Sah! BMW R18 Classic Mengaspal di Indonesia, Harga tembus Rp 1 Milyar

PT Maxindo Moto Nusantara selaku APM BMW Motorrad di Indonesia, hari ini (24/3/2021) resmi merilis produk barunya yakni BMW R18 Classic. Motor ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, mencapai Rp 1,069 milyar off the road.

Motor berjenis cruiser ini dihadirkan untuk memuaskan konsumen pecinta motor besar bergaya klasik. Model ini disiapkan untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dari model BMW R18 First Edition yang telah dirilis tahun lalu.

BMW R18 Classic 2021 di Indonesia.

"BMW R18 Classic terlihat lebih besar dari R18 First Edition,  kesan moge nya bener bener dapat. Saya rasa bagi yang menginginkan citarasa nyaman, safety, style jadul, tetapi dengan teknologi yang tinggi, ini pilihan tiada duanya. Truly an icon to own,” kata Joe Frans selaku CEO BMW Motorrad Indonesia.

Baca juga : Rombongan BMW GS Series Edisi 40 Tahun Datang ke Indonesia, Harga Mulai Setengah Miliar

Desain - Klasik Berkat Aksesoris Tambahan

Jika BMW R18 First Edition tampil polos sebagai motor cruiser. Pada BMW R18 Classic jelas nampak berbeda, lebih mewah dan kesan klasiknya lebih kuat. Ini lantaran beragam aksesoris yang sudah menjadi kelengkapan standarnya.

Penyematan windscreen bening nan tinggi dipadu dudukan lapis krom, memberikan kesan mewah. Belum lagi tambahan sepasang lampu kabut yang juga bertumpu pada dudukan dengan lapisan mengkilap.

Lampu kabut dan windscreen jadi pembeda tampilan BMW R18 Classic.

Bagian belakang nampak ringkas dan unik dengan lampu belakang dan sein yang menjadi satu. Nampak belakang semakin istimewa berkat penyematan sepasang tas kulit pada setiap sisinya.

Jangan lupakan pula tangki hitam dengan garis putih yang menggambarkan bentuk tangki tear drop. Bongkahan mesin yang besar dengan penampilan klasik terlihat pas untuk motor ini.

Baca juga : BMW R18 Classic 2021 Mengaspal di Thailand, Indonesia Segera Menyusul Dengan Harga Rp 1 Milyar Lebih!

Ornamen krom pada motor ini memang sangat banyak untuk memberikan kesan klasik yang lebih kental. Hanya saja, penampilannya juga terlihat modern dengan penyematan lampu-lampu yang sudah LED seluruhnya.

Jok pembonceng dan saddle bag sudah jadi standar BMW R18 Classic.

Jika dilihat, kalian tak akan mudah menemukan letak suspensi belakang. Ini karena BMW meletakkan suspensi belakang secara horizontal di bawah tempat duduk.

Tujuannya tak lain agar seolah-olah motor ini menggunakan sasis rigid. Pada bagian rangka dan lengan ayun dibuat seolah-seolah menyatu. Rangka rigid memang identik dengan motor cruiser klasik, namun demi kenyamanan BMW mengakali dengan trik tersebut.

Baca juga : Jangan Penasaran, Semua Hal Terkait BMW R18 First Edition 2021 Ada Disini

Penyematan pelek tipe jari-jari dengan ukuran tromol besar terlihat jadul. Padahal banyak unsur modern di sini, seperti penggunaan rem cakram ganda di depan dan cakram tunggal di belakang. Serta sudah didukung teknologi ABS (Anti-lock Braking System).

Letak suspensi belakang tersembunyi.

Performa - Andalkan Torsi Kuat

Dengan inspirasi yang datang dari BMW R5 yang beredar medio 1930-an, mesin BMW R18 Classic 2021 juga menggunakan tipe boxer atau disebut juga dengan flat twin. Mesin ini mengandalkan pendingin udara.

Mesin modern ini memberikan kesan klasik yang kuat dengan ukuran crankcase yang besar dan tinggi. Jantung mekanis ini sendiri berkubikasi 1.802 cc dengan andalkan piston 107,1 mm dan langkah piston 100 mm.

Meski sudah DOHC untuk mengatur buka tutup klep, namun penggeraknya masih mengandalkan push rod. Namun push rod-nya sendiri dibuat dari bahan yang kuat yakni titanium.

Baca juga : BMW R18 First Edition 2021, Warisan Motor Klasik Seharga Rp 900 Jutaan Hadir di Indonesia

Mesin boxer BMW R18 Classic 2021 punya torsi kuat.

Lantaran konsepnya sebagai sebuah motor cruiser, output yang dihasilkan tak perlu besar. Pun begitu dengan putaran mesinnya yang relatif rendah namun sudah cukup kuat untuk menggerakkan motor dan membuatnya melesat.

Tenaga yang dihasilkan mesin ini sebesar 92,2 PS pada putaran mesin 4.750 rpm saja. Lantas torsi puncak sebesar 158 Nm bisa dengan mudah diraih kala mesin berkitir pada 3.000 rpm.

Kecepatan maksimal yang bisa diraih BMW R18 Classic mencapai 180 km/jam. Penyaluran tenaga menuju roda belakang dikonversi oleh transmisi manual enam percepatan, yang disalurkan melalui drive shaft yang sengaja dibuat terbuka.

Drive shaft terbuka sebagai penggerak roda belakang BMW R18 Classic 2021.

Harga - Tembus Rp 1 Milyar

Jika BMW R18 First Edition dijual dengan harga Rp 969 juta, maka BMW R18 Classic dijual Rp 100 juta lebih mahal. Tepatnya Rp 1,069 milyar. Harga tersebut off the road Jakarta.

Lantas berapa harga on the road-nya? Tambahkan saja 15% dari harga off the road tadi. Maka harga on the road akan berada diangka Rp 1,229 milyar. Tertarik?

Baca juga : BMW Motorrad Rilis G 310 GS Generasi Terbaru, Fitur Tambah Banyak

Tampak belakang BMW R18 Classic 2021.

Kesimpulan

Jika Anda adalah seorang pria mapan, dan ingin mengendarai motor bergaya klasik dengan santai, motor ini bisa jadi pilihannya. Image BMW sebagai sebuah brand premium akan menambah image prestige siapa pun yang mengendarainya.

Penampilan klasiknya dipadu dengan ragam teknologi modern, serta memiliki dapur pacu dengan torsi besar. BMW R18 Classic 2021 ini dijamin akan memuaskan hasrat berkendara pria mapan seperti Anda.

Data Spesifikasi BMW R18 Classic
Dimensi
P x L x T 2.440 x 964 x 1.397 mm
Sumbu Roda 1.731 mm
Tinggi Jok 710 mm
Kapasitas Tangki 16 liter
Berat Motor 365 kg
Mesin
Tipe 4-tak, boxer, DOHC 8 katup, pendingin udara
Kapasitas 1.802 cc
Diameter x Langkah 107,1 x 100 mm
Rasio Kompresi 9,6 : 1
Sistem Bahan Bakar Injeksi
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 92,2 PS @ 4.750 rpm
Torsi Maksimal 158 Nm @ 3.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Double cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swinging fork, central shock
Ban Depan 130/90-16
Ban Belakang 180/65-16
Rem Depan Cakram ganda, ABS
Rem Belakang Cakram tunggal, ABS
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
BMW R Nine T
Lihat