Nmax gagah dan keren. Skuter yang dirancang secara ergonomis ini memiliki tinggi kursi 765 mm yang membuat postur berkendara santai untuk orang Asia.
Yamaha Nmax juga memiliki ground clearance yang layak yang berukuran 135 mm dan memiliki jarak sumbu roda 1350 mm, sehingga mudah dilalui lalu lintas yang macet. Ada roda berukuran 13 inci dengan ban tubeless 110/70 di bagian depan dan ban tubeless 130/70 di bagian belakang. Hadir di fitur praktis Yamaha Nmax, tangki bahan bakar diberikan di bawah lantai dan dapat dengan mudah diakses melalui terowongan pusat.
Bagasi Yamaha Nmax dibawah kursi cukup besar untuk memegang helm full-face dan dapat dibuka dengan tombol di dekat kunci. Klaster instrumen juga dirancang dengan sangat baik. Ini menampung tampilan mono LCD, yang sederhana namun informatif. Ini memberikan visibilitas yang jelas di siang hari, dengan teks hitam pada putih.
Dibuat dengan rangka backbone, Yamaha Nmax dilengkapi teleskopik di bagian depan dan suspensi ganda di bagian belakang. Hanya suspensi belakang yang memiliki setelan untuk preload, itu pun hanya satu tingkat saja. Jok Yamaha Nmax juga mendukung kenyamanan.
Dengan berat basah 132 kg, Yamaha Nmax menawarkan handlingn yang ringan dan gesit. Selain itu, radius belokannya yang pendek membuatnya nyaman untuk naik dalam kondisi lalu lintas yang padat.
Yamaha Nmax memiliki mesin 4-katup silinder tunggal, berpendingin cair, SOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 14,9 bhp pada 8000 rpm dan torsi maksimal 14,4 Nm pada 6000 rpm. Mesin ini ditambah dengan unit transmisi otomatis V-belt yang mentransfer tenaga ke roda. Meskipun angkanya tidak banyak tinggi, itu masih lebih tinggi dari pesaingnya, Honda PCX.
Yamaha telah menggerakkan mesinnya dengan teknologi Blue Core yang membuatnya semakin efisien. Karakteristik lain yang menarik dari mesin ini adalah teknologi Variable Valve Actuation (VVA), yang menyesuaikan asupan bahan bakar pada putaran yang telah ditentukan. Dengan demikian, memberikan torsi yang kuat pada kisaran rpm rendah dan memastikan daya maksimum pada kecepatan tinggi. Kecepatan tertinggi skuter ini dinilai pada 117 km/jam. Dan angka konsusmi bahan bakar mencapai 42 km/liter. Dengan tangki 6,6 liter, dapat melaju sejauh lebih dari 250 km.
Data Akselerasi Yamaha Nmax 155 2022 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 5,95 detik | |
0-80 km/jam | 10,86 detik | |
0-100 km/jam | 20 detik | |
0-100 meter | 3 detik | |
0-201 meter | 8,18 detik | |
0-402 meter | 12,79 detik | |
Topspeed Spidometer | 117 km/jam | |
Topspeed Racebox | 110 km/jam | |
Konsumsi Bahan Bakar | 42 km/liter (MID) | |
37 km/liter (ull to full) | ||
*Postur rider 74 kg & 172 cm |
Sistem pengeremannya menggabungkan rem cakram di kedua ujungnya. Ini adalah rem cakram hidrolik tunggal berukuran 230 mm yang menggunakan kaliper piston tunggal. Meskipun sistem tampaknya cukup dan juga berkinerja baik, itu akan lebih baik dengan sistem pengereman anti-kunci. Yamaha mengatakan bahwa ABS tidak termasuk dalam lembar spesifikasi NMax untuk menjaga harga tetap kompetitif. Perusahaan juga mengklaim bahwa mereka akan memiliki varian yang dilengkapi dengan ABS pada model yang akan datang.
Image skutik premium yang nyaman dan punya performa tinggi, coba dipertahankan Yamaha dengan banyak perubahan pada model baru ini. Menariknya sejumlah fitur disematkan untuk menambah value dari skutik ini.
Apalagi pabrikan Jepang lainnya yakni Honda memberikan perlawanan dengan Honda PCX 160 2022. Alhasil Yamaha Nmax 155 2022 dan Honda PCX 160 2022 tetap akan menjadi kompetitor sengit, dengan harga yang bersaing.
Konsumsi bahan bakar standar 2021 Yamaha Nmax ABS adalah 2.53 L/100km, danKonsumsi bahan bakar standar 2021 Yamaha Nmax Standard adalah 2.53 L/100km.
Jenis Bahan Bakar | Transmisi | Konsumsi BBM |
---|---|---|
Petrol(155cc) | CVT | 2.53 L/100km |
Matte Blue
Yamaha NMax tipe ABS sudah memiliki sebuah teknologi canggih yaitu konsep ”Connected” merupakan yang pertama di Indonesia, yang mana itu berfungsi untuk mengetahui kondisi motor dari layar smartphone. Selain itu motor New Nmax 155 ini juga telah memakai teknologi keyless dengan smart key system yang sudah disematkan dengan adanya fitur Immobilizer dan juga Answer Back System. Motor ini juga sudah dilengkapi dengan adanya fitur Electric Power Socket dan juga disematkan fitur Handle Bar Switch Control. Untuk fitur keselamatan, motor ini juga telah dilengkapi dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel dan juga telah didukung fitur Traction Control System (TCS) dan juga fitur Stop Start System (SSS) yang akan mati secara otomatis sejenak ketika sedang berhenti.
Yamaha All New Nmax 155 sudah hadir dengan Total New Engine 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) terbaru yang menjaga mesin 155 cc menjadi tetap lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar dengan menghasilkan tenaga serta torsi maksimum di setiap putaran mesinnnya. Mesin baru All New Nmax 155 memiliki desain ruang bakar (combustion chamber) yang kompak dan menggunakan piston YZF-R15 dan memiliki kapasitas 155 cc dengan kompresi 11.6:1dan tenaga yang dihasilkanpun cukup besar sekitar 11,3 kW/8.000 rpm dengan torsi 13,9 Nm/6.500 rpm. Selain itu, untuk meningkatkan performa yang lebih bertenaga, desain kepala silinder baru juga dengan katup intake dibuat lebih besar agar pasokan bahan bakar yang lebih lancar.
Ya, Yamaha Nmax tersedia Travel Suspensi (depan). Travel Suspensi (depan) tersedia dalam varian Yamaha Nmax ABS, Yamaha Nmax Standard.