Hati-hati, Komponen Honda Monkey yang Satu ini Sangat Sensitif

Honda Monkey sudah bertahan cukup lama sejak pertama kali diperkenalkan ke dunia. Motor ini pun mengikuti perkembangan zaman. Meskipun, desain atau gaya yang diusung masih tetap dipertahankan. Namun, fitur dan teknologinya sudah jauh berbeda antara Honda Monkey yang dulu dengan Honda Monkey yang sekarang.

Honda Monkey yang terbaru dibekali dengan teknologi injeksi. Fitur-fitur yang mengandalkan sensor pada motor ini membuat keamanan lebih terjaga. Tapi jangan salah, sensor-sensor yang digunakan juga terkadang sangat rentan akan kerusakan.

Salah satunya dapat ditemukan pada Honda Monkey. Motor ini memiliki fitur canggih, yakni Inertial Measurement Unit (IMU). Fitur ini juga baru ada pada dua motor Honda yang dipasarkan di Indonesia, yakni CBR1000RR SP dan Honda Monkey sendiri.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), menjelaskan, fitur IMU berfungsi sebagai penjaga kestabilan motor. Dengan aktifnya fitur ini, Honda Monkey dapat mengurangi risiko ban belakang terangkat saat pengendaranya melakukan pengereman mendadak. Dengan kata lain, mencegah terjadinya stoppie.

"IMU mendeteksi dua aksis yaitu saat jalan maju mundur dan naik turun. Tujuannya saat laju kencang melakukan rem mendadak ada kemungkinan roda belakang naik, supaya turun lagi IMU ini yang bekerja," ujar Endro, dikutip dari Detik.com.

Fitur pada Honda Monkey ini memang sangat canggih, tapi jangan salah, fitur ini juga butuh penanganan khusus. Sensor yang mampu menjaga kestabilan motor, khususnya pada ban belakang, akan mengalami kerusakan. Bahkan, saat pemiliknya melakukan perawatan. Sebab, jika sensor pada fitur ini sampai terbentur, maka tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru.

"Ini yang kami tekankan pada pemilik dan teknisi bengkel. Kalau IMU rusak tidak bisa lagi deteksi ban belakang. Kami juga sudah mensosialisasikan pada saat perawatan jangan sampai sensor ini terjatuh atau menggunakan impact saat memasang baut," kata Endro.

Namun, jika fitur ini sampai rusak, Endro menekankan, tidak akan memengaruhi sistem kerja pada komponen lainnya. Dampak yang dapat terjadi dari kerusakan fitur IMU ini hanyalah kemampuan Honda Monkey untuk menyeimbangkan ban belakang. Sehingga, saat pengendara melakukan pengereman mendadak dengan rem depan, ban belakang akan tetap terangkat.

"Ini memang terhubung dengan ABS, tapi kalau pun rusak ABS tetap berfungsi. Yang nggak bisa dipakai ban belakangnya nggak bisa turun lagi kalau naik," ujar Endro.

Honda Monkey menggunakan sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) single channel. Jadi, hanya rem depannya saja yang disematkan dengan teknologi ABS. Sedangkan pada rem belakangnya, tidak menggunakan ABS, tapi sudah mengandalkan rem cakram dengan lebar 190 mm.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor