Kenali Gejala Rem ABS Bermasalah, Pemilik Yamaha Nmax dan Honda PCX Wajib Tahu

Teknologi rem ABS (Anti-lock Braking System) pada motor, sekarang ini sudah banyak diterapkan untuk motor bermesin 150-160 cc, seperti pada Yamaha Nmax 155 dan Honda PCX 160. Piranti keselamatan aktif ini relatif bebas perawatan, namun bukan berarti tak akan bermasalah.

Ya untuk beberapa orang memang rem ABS dirasa belum terlalu penting. Padahal fitur ini bisa mencegah terjadinya kecelakaan, akibat roda terkunci kala melakukan pengereman mendadak dengan sangat kuat.

Teknologi rem ABS sudah banyak digunakan untuk motor kecil.

Jika roda tak sampai terkunci, pengendara masih bisa mengendalikan motor untuk bisa melakukan manuver menghindar. Lain cerita, jika roda terkunci, motor justru akan langsung tergelincir dan terjadi kecelakaan.

Baca juga : Pentingnya Aki untuk Honda Beat, Begini Cara Merawatnya

"Saya merasakan betul manfaat ABS ini, pengereman lebih efektif dan beberapa kali berhasil menghindari tabrakan seperti ada orang nyeberang tiba-tiba," tukas Julianto, seorang pengguna Yamaha Nmax ABS.

Gejala ABS Bermasalah

Sejatinya rem ABS pada motor relatif bebas perawatan. Untuk memastikan komponen ABS dalam kondisi baik, bisa lihat pada indikator ABS di panel meter.

"Jika setelah motor berjalan indikator tersebut mati, itu normal. Sebaliknya kalau ABS bermasalah, indikator tadi akan menyala terus," buka Yoga Ningrat dari Yoga Motoshop.

Baca juga : Pengguna Yamaha Nmax Wajib Tahu, Ini Batas Aman Lewati Banjir

Diagram kerja rem ABS Yamaha Nmax 155.

Namun seiring usia pemakaian motor, terkadang mulai timbul masalah pada rem ABS. Mulai dari masalah yang ringan sampai masalah yang cukup berat.

Pebengkel yang piawai menangani skutik Maxi Yamaha tersebut menjelaskan, masalah mulai muncul saat usia motor mencapai lima sampai enam tahun. "Kita sering menangani Yamaha Nmax ABS keluaran awal," ujarnya.

Baca juga : Konsumsi Bensin Honda Scoopy Tiba-Tiba Boros? Coba Cek Businya

Contoh masalah ringan pada ABS seperti sensor ABS yang kotor, atau rotor ABS rusak. Untuk mengatasinya, cukup bersihkan sensor dan mengganti rotor ABS dengan yang baru.

Harga modul ABS Yamaha Nmax 155, hampir RP 6 juta!

Tapi jika sudah dibersihkan dan diganti masih bermasalah, lalu rem kurang pakem dan bergetar, pertanda indikasi masalah yang lebih berat. Terburuk jika modul ABS divonis rusak.

"Kalau modul ABS rusak, biaya yang harus dirogoh bisa mencapai Rp 5 jutaan. Karena terlalu mahal, banyak konsumen yang akhirnya memilih untuk mengubahnya jadi non ABS," ujar pebengkel di wilayah Cibubur, Jakarta Timur itu.

Pantau kondisi lewat indikator ABS.

Perawatan Rem ABS

Seperti yang disebutkan di atas, rem ABS sejatinya tak perlu perawatan khusus. "Paling cek kondisi minyak rem saja, tak perlu setel-setel," sambung Ikim dari RI Matic Shop di Pondok Kopi, Jakarta Timur.

Baca juga : Kenali 10 Kode Kerusakan Honda Beat lewat Kedipan Indikator Engine Check

Untuk mencegah masalah ringan, saat mencuci jangan lupa untuk membersihkan sensor rem ABS, yang posisinya dekat dengan piringan cakram. Kotoran yang menumpuk pada sensor juga bisa membuat indikator ABS terus menyala.

Ragam Motor Dengan ABS

Jika dulu rem ABS tersedia pada motor-motor bermesin besar, kini mulai menjangkau motor berkapasitas kecil. Contohnya Yamaha Nmax 155, Yamaha Aerox 155 Connected, Honda PCX 160, Honda CBR150R dan lain-lain.

Skutik Honda andalkan rem ABS Single Channel.

Hanya saja, ada perbedaan sistem rem ABS yang digunakan untuk motor kecil, yakni ABS Dual Channel dan ABS Single Channel. Keduanya memiliki perbedaan sistem kerja.

Untuk rem ABS Dual Channel, maka rem ABS berfungsi untuk kedua roda. Sementara rem ABS Single Channel, rem ABS ini hanya tersedia untuk rem depan saja.

Baca juga : Murahnya Biaya Perawatan Yamaha WR 155R di Tahun Pertama, Tak Sampai Rp 500 Ribu

Jika Anda mulai berpikir memilih motor bermesin kecil dengan rem ABS, silahkan simak daftarnya di bawah ini.

Ragam Motor 150-160 cc Dengan ABS
Merek Tipe
Honda PCX 160 2021 Single channel
Honda ADV 150 2021 Single channel
Honda CBR150R 2021 Dual channel
Yamaha Nmax 155 2021 Dual channel
Yamaha Aerox 155 Connected 2021 Single channel
Yamaha Lexi S ABS Single channel
Yamaha Freego S ABS Single channel
Suzuki GSX-R150 ABS Dual channel

Kesimpulan

Saat ini rem ABS untuk motor memang masih dianggap teknologi yang mahal, karena ada selisih harga signifikan antara varian ABS dan non ABS. Terlebih ada ketakutan modul ABS rusak, akan butuh biaya besar untuk mengganti dengan yang baru.

Namun disatu sisi, fitur tersebut berguna dalam menjaga keselamatan berkendara. Jika ada bahaya di depan, setidaknya pengendara bisa melakukan pengereman dengan lebih aman, dan motor tetap bisa dikendalikan.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor