Tak Banyak Yang Tahu, Ini Daftar Motor Dengan Roda Lebih Dari 2, Ada Qooder, Piaggio MP3 500 sampai Yamaha Tricity 155 2021

Yang namanya sepeda motor itu pasti pakai dua buah roda. Eits belum tentu, nyatanya ada sejumlah sepeda motor yang punya roda lebih dari dua, malah ada yang pakai tiga atau empat roda sekaligus.

Menariknya motor-motor tesebut tak hanya ada di luar negeri, tapi juga ada di Indonesia dan dijual resmi. Kapasitas mesin yang ditawarkan beragam, dari yang paling kecil 150 cc sampai terbesar sampai 500 cc.

Ragam motor dengan roda lebih dari dua.

Meski pakai roda lebih dari dua, semua motor-motor ini bisa berbelok dan miring ketika menikung, seperti halnya saat mengendarai sepeda motor biasa. Ini dimaksudkan supaya feeling naik motornya tetap terasa.

Apa Saja Pilihan Motornya?

Meski memang pasarnya kecil dan masuk golongan motor hobi, pemainnya cukup banyak di Indonesia ini. Ada merek Jepang seperti Yamaha, tapi harus diakui soal motor roda tiga dan empat, merek asal benua Eropa lebih dominan. Dan, berikut ini daftar motor-motornya:

Yamaha Tricity 155 2021

Sebelum versi mesin 155 cc muncul, Yamaha Tricity hadir pertama kali dengan mesin 125 cc untuk pasar Thailand dan Jepang, pada 2014 lalu. Lantas disusul Yamaha Tricity 155 tahun 2016, dipameran Indonesia Motorcycle Show di Jakarta.

Yamaha Tricity 155 sempat dijual dengan harga Rp 60 jutaan.

Kala itu motor berstatus CBU dari Thailand dan dijual dengan banderol Rp 66 juta, on the road Jakarta. Penjualan Yamaha Tricity 155 terbatas sekitar 60 unit, karena terbentur kuota impor.

Soal mesin yang digunakan, sama persis dengan milik Yamaha Nmax 155. Silinder tunggal, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan. Mesin ini jauh lebih baik dan pas untuk Tricity ketimbang mesin 125 cc yang dipakai sebelumnya.

Yamaha Tricity disukai di Eropa.

Saat ini PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak lagi menjual motor yang mengandalkan mekanisme gerak lean multi wheel (LMW) itu di Indonesia. Meski beroda tiga, motor ini tetap dibekali standar karena mekanisme gerak LMW tak dilengkapi pengunci.

Peugeot Metropolis 400 2021

Motor lain yang mengandalkan tiga buah roda yaitu Peugeot Metropolis 400, skutik gambot ini dilepas dengan harga dikisaran Rp 260 sampai Rp 280 jutaan on the road Jakarta. Mekanisme gerak roda depannya disebut dengan dual tilting wheels (DTW).

Mekanisme roda depannya tak independent, karena memiliki link penghubung antar kedua roda depan. Sehingga kala salah satu roda menghantam lubang, efeknya akan terasa pada roda satunya, jadi harus adaptasi dulu untuk bisa mendapatkan feeling-nya.

Peugeot Metropolis 400i model terbaru.

Jantung pacu Peugeot Metropolis 400 berkubikasi 400 cc injeksi, SOHC 4 katup, pendingin cairan. Tenaganya mencapai 36,1 PS pada 7.250 rpm dan torsi mencapai 38,1 Nm di 5.750 rpm.

Piaggio MP3 500 HPE 2021

Bisa dibilang Piaggio MP3 500 HPE punya mekanisme gerak dua roda depan paling canggih, yang disebut parallelogram. Sepasang roda di depan disokong dengan 4 lengan aluminium yang terhubung dengan berbagai link.

Berkat teknologi ini, setiap roda depan bisa bergerak secara independen. Terdapat pula mekanisme pengunci elektronik, dan setiap roda depan dikawal rem cakram dengan ABS.

Piaggio MP3 500 HPE punya gigi mundur. Autofun/Harry

Tak seperti motor roda tiga lainnya, hanya Piaggio MP3 500 HPE yang dibekali dengan mekanisme gigi mundur. Jadi meski bobotnya berat, tak repot bermanuver di parkiran.

Qooder 2021

Ini produk skutik beroda empat asal Swiss, yakni Qooder 2021 yang dijual oleh PT GForce Republic dengan harga lebih dari Rp 350 juta on the road Jakarta. Qooder sendiri merupakan akronim dari quad scooter, yang bisa diartikan skuter roda empat.

Mekanisme geraknya disebut dengan hydraulic tilting system, yang telah dipatenkan. Kinerja suspensi tiap roda independen, sehingga bisa mengikuti gerak roda sesuai kontur jalanana, dengan kawalan rem cakram ditiap roda.

Qooder andalkan suspensi independent.

Qooder mengandalkan penggerak dua roda belakang, yang masing-masing terhubung oleh belt bergerigi. Jadi selain roda penggerak ada dua, traksi yang dimilikinya juga sangat baik.

Manfaat Pakai Roda Lebih Untuk Traksi Maksimal

Terus kenapa sih harus pakai roda lebih dari dua? Seperti yang telah disebutkan di atas, umumnya pabrikan ingin membuat motornya punya traksi lebih baik, terutama saat melewati jalan licin.

Roda lebih dari dua, traksi bisa lebih maksimal dan stabil.

Contohnya ketika ada satu roda kehilangan traksi, masih ada dua atau tiga roda lain yang membuat motor bisa dikendalikan. Jika kasus ini terjadi pada motor biasa, otomatis akan langsung 'ndlosor' kecelakaan.

Kemudian motor juga diklaim lebih stabil untuk bermanuver. Gejala motor mengayun lebih bisa direduksi, karena ditopang tiga atau empat buah roda. Malah ada yang dipakai untuk militer juga.

Kesimpulan

Motor dengan roda lebih dari dua ini memang unik. Setiap pabrikan memiliki teknologinya masing-masing untuk bisa membuatnya seperti mengendarai sepeda motor biasa.

Kemudian dimensinya juga jadi besar, karena harus bisa menutupi lebar antar roda. Walau punya traksi yang baik, mengendarainya harus beradaptasi lebih dulu, karena tak selincah naik motor biasa.

Roda lebih banyak, traksi bisa maksimal dan tetap stabil.

Belum lagi rata-rata banderol yang ditawarkan memang cukup tinggi, meski terasa wajar karena beragam teknologi yang disematkan, dan kapasitas mesinnya yang besar.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Qooder Qooder
Lihat