Honda PCX 160 2021 Resmi Meluncur di Jepang, Bakal Hadir di Indonesia Awal 2021

Honda PCX 160 2021 Resmi Meluncur di Jepang, Bakal Hadir di Indonesia Awal 2021

Line up skuter matik dengan body gambot di Jepang semakin meriah di penghujung 2020.

Pasalnya, Honda sebagai salah satu raksasa penghasil sepeda motor di Negeri Sakura menghadirkan model baru untuk mengoyak pasar.

Honda Jepang baru-baru ini secara resmi meluncurkan Honda PCX 160 2021 yang melengkapi deretan varian PCX seperti tipe dengan mesin 124 cc dan tipe hybrid.

Tak tanggung-tanggung, Honda mentargetkan paling tidak 4.500 unit Honda PCX 160 2021 laku per tahunnya.

Tak hanya di Jepang saja, kabarnya Honda PCX 160 2021 juga akan segera hadir di Indonesia dalam waktu dekat.

Melansir GridOto.com, Honda PCX 160 2021 diprediksi mulai mengaspal di Tanah Air pada awal 2021.

Tentunya kehadiran sepeda motor baru ini akan memeriahkan pasar skuter matik dengan body gambot di Indonesia.

Yamaha NMAX 155 berpotensi tergeser dominasinya dengan kedatangan sepeda motor baru ini.

Ingin menggebrak pasar, generasi terbaru Honda PCX tersebut mengusung berbagai penyegaran untuk mengalahkan Yamaha NMAX 155.

Honda PCX 160 2021 Desain Eksterior yang Dinamis

Tampilan luar Honda PCX 160 2021 memang bisa dibilang cukup menawan untuk ukuran sepeda motor skuter matik.

Lihat saja lekukan lembut yang mengalir dari bagian depan, body, hingga buritan.

Begitu futuristis dan dinamis tanpa meninggalkan kesan elegan.

Kalau dilihat-lihat sih tampang dari Honda PCX 160 2021 yang hadir di pasar Jepang mirip dengan desain Honda PCX untuk market Eropa.

Fascia Honda PCX 160 2021 memang besar namun terlihat tak terlalu gendut untuk ukuran skuter matik dengan badan besar.

Hal tersebut berkat proporsi wind shield yang pas, tak terlalu kecil dan tak terlalu besar.

Imbasnya wajah Honda PCX 160 2021 cukup nyaman untuk dipandang.

Terlebih penyematan desain head lamp dengan bentuk U shape dimana lampu utama berada di bawah dan sein di bagian samping.

Desain body samping terlihat seksi dengan lekukan dinamis mulai dari tebeng samping hingga belakang.

Pada pijakan kaki mengusung kelir doff sehingga kontras dengan body.

Jok pun masih menggunakan desain bertingkat dimana posisi duduk pengendara lebih rendah daripada penumpang.

Tak ubahnya dengan model yang saat ini ada di Indonesia, lampu belakang Honda PCX 160 2021 menggunakan model dengan bentuk seperti huruf X.

Penerangan yang digunakan keseluruhan sudah LED sehingga lebih hemat daya dan tak membuat boros aki.

Lalu pada bagian kaki-kaki, tampilannya cukup menarik dan selaras dengan bentuk bodi.

Honda PCX 160 2021 menggunakan pelek palang 10 bi-spoke dengan desain anti mainstream berukuran 13 inci di depan dan 14 inci di belakang.

Lalu soal warna, Honda PCX 160 2021 di Jepang ditawarkan dengan empat pilihan warna.

Ada Candy Raster Red yang terlihat membara, Poseidon Black Metallic yang terkesan kalem namun tak kenal takut, kemudian Pearl Jasmine White yang membuatnya terlihat bersih dan elegan, serta Matte Dim Gray Metallic yang membuatnya terasa powerful.

Honda PCX 160 2021 Mesin Baru dengan Performa Lebih Gahar

Nilai lebih dan yang pastinya ditunggu-tunggu pecinta produk Honda di Tanah Air adalah mesin baru.

Yup, beberapa waktu lalu sempat dikabarkan Honda sedang getol menggarap penggerak baru untuk sepeda motor matiknya.

Dan benar saja, hal tersebut diaplikasikan pada Honda PCX 160 2021.

Skuter matik ini menggunakan mesin baru dengan kubikasi lebih besar dibandingkan model yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

Mesin baru Honda PCX 160 2021 ini berkubikasi 156 cc dengan silinder tunggal dengan kode 2BK-KF47 yang sudah dilengkapi teknologi eSP+.

Sedikit membengkak dibandingkan Honda PCX 150 dengan mesin 149 cc.

Yang baru adalah sistem valve yang menggunakan 4 klep SOHC seperti gosip yang beredar beberapa waktu lalu.

Karena mesin mengembang, ukuran pistonnya dan panjang lengannya pun berubah.

Lingkar piston Honda PCX 160 2021 sebesar 60 mm dengan panjang langkah 55,5 mm.

Mesin dengan karakter over bore ini menghasilkan kompresi yang sangat padat dengan rasio 12:1.

Sejalan dengan ukurannya yang semakin besar, performa Honda PCX 160 2021 pun meningkat dibandingkan Honda PCX 150.

Honda PCX 160 2021 diklaim memiliki tenaga hingga 15,8 PS pada 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 15 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Jelas jika masuk ke Indonesia mesin ini memiliki performa yang paling tinggi di kelasnya.

Selain mesinnya yang baru, teknologi yang disematkan pada Honda PCX 160 2021 pun semakin lengkap.

Misalnya Cam Chain Tensioner yang merupakan tensioner model keteng yang menggantikan model sebelumnya yang menggunakan penekan berupa per.

Tensioner barunya ini memberikan tekanan yang didapat dari mesin.

Untuk melengkapi performanya, skuter matik berbadan gendut ini menggunakan throttle body dan air cleaner dengan ukuran yang lebih besar.

Wajar saja, hal tersebut dibutuhkan untuk menjaga aliran udara yang masuk sesuai dengan ukuran mesinnya yang semakin besar.

Honda PCX 160 2021 Fitur Semakin Komplit

Honda PCX 160 2021 memang diharapkan menjadi motor andalan untuk pasar kelas mediocre di Jepang.

Tak heran fiturnya pun terbilang cukup lengkap.

Seperti teknologi eSP+, mesin ini sudah dibekali teknologi ACG Starter yang membuat proses menghidupkan mesin menjadi sangat halus

Lalu sistem pengeram pada roda depan maupun belakang yang sudah menggunakan cakram serta rem depan yang dibekali dengan sistem Anti-lock Braking System (ABS).

Nah yang cukup menarik untuk sepeda motor di kelas ini adalah adanya Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang memberikan rasa aman saat berkendara di jalan basah atau licin.

Lalu ada juga socket USB di dashboard untuk memudahkan pengendara mengisi daya smartphone meski dalam perjalanan.

Honda PCX 160 2021 juga sudah dibekali dengan Smart Key System yang memudahkan pengguna tak perlu colok-colok lagi untuk menyalakan kendaraan.

Berikut data spesifikasi lengkap Honda PCX 160 2021 untuk pasar Jepang:

Dimensi
Panjang 1.935 mm
Lebar 740 mm
Tinggi 1.105 mm
Sumbu Roda 1.315 mm
Jarak Terendah 135 mm
Tinggi Jok 764 mm
Berat 132 Kg
Kaki-kaki
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda
Ban Depan 110/17-14
Ban Belakang 130/70-13
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram
Mesin
Kode Honda 2BK-KF47
Tipe eSP+, 1 silinder, 4 katup, PGM-FI
Kapasitas Mesin 156 cc
Diameter x Langkah  60 mm x 55,5 mm
Tenaga Maksimal 15,8 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 15 Nm @ 6.500 rpm
Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor